Mengapa Bayi Sering Tidur Gelisah?

4.45/5 (42)

Pengawasan yang anda lakukan tidak saja ketika bayi anda terjaga akan tetapi anda harus melakukannya juga ketika bayi anda tertidur. Pada suatu kondisi tertentu bayi anda mungkin akan mengalami tidur gelisah yang ditandai dengan tidak nyaman dengan posisi tidurnya, bayi cenderung berguling guling, napas tidak teratur dan tubuh cenderung tegang.

Bayi yang mengalami tidur gelisah dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya dikarenakan mengalami perubahan fase tidur yaitu rapid eye movement (REM) bahkan tidur bayi gelisah seringkali terjadi pada usia bayi 6-7 bulan di dalam kandungan.

Berikut adalah beberapa alasan bayi anda sering gelisah ketika sedang tidur :

1. Flu dan Batuk

Penyebab bayi anda tidur gelisah salah satunya adalah flu dan batuk sehingga menyebabkan kesulitan tidur nyenyak , dalam hitungan menit  bayi anda hanya tidur sebentar saja. Kondisi ini diperparah dengan hidung bayi yang tersumbat atau mengeluarkan cairan sehingga kesulitan bernafas. Bagi anda yang mendapati kondisi seperti ini, maka solusinya adalah dengan mengusahakan agar posisi kepala bayi lebih tinggi dari kaki sedangkan apabila hidungnya tersumbat maka anda dapat menggunakan alat penyedot ingus khusus untuk bayi. Apabila diperlukan anda dapat menggunakan balsem khusus bayi pada bagian dadanya untuk melegakan pernafasan bayi anda.

2. Kolik

Penyebab kedua bayi anda tidur gelisah adalah mengalami kolik yang umum terjadi pada bulan pertama kelahiran bayi anda. Bayi anda cenderung tidur gelisah, menangis kesakitan dan perutnya kembung. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari terlebih dahulu makanan yang menimbulkan gas oleh ibu yang memberikan ASI, selain itu konsultasikan dengan ahli kesehatan untuk mendapatkan menu makanan yang tepat dan tidak menggangu pertumbuhan dan perkembangan bayi anda.

3. Haus dan Lapar

Pada umumnya bayi akan gelisah ketika bayi tiduk cukup mendapatkan mendapatkan asupan ASI atau MPASI (bagi bayi yang berusia diatas 6 bulan). Bayi anda seringkali merasakan gelisah tidur disertai dengan kondisi rewel. Solusinya bagi anda sebaiknya berikan makan yang cukup 1-2 jam sebelum tidur pada bayi anda

4. Ruam Popok

Salah satu penyebab bayi anda mengalami tidur gelisah selanjutnya adalah ruam popok, penyebab biasanya seringkali karena kebersihan tidak terjaga atau dikarenakan asupan antibiotik ASI. Dalam kondisi tertentu bakteri yang terdapat di dalam urine akan terurai menjadi amonia sehingga mengalami ruam yang bertambah parah. Kondisi ini akan membuat kualitas tidur bayi anda terganggu. Solusi bagi anda yang mengalami ruam popok maka pertama gantilah popok ketika basah sesering mungkin, hindari menggunakan tisu, keringkan bagian basah dan hindari menggunakan popok yang terlalu kencang.

Dengan demikian anda jangan terburu buru menyimpulkan bahwa bayi sedang berada dalam gangguan kesehatan yang parah karena gangguan tidur bisa saja terjadi pada beberapa kondisi, dimulai pada kondisi yang ringan hingga kondisi yang berat. Untuk dapat mendukung situasi yang berpengaruh terhadap kualitas tidur bayi maka ciptakan suasana yang sejuk, hening dan nyaman. Biasakan pula untuk mematikan lampu dan hanya menggunakan penerangan lampu tidur untuk menghindari bayi tidur gelisah.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel