data-ad-format="auto"

Kenali Penyebab Bayi Lahir Kekurangan Oksigen

Jangan anggap bahwa kurang oksigen pada bayi merupakan hal yang umum dan dapat ditangani oleh bantuan medis. Taukah anda bahwa bayi yang lahir kekurangan oksigen akan berakibat fatal apabila telat penanganannya. Kekurangan oksigen dapat memicu autisme, epilepsi dan cedera otak pada bayi. Bahkan dalam tumbuh-kembangnya, anak yang kekurangan oksigen akan kesulitan dalam belajar sehingga menggangu keseimbangan dan koordinasi tubuhnya.

Sebelum mengetahui lebih lanjut dampak kekurangan oksihen pada bayi lahir. Hal terpenting adalah melakukan upaya agar bayi lahir tidak mengalami kekurangan oksigen sehingga terhindar dari resikonya. Berikut adalah penjelasan mengenai penyebab-penyebab bayi lahir kekurangan oksigen. Bayi lahir kekurangan oksigen atau dikenal dengan hipoksia janin/hipoksia perintal. Ini diakibatkan karena penurunan kadar oksigen di dalam darah.

Adapun faktor yang berhubungan dengan penyebab bayi yang lahir kekurangan oksigen diantaranya timbul ketika hamil dan persalinan, yaitu:

1. Tali pusat yang terbelit

Pada saat persalinan tali pusat terpelintir sehingga akan berkaitan dengan posisi bayi. Terbelitnya tali pusat akan mempengaruhi nutrisi ke dalam janin salah satunya adalah asupan oksigen yang terhambat. Sehingga apabila terjadi tali pusat yang terbelit maka akan membahayakan posisi janin.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

2. Tali pusat mencekik Leher

Gerakan ketika bayi hendak mengalami posisi turun menyebabkan tali pusat melilit di leher. Sehingga diperlukan pemantauan selama melahirkan yang cermat karena apabila leher bayi terlilit tali pusat maka akan menyebabkan sulit mendapatkan pasokan oksigen.

3. Ketuban pecah sebelum terjadi persalinan

Apabila usia kehamilan lewat waktu yang menyebabkan ketuban pecah sebelum terjadi persalinan sehingga menyebabkan plasenta terganggu karena adanya hambatan dalam pertukaran oksigen yang menyebabkan resiko hipoksia pada janin.

4. Bayi saat keluar lahir

Proses lahir yang sulit dan menyebabkan terjebaknya janin di dalam lahir akan menyebabkan bayi kekurangan oksigen. Kondisi ini mengharuskan ahli medis bergerak cepat dalam penanganan bayi yang sulit keluar lahir.

5. Pengaruh Konsumsi Obat Selama Kehamilan/Persalinan

Disarankan untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Salah satunya untuk menghindari bayi lahir kekurangan oksigen.

6. Penyakit yang diderita ibu hamil

Kondisi kesehatan ibu hamil akan memicu kekurangan oksigen diantaranya adalah gagal jantung, diabetes melitus atau hipertensi. Pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil sangat penting dilakukan apalagi menjelang persalinan untuk memantau kondisi ibu dan janin.

Adapun bayi yang kekurangan oksigen memiliki tanda-tanda sebagai berikut :

  1. Memiliki Skor Agar yang rendah. Skor Agar dapat membantu untuk melihat oksigen di dalam bayi. Dengan melakukan serangkaian test untuk melihat respon bayi.
  2. Memiliki PH yang rendah dalam tali pusatnya yang menandakan kekurangan oksigen.
  3. Kesulitan menelan susu dan kesulitan tidur
  4. Mengalalmi napas terhenti pada beberapa waktu, bahkan pada bayi yang baru lahir mengalami kejang.

Dengan demikian bagi anda yang telah mengetahui penyebab bayi lahir kekurangan oksigen maka anda dapat menghindarinya dengan memantau posisi bayi menjelang persalinan pada ahli medis sehingga dapat terhindar dari bayi lahir kekurangan oksigen.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us