data-ad-format="auto"

Mengapa Balita Kidal?

Pertanyaan yang mendasar pada setiap orang tua adalah ketika perkembangan motorik anak mengalami perbedaan dibandingkan dengan anak seusinya. Salah satunya adalah ketika balita menggunakan tangan kiri lebih dominan. Mengapa anak anda mengalami kidal? Bagaimana solusi yang terbaik bagi anak yang menderita kidal?

Left Handed atau kidal merupakan kondisi dimana lebih dominan menggunakan tangan kiri dibandingkan tangan kanan. Pada usia 18 bulan balita sudah konsisten menggunakan salah satu tangan, baik itu menggunakan tangan kanan atau tangan kiri. Apabila anak anda lebih dominan menggunakan tangan kiri pada usia 18 bulan belum dapat dipastikan kidal. Pada usia rentan waktu hingga 3 tahun, anak anda masih bereksplorasi dengan kedua tangannya. Anak baru dapat dipastikan kidal jika sudah usia 3 tahun. Sedangkan pada usia 5 tahun anak anda sudah mantap dengan tangan yang lebih dominan. Meskipun baru dapat dipastikan di usia 3 tahun, pengamatan sejak dini pada perkembangan anak sangat dibutuhkan, begitu pula dengan anak anda.

Perhatikan beberapa hal yang memberikan tanda-tanda anak anda lebih dominan menggunakan tangan kiri :

  1. Anda dapat memperhatikan anak anda ketika meraih mainan, tangan kanan atau tangan kiri yang dominan ketika mengambil mainan yang diletakan di mereka.
  2. Ketika anak anda menyisir rambut atau menggosok gigi tangan mana yang paling dominan, tangan kiri atau tangan kanan.
  3. Anak anda lebih sering menggunakan tangan kiri ketika makan.
  4. Anak yang kidal selain menggunakan tangan kiri untuk mengaduk, umumnya mengaduk berlawanan arah jarum jam.
  5. Anak anda memulai menggambar dari kanan.
  6. Pada anak yang sedang belajar berdiri maka lebih suka menggunakan kaki kiri ketika sedang berdiri.

Kidal yang dialami oleh anak anda seringkali dihubungkan dengan faktor turunan. Kidal memang dihubungkan dengan sifat turunan kromosom. Meskipun demikian faktor genetika kidal yang menyebabkan anak kidal masih dalam penelitian. Sedangkan apabila orang tua seringkali menggunakan tangan kiri yang dominan dalam kegiatan sehari-hari. Maka anak yang mengalami modelling atau perilaku meniru akan lebih mungkin menggunakan tangan kiri sebagai aktivitasnya.

Kidal memang tidak terlepas dari peranan otak besar yang memiliki fungsi dalam tubuh manusia. Pada otak besar memiliki belahan kiri dan kanan sehingga memiliki fungsi identik persilangan yang memiliki tugas masing-masing. Bagi anak yang kidal seringkali dianggap tidak sopan padahal dominasi tangan kiri akan memberikan tanda terjadinya aktivitas otak pada sebelah kiri yang lebih dominan.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Bagi balita yang kidal jangan paksa untuk menggunakan tangan kanan atau mencerca yang dapat menyebabkan anak anda mengalami keterlambatan dalam menggunakan otak kanan. Sehingga anak yang menderita kidal seringkali mengalami keterlambatan dalam kosentrasi dan daya ingat.

Bagi anak kidal maka anda dapat melatih dengan mempersiapkan peralatan makan di tengah-tengah, hal ini dapat membantu anak anda dalam menggunakan tangan kanan. Sesekali anda dapat memberikan pujian ketika balita anda dapat melakuka kegiatan dengan menggunakan tangan kanan. Anda masih memiliki banyak waktu hingga melatih anak anda untuk menggunakan tangan kanan dengan terampil.

Loading...

Follow us