Hindari Membeli Peralatan Bayi yang Mengandung Bahan-bahan Kimia ini


Berikut adalah bahan kimia di dalam peralatan bayi yang berbahaya :

1.  Phthalates

Phthales adalah bahan kimia yang digunakan untuk melunakkan plastik PVC dan sering ditemukan pada mainan. Penelitian telah menunjukkan bahwa phthalates dapat mengganggu fungsi di  dalam tubuh, dan tes pada hewan telah menunjukkan bahan kimia ini bisa merusak perkembangan organ reproduksi. Umumnya bahan kimia ini digunakan dalam mainan bayi dan boneka meskipun disebagian negara penggunaan produk ini dilarang pada semua peralatan anak-anak.

2.  Senyawa organotin

Bahan kimia ini digunakan sebagai stabilizer di PVC. Bahan kimia jenis ini ditemukan di lantai vinil dan yang lebih padat pada beberapa mainan bayi. Senyawa organotin  ditemukan menyebabkan perubahan hormonal, studi ini dilakukan pada jenis hewan tertentu.

3.  Bisphenol A (BPA)

Bisphenol A (BPA) digunakan dalam gelas plastik dan mainan, dan biasanya pada beberapa kaleng makanan atau tutup logam. Sedangkan fungsinya sendiri  yaitu untuk membantu melebur plastik bening. Beberapa studi telah menyarankan untuk tidak menggunakan bahan kimia ini karena mengganggu sistem hormon tubuh yang dihubungkan dengan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu anda harus cermat dalam memilih botol susu bayi yang mengandung bahan kimia ini jelas harus dihindari.

4.  Brominated flame

Bahan kimia ini digunakan untuk pakaian, peralatan bayi seperti kereta bayi, kereta dan kasur, termasuk kasur cot sehingga tidak mudah terbakar. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan bahan kimia ini dapat diserap oleh tubuh dan menggangu kesehatan. Bahan kimia jenis ini akan mengganggu hormon sehingga berhubungan dengan kemampuan anak dalam konsentrasi belajar, beberapa penyakit seperti kanker dan sistem kekebalan tubuh. Selain dari botol susu bayi yang mengandung BPA, anda harus mewaspadai beberapa peralatan anda apalagi yang berhubungan dengan bayi anda. BPA sering digunakan dalam peralatan rumah tangga, misalnya pada kaleng makanan dan jenis botol, beberapa gelas, produk pembersih dan penghisap mainan plastik.

Beberapa cara dibawah ini akan membantu anda dalam memberikan perlindungan terhadap bayi anda :

1.  Periksa mainan bayi anda yang akan dibeli untuk keselamatan bayi anda. Hindari mainan yang mengandung PVC, mengandung phthalates atau senyawa organotin.Beberapa mainan yang berkualitas akan menyantumkan bahan kimia yang digunakan dalam menyusun mainan tersebut sehingga memudahkan anda untuk memilih bahan kimia tertentu.

2.  Ketika membeli botol plastik anda dapat melihat nomor di bagian bawah (Anda akan menemukannya di dalam segitiga) : botol berlabel 7 mengandung BPA, mereka yang berlabel 3 mengandung phthalates dan mereka berlabel 6 mengandung stirena, sehingga Anda dapat menghindari produk tersebut.

3.  Bagi anda yang membeli perlengkapan bayi seperti tempat tidur dan kasur, anda dapat memeriksanya terlebih dahulu untuk menghindari bahan kimia tersebut. Apabila anda membelinya langsung ke pusat pemesanan atau produsennya anda dapat menanyakan langsung kandungan kimia yang digunakan. Sehingga keselamatan bayi anda senantiasa terjaga begitu juga kesehatan dimasa depannya karena umumnya bahan kimia akan bereaksi pada waktu yang lama.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply