Cara Menyamarkan Urat Tangan yang Kerap Membuat Penampilan Terganggu

4.04/5 (161)

Munculnya urat halus ke permukaan kulit disebabkan oleh pembuluh darah balik atau yang sebut dengan pembuluh darah Vena (dalam bahasa kedokteran) yang melebar. Pelebaran pembuluh darah yang timbul ke permukaan kulit tangan ini biasanya sering terlihat pada laki-laki yang melakukan pekerjaan berat. Sementara pada perempuan urat halus ini akan timbul dibagian kaki atau yang disebut dengan varises.

Munculnya urat halus yang nampak hingga ke permukaan kulit ini sebenarnya tidak berbahaya, hanya untuk beberapa orang, kondisi seperti ini akan menurunkan rasa percaya diri, bentangan urat yang terlihat jelas berwarna hijau dibagian tangan akan sangat mengganggu penampilan, pasalnya tangan merupakan kontak pertama ketika berjumpa dan berhubungan dengan orang lain. Tangan yang memiliki urat yang menimbul akan terlihat menakutkan.

Penyebab Adanya Urat di Tangan

Sebelum kita bahas cara mencegah dan menghilangkan urat-urat ditangan, terlebih dahulu kita kenali, apa saja faktor yang memicu timbulnya urat pada tangan ini.

1.    Katup Pembuluh Darah Vena yang Rusak

Katup yang berfungsi untuk menahan darah yang telah dialirkan ke jantung tidak kembali atau keluar jaringan tubuh lainnya. Jika katup ini rusak, maka aliran darah malah akan menyatu didalam dan menjadu gumpalan yang mengganggu aliran lainnya.
Nah, sementara kemunculan urat ini disebabkan oleh gen atau terlalu berat mebawa beban saat bekerja. Selain itu, faktor gaya hidup yang tidak sehat juga ikut mempengaruhi, salah satunya adalah meroko, merokok dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kakku dan timbul penyempitan.

2.    Melemahnya Elastisitas Dinding Pembuluh Darah Balik

Pembuluh darah balik berfungsu untuk mengangkut sisa-sisa metabolisme dalam darah dari seluruh jaringan tubuh kembali ke jantung. Namun, ketika kemampuan pembuluh darah telah menurun, maka kontraksi dari pembuluh darah balik untuk membawa aliran darah menjadi tidak mampu memompa dengan sebagaimana mestinya.

Lantas Bagaimana Cara Menyamarkan Urat di Tangan?

1.    Posisikan Lengan Lebih Tinggi dari Posisi Jantung Saat Sedang Tidur

Jangan Mmebiarkan tangan menggantung terlalu lama, sebab hal ini akan membuat darah menjadi mengumpul seluruhnya dibagian tangan dan membuatnya tidak dapat kembali ke jantung karena elastisitas pembuluh darah balik Vena telah melemah. Untuk itu, sebaiknya mulai biasakan untuk memposisikan lengan lebih tinggi dari posisi jantung ketika anda hendak tidur.

2.    Berikan Pijatan Lembut Pada Lengan

Lakukan pijatan lembut pada tangan dengan menggunakan minyak, hanya saja jangan memncet atau menekannya, sebab menekan terlalu keras akan menyebabkan pembuluh darah menjadi pecah.

3.    Terapkan Pola Makan yang Sehat

Ubahlah pola makan yang tidak sehat menjadi memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang berserat tinggi untuk membantu merangsang sirkulasi aliran darah. Makanan baik yang dapat merangsang aliran darah yang lebih baik diantaranya bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan jahe.

Itulah dia cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk dapat menyamarkan bentangan urat pada tangan yang kerap kali mengganggu penampilan. Sebenarnya ada cara yang lebih instant yang bisa anda dapatkan untuk menghilangkan urat ditangan ini, yakni dengan mengunjungi dokter spesialis dan meminta ijeksi langsung ke tangan, Hanya saja cara ini selain menyakitkan, tentunya budget yang super besar harus anda persiapkan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel