Manfaat Sarapan Pagi Untuk si Buah Hati

Menurut hasil dari sebuah studi mengungkapkan sarapan yang bergizi amat bermanfaat untuk anak. Terutama untuk anak yang selalu melewatkan sarapan paginya sebelum berangkat ke sekolah dapat berpengaruh terhadap fisik dan psikologisnya, yang pada akhirnya jika hal ini terjadi, akan berpengaruh pada proses dan hasil belajar anak-anak yang menjadi lebih menurun. Salah satu tanggung jawab utama orangtua adalah mendidik anak-anaknya hingga mereka berhasil.

Jadi dengan demikian, menyediakan anak-anak sarapan yang sehat sebelum mereka pergi berangkat sekolah tergolong sebagai tugas penting untuk menunjang keberhasilan pendidik anak disekolah. Studi dari Inggris menyoroti anak-anak yang tidak menyantap sarapan pagi dengan anak yang selalu menyantap sarapan pagi sebelum pergi ke sekolah, memiliki perbedaan yang signifikan.

Anak yang selalu menyantap sarapan, terlihat lebih segar dan siap menerima pelajaran disekolah, hal ini berbeda dengan anak yang tidak menyantap saapan, mereka lebih cenderung muram dan sering tidur di sekolah. Pada dasarnya, anak-anak yang sulit menyantap sarapan, bermula dari sebuah kebiasaan yang dijalankan terus menerus, untuk itulah, mulai saat ini sudah menjadi tugas orang tua untuk kembali memberlakukan sarapan sebelum anak-anaknya pergi ke sekolah.

Berikut ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan si buah hati ketika membiasakan rajin menyantap sarapan sebelum pergi sekolah :

1. Menguatkan Tubuh

Anak-anak yang seringkali melewatkan menyantap sarapan pagi, cenderung lebih rentan mengalami fisik yang lemah. Tidak menyantap sarapan pagi, dapat membuat tubuh anak terasa lemas dan daya konsentrasi dalam menyimak pelajaran yang ia dapat menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena perut yang kosong tidak memiliki energi. Efek lainnya yang mungkin timbul adalah berat badan anak yang tidak ideal dan fisik tubuh yang terlihat kurus.

2. Meningkatkan Daya Konsentrasi Anak

Karena energi yang dibutuhkan tubuh anak sudah tercukupi melalui sarapan pagi, maka akan membuat daya konsentrasi anak menjadi lebih kuat, yang mana hal ini akan berbeda dengan anak yang sering melewatkan sarapan pagi, jika tidak terkendali, bisa-bisa mereka tertidur di dalam kelas. Daya konsentrasi yang baik akan membuat hasil belajar anak menjadi lebih maksimal.

3. Membudayakan Hidup yang Sehat

Membiasakan menyantap sarapan pagi sebelum memulai aktivitas, termasuk pergi kesekolah akan sekaligus mengjarkan si kecil untuk menjalankan budaya hidup sehat. Kebiasaan seperti ini diharapkan akan terus berlanjut hingga si kecil berusia dewasa dan akhirnya berkeluarga. Selain itu, membiasakan sarapan pagi, akan meminimalisir kemungkinan si kecil untuk jajan sembarangan, dikarenakan perutnya sudah terisi.

4. Menjaga Kesehatan

Sarapan pagi yang kaya akan gizi dan nutrisi dapat menjaga sistem kekebalan tubuh si kecil agar tetap kuat terjaga. Dengan demikian, ia akan terhindar dari serangan penyakit akibat virus maupun racun. Lemahnya sistem imunitas, bisa saja dipengaruhi karena kurangnya asupan gizi dipagi hari.

Demikian beberapa manfaat yang bisa didaptkan si kecil jika ia membiasakan untuk menyantap sarapan pagi sebelum pergi ke sekolah. 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel