Ketahui Macam-Macam Penyakit Pada Sistem Pernapasan Manusia

3.67/5 (6)

Sistem pernapasan pada manusia adalah suatu sistem orang yang amat penting dan memiliki peranan besar dalam tubuh manusia itu sendiri.

Bisa kita bayangkan tidak mampu bernapas adalah akhir dari kehidupan seseorang yang berarti kehidupan orang itu telah direnggut dari jiwanya. Bernafas dengan bebas adalah kebutuhan seorang manusia, jika seseorang tidak dapat bernapas dalam beberapa menit, maka yang terjadi padanya adalah hidupnya dalam bahaya dan kematian tengah menantinya.

Sama halnya dnegan organ tubuh yang lainnya, sistem pernapasan dalam tubuh manusia bisa mengalami gangguan, kelainan atau bahkan kerusakan yang akan mempengaruhi sistem itu sendiri. Ketika saluran pernapasan mengalami gangguan atau kelainan, maka akan timbul dampak pada tubuh yang membuat perasaan tidak nyaman atau bahkan penyakit berbahaya yang berakibat hingga kematian.

penyakit pernapasan pada manusia

Untuk itulah, penting sekali menjaga dan merawat sistem pernapasan dan sistem organ lainnya didalam tubuh untuk menghindari penyakit atau kerusakan pada orga tersebut. Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan atau gangguan pada sistem pernapasan dan sistem oragan lainnya didalam tubuh adalah dengan menjaga pola hidup tetap sehat dan menghindari segala sumber yang bisa menyebabkan timbulnya kerusakan dibagian dalam.

Selain itu, bersyukur dan tetap menerima apa yang telah tuhan berikan dalam kehidupan ini adalah kunci penting menjaga tubuh sehat dan pikiran tetap tenang. Dengan selalu mensyukuri apa yang kita miliki maka akan muncul dengan secara otomatis perasaan ingin menjaga dan memelihara apa yang Tuhan anugerahkan dalam kehidupan kita termasuk tubuh yang sehat.

Nah, untuk menambah pengetahuan anda kita kenali apa sajakah penyakit yang bisa terjadi dalam sistem pernapasan manusia? Yuk, simak beirkut ini.

1. Asma

Asma adalah sebuah kelainan yang terjadi pada saluran penapasan akibat adanya penyumbatan yang mana biasanya hal ini disebabkan oleh alergi, bulu, rambut ataupun debu. Sebuah lembaga niralaba internasional untuk penanggulangan asma (Global Initiative for Asthma), mendefinisikan asma sebagai sebuah gangguan selaput pipa udara yang menyalurkan udara kedalam paru-paru.

Pada penyakit asma, kondisi paru-paru tidak dapat menyerap oksigen secara optimal dan bekerja semestinya. Adapun penyakit ini ditandai dengan kontraksi yang tiba-tiba dan terasa kaku dari bronkiolus yang menyebabkan sulitnya seorang penderita untuk bernapas.

Dibeberapa daerah, asma dikenal juga dengan sebutan “bengek” yang disebabkan oleh hipersesitivitas bronkiolus terhadap benda-benda asing diudara. Kelainan pernapasan seperti asma ini sifatnya tidak menular dan lebih kepada bagian dari genetis atau bersifat turunan atau bawaan sejak lahir.

Kondisi ini umumnya bisa kambuh seketika jika suhu lingkungan sekitar cuku rendah atau keadaan dingin, udara kotor, alergi atau stres. Untuk itulah, penderita asma akan lebih cenderung seringkali membawa pereda asmanya kemana-mana.

Gejala Asma:

  • Mengalami kesulitan bernafas
  • Napas terasa pendek
  • Sesak napas sehingga napas terasa seperti tersenggal-senggal
  • Terlihat kurang bersemangat karena kondisi badan yang mudah lelah
  • Terasa sesak dibagian dada
  • Mudah terkena alergi seperti alergi dingin, debu atau jenis makanan tertentu

Serangan asma membuat penderitanya kesulitan berbicara karena serangan napas yang membuat mereka kesulitan mengatur napasnya.

Apabila gejala-gejala yang disebutkan diatas terjadi, maka seorang penderita asma akan kesulitan untuk bernapas karena adanya kontraksi dibagian otot-otot bronkul yang menyebabkan penyempitan pada saluran pernapasannya.

2. Faringitis

Penyakit pada saluran pernapasan yang berikutnya adalah penyakit faringitis atau radang pada bagian faring karena infeksi. Kondisi ini umumnya akan menyebabkan rasa nyeri pada saat penderita menelan makanan atau keadaan dimana si pasien merasakan tenggorokannya kering. Gangguan pernapasan ini disebabkan akibat virus dan bakteri yang masuk kedalam saluran pernafasan.

Adapun jenis bakteri yang menyerang adalah Streptococcus pharyngitis. Selain itu, peradangan yang terjadi bisa juga disebabkan karena kebiasaan merokok. Ketika penyebabnya ini muncul akan ditandai dengan kesulitan menelan disertai rasa sakit dan juga tenggorokan yang terasa kering.

3. Influenza (Flu)

Penyakit ini adalah bagian dari penyakit saluran pernapasan yang dikategorikan sering terjadi. Penyakit influenza sendiri disebabkan oleh virus influenza. Adapun gejala yang bisa ditimbukan dari penyakit ini adalah hidung tersumbat, tenggorokan terasa gatal dan bersin-bersin.

Penyakit influenza merupakan suatu penyakit akut dibagian saluran penapasan terutama ditandai dengan sakit otot, sakit kepala, sering oilek dan juga demam menggigil. Selain itu, penyakit ini sifatnya menular dan bisa menjalar dengan cepat dilingkungan. Meski tergolong ringan, namun penyakit ini bisa sangat membahayakan untuk anak-anak dan orang yang telah lanjut usia. Sebab diusia tua mereka mulai memiliki keterbatasan dalam fungsi pernafasan.

Penyakit influenza umumnya akan lebih banyak terjadi pada musim dingin. Mahluk hidup yang mengembangbiakan dan menyebarkan influenza adalah manusia itu. Diduga bahwa hewan lain seperti babi, kuda dan burung memegang peranan dalam mencipatakn jenis virus penyebab influenza.

Adapun pengobatan terbaik penyakit flu adalah dengan beritirahat dengan baik. Karena flu seringkal diakibatkan karena menurunnya daya tahan tubuh karena kelelahan. Selain itu, bantu pula dengan konsumsi air minum yang cukup untuk meringankan gejala flu.

4. Emfisema

Emfisema adalah penyakit pada bagian paru yang dicirikan dengan pembengakkan pada paru-paru. Hal ini terjadi karena udara masuk kedalam pembuluh darah. Emfisema terjadi sebagai akibat dari hilangnya elastisitas alveolus. Kondisi emfisema membuat penderitanya kesulitan untuk bernafas. Adapun penyebab hilangnya elastisitas pada paru-paru ini dipengaruhi karena asap rokok dan kekurangan enzim alfa 1-antitripsin. Pada penderita dampak pada tubuh yang akan dirasakan adalah batuk yang kronis dan sesak napas. Adapun gejala yang ditimbulkan diantaranya:

  1. Berkurangnya nafsu makan disertai penurunan berat badan
  2. Batuk kronis dan berlangsung lama
  3. Mudah lelah
  4. Sesak pada dada dan terasa berat
  5. Sesak napas dalam waktu yang lama dan tidak dapat disembuhkan dengan obat pelega.

Sementara untuk mencegah penyakit ini, berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Jika penderita adalah seorang perokok, maka hentikan kebiasaan buruk ini untuk dapat membantu mencegah kondisi ini memburuk.
  2. Jika emfisema sudah terlanjur menjalar kedalam tubuh, hentikan segera kebiasaan merokok untuk mencegah perkembangan penyakit. Pengobatan umumnya akan didasarkan pada gejala yang terjadi, apakah gejala tersebut ringa, berat atau sedang.
  3. Perlakukan pengobatan biasanya termasuk pada penggunaan inhaler, pemberian obat-obatan dan kang pula dengan tindakan operasi untuk meredakan gejala dan mencegah timbulnya komplikasi yang akan menjalar hingga keseluruh tubuh.

Beberapa hal diatas adalah segelintir macam dari penyakit yang bisa menjangkit bagian system pernapasan. Untuk mengenal lebih banyak macam mengenai penyakit pernapasan akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Semoga dengan mengetahui beberapa jenis penyakit diatas anda menjadi lebih waspada dan lebih menjaga kesehatan dengan baik sehingga penyakit-penyakit diatas akan dapat dicegah.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel