Manfaat Melakukan Aqua Aerobic Bagi Kesehatan

Latihan yang dianggap menyenangkan oleh sebagian kalangan ini akan mengunakan busa yang berbentuk silindris untuk mengapung atau meningkatkan daya apunng di dalam air. Apabila anda melakukan di kolam yang terlalu dalam, anda dapat menggunakan alat apung agar tetap tegak. Bagi sebagian orang yang mengikuti kelas water aerobics atau aqua aerobics melengkapi perlengkpaan dengan menggunakan alas kaki yang khusus untuk mencegah terpeleset atau melindungi angkle. Sepatu air memang sangat berperan melindungi anda di permukaan kolam akan tetapi untuk anda yang tidak menggunakanpun tidak menjadi masalah.

Sebelum melakukan olahraga air sebaiknya anda melakukan pemanasan selama lima menit di dalam maupun di luar air kemudian dilanjutkan dengan beberapa gerakan yang membantu anda seperti mengangkat lutut, tendangan, jumping jack atau berjalan di dalam air secara bergantian. Setelah itu anda akan mengakhirinya dengan melakukan pendingan kurang lebih lima menit setelah latihan. Aqua Aerobic merupakan salah satu latihan yang dilakukan di dalam air dengan kedalaman 120 hingga 140 cm, dalam keadaan kolam yang dangkal tentu saja bukan olahraga renang yang akan anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan aqua aerobic atau dikenal dengan istilah water aerobic yang memberikan banyak manfaat untuk anda.

Berikut adalah manfaat yang di dapatkan untuk anda yang melakukan aqua aerobic:

1.    Membantu Menjaga Berat Badan. Dengan rutin melakukan latihan aqua aerobic selama satu jam, anda dapat membakar kalori sebesar 235-345 kalori dalam gerakan yang anda lakukan pada aqua aerobic.

2.    Membantu sistem kardio. Latihan aqua aerobic sangat baik untuk menjaga kesehatan terutama pada kesehatan jantung dan paru paru, latihan ini akan meningkatkan sistem kardiovascular yang terbaik dalam tubuh anda.

3.    Melatih Keseimbangan dan otot tubuh. Dengan melakukan aqua aerobic tubuh anda akan terlatih keseimbangannya dan juga tekanan air akan membantu menjaga otot  tubuh anda.

4.    Dapat dilakukan oleh remaja hingga manula. Beraktifitas di dalam air sangat menyenangkan sehingga melakukan latihan di dalam air seperti aqua aerobic dapat diminati oleh remaja dan juga dewasa, selain itu gerakan dari aqua aerobic sangat sederhana dan dapat diikuti oleh semua kalangan.

5.    Menggunakan Alat yang sederhana. Selain relatif aman dilakukan untuk semua kalangan termasuk untuk manula, olahraga ini dianjurkan karena dapat meminimalisir nyeri persendian dan kekuatan tulang selama melakukan olahraga, olahraga ini sangat kecil resiko menggunakan guncangan.

Hal yang diminati karena alat yang digunakan relatif sederhana. Setelah mengetahui manfaat dari aqua aerobic, anda dapat mengikuti kelas ini dengan teratur selain itu hal yang perlu diperhatikan adalah dengan berdiri dengan posisi kaki yang sedikit ditekuk, anda dapat menghindari cedera tulang belakang dengan mengunci otot perut atau menariknya kemudian ditahan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply