Hindari Kesalahan Ini Saat Menjadi Orang Tua Baru

5/5 (3)

Berikut hindari kesalahan-kesalahan saat menjadi orang tua baru dengan langkah-langkah berikut :

1. Hindari banyak barang

Bagi anda yang memiliki banyak barang perlengkapan bayi anda dengan tujuan memberikan stimulasi dan membuat bayi tidur dengan nyenyak, perhatikan usia dan kebutuhan bayi anda. Terkadang terlalu banyak barang akan memicu Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau dikenal dengan istilah kematian mendadak yang disebabkan karena tertimpa barang yang terlalu banyak di dalam boks. Oleh karena itu perhatikan barang yang perlu saja. Pilih alas kasur yang padat dan seprei dengan ukuran yang sesuai sehingga tidak membuat gerak bayi anda terbatas.

2. Hindari berperan sendiri

Mengikuti perkembangan bayi anda memang mengasyikan dan membanggakan akan tetapi apabila hanya berperan sendiri merupakan kesalahan bagi anda sebagai orang tua baru. Libatkan peranan ayah dan pengasuh sehingga dapat merasakan tanggung jawab. Berikan waktu ayahnya untuk mengendong atau mengganti popok sehingga dapat memperat bonding bayi dan ayah.

3. Tidak memiliki jadwal tidur

Orang tua seringkali memaklumi jadwal tidur bayi yang masih belum teratur, Padahal jadwal tidur atau ritme tidur yang teratur sudah mulai anda biasakan, terlebih pada usia bayi anda 4 bulan. Anda dapat memulai memperbaikinya dengan membangunkan bayi anda di pagi hari kemudian membiasakan waktu tidur di malam hari, misalnya di malam hari pada pukul 8.

4. Jangan memaksa bayi

Apabila bayi anda sering rewel dan tidak nyaman dengan kegiatannya seperti bayi tidak suka melepas baju, mandi atau makan. Maka anda jangan terburu-buru memaksa bayi anda. Solusinya bagi anda lakukan dengan menyenangkan, alihkan perhatiannya dengan mengahjaknya bercanda, permainan atau pelukan dan ciuman .

5. Jangan terburu-buru cemas menghadapi perubahan kondisi bayi

Apabila bayi anda anda mengalami perubahan seperti ruam popok, hidung mempet, infeksi mata, biang keringat, lidah berjamur atau ketika usai imunisasi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anda apabila mengalami kondisi yang semakin parah.

Dengan demikian bagi anda yang akan merawat bayi yang baru lahir maka perhatikan semua rutinitas kecilnya. Terlebih pada kegiatan yang sangat sederhana, misalnya mengganti popok yang aman yang terkadang terlupakan oleh para ibu baru dalam merawat bayi baru. Sehingga kesalahan-kesalahan yang kecil dapat dikurangi bahkan terhindari.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply