data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda?

Kehamilan adalah sebuah anugerah besar yang Tuhan berikan dalam kehidupan berumah tangga sepasang suami-istri.

Apalagi jika kehadiran buah hati ini telah menjadi penantian panjang yang sudah dengan begitu sabar ditunggu-tunggu. Kabar kehamilan pasangan tentu akan menjadi hal yang amat menyenangkan. Sehingga hal ini membuat anda tak sabar untuk membaginya bersama dengan orang lain seperti kerabat dan teman-teman dekat.

Mendapatkan anugerah kehamilan pada sang istri yang telah begitu lama dinantikan tentu bak sebuah impian yang terwujud nyata. Kini untuk pertama kalinya anda bisa melihat dua garis merah pada saat melakukan pemeriksaan kehamilan. Orangtua dan mertua anda pun akan dibuat bahagia tak terkira tatkala anak dan menantunya akhirnya bisa melahirkan keturunan.

Kini lengkaplah sudah kebahagiaan anda bersama dengan pasangan. Tak lama lagi tangis nakal si calon buah hati akan segera menghiasi kamar dan seisi ruangan dirumah anda. Saat ini anda pun mungkin sudah mulai senang berdiri dihadapan kaca dan menanti-nanti perut anda membesar. Namun sabar dulu ya bunda. Ada serangkaian proses yang perlu bunda lalui hingga menjelang kehamilan dengan perut yang membesar seperti seorang ibu hamil seutuhnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Sebelum terburu mencari baju hamil dan mengumpulkan segala perlengkapan kehamilan dan kelahiran sang jabang bayi. Sebaiknya mulailah berfokus pada bagaimana menjaga kehamilan anda agar berjalan dengan baik dan tanpa kendala. Penuhi pula kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh anda agar tumbuh kembang si janin dalam rahim anda dapat berjalan dengan baik dan tanpa kendala.

Hal ini penting sekali karena kehamilan yang berkualitas akan dapat mengurangi resiko kelahiran cacat atau bermasalah pada bayi anda.

Untuk itu, penting sekali untuk anda mengetahui pemenuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan janin dalam kandungan anda lewat konsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah. Selain itu, waspadalah pada beberapa jenis makanan yang dipantang selama masa kehamilan sebab hal ini akan menjadi kunci anda untuk bisa mendapatkan kehamilan yang sehat dan tanpa masalah.

Hanya saja dalam mengetahui pemenuhan makanan sehat untuk ibu hamil, seringkali ibu hamil dibuat terkecoh dengan jenis makanan yang banyak tersedia. Hal ini tentunya beriringan dengan hadirnya mitos yang tersebar dimasyarakat tentang laranga ibu hamil mengkonsumsi beberapa jenis makanan.

Padahal bisa jadi makanan yang dipantang oleh mitos tersebut sebenarnya adalah jenis makanan sehat yang bermanfaat untuk kehamilan dan kesehatan tubuh anda. Termasuk dengan mengkonsumsi air kelapa muda saat cuaca terik.

Ya, pada saat haus melanda dan cuaca diluar sedang begitu terik maka menyantap minuman segar akan menjadi ide yang sangat tepat untuk mengerarkan tenggorokan. Salah satu bahan minuman dengan rasa menyegarkan yang begitu alami adalah dengan mengkonsumsi air kelapa, terutama yang didapat dari kelapa yang muda. Jenis kelapa ini akan cocok disantap dan menyegarkan tenggorokan yang tengah kering.

Rasanya yang manis dan sensasi yang menyegarkan membuat anda akan tergoda untuk menikmati minuman ini terutama saat tengah berjemur dipantai. Berbaring dibawah pohon yang rindang dan menikmati sebongkah es kelapa muda yang segar akan terlihat begitu sempurna dengan pemandangan pantai yang begitu menanangkan.

Hanya saja, adanya mitos yang tersebar dimasyarakat membaut ibu hamil merasa was-was pada saat hendak mengkonsumsi air kelapa muda untuk melegakan tenggorokannya. Selain itu, adanya mitos-mitos yang belum dibuktikan secara ilmiah dan juga adanya kewaspadaan pada ibu hamil mengenai efek dari air kepala muda, mungkin membuat anda merasa bingung dan dilanda kegalaun apakah konsumsi air kelapa aman dilakukan oleh ibu hamil atau tidak.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak seperti apa ulasan mengenai boleh atau tidaknya ibu hamil mengkonsumsi air kelapa muda.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda?

Sebuah riset mengungkapkan bahwa konsumsi air kelapa muda tidak memberikan pengaruh buruk baik untuk ibu hamil atau janin yang tengah dikandungnya. Sebaliknya air dengan rasa manis alami ini memiliki banyak manfaat untuk kehamilan terutama untuk mencukupi kebutuhan air harian dan sebagai penghilang racun dalam tubuh untuk ibu hamil.

Selain itu, konsumsi air kelapa muda selama masa kehamilan juga dapat dilakukan guna mencegah dehidrasi pasca kehamilan. Hal ini dikarenakan pada saat hamil seorang wanita membutuhkan air dalam tubuhnya untuk menghindari kondisi dehidrasi tersebut.

Jadi demikian menyoal pertanyaan boleh atau tidaknya ibu hamil mengkosumsi air kelapa muda maka jawabannya tentu saja boleh. Asalkan tidak dilakukan dalam jumlah yang berlebihan. Bahkan konsumsi ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena manfaatnya yang cukup banyak.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat konsumsi air kelapa muda selama masa kehamilan. Mari kita simak dibawah ini.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Ada cukup banyak kebaikan yang dapat dirasakan dari mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah yang wajar selama masa kehamilan. Beberapa diantaranya adalah:

Berperan Sebagai Elektrolit yang Alami

Manfaat yang pertama yang bisa didapatkan dari konsumi air kepala selama masa kehamilan adalah cairan ini dapat dijadikan sebagai eletrolit alami.

Kondisi kehamilan memang meningkatkan kemungkinan seorang wanitauntuk mudah lelah. Salah satu penyebabnya adalah karena banyak cairan tubuh terbuang dan tak sebanding dengan jumlah yang dipasoknya. Untuk itulah, dalam kondisi ini ibu hamil akan lebih rentan mengalami dehidrasi.

Perlu diketahui dehidrasi yang terjadi selama masa kehamilan akan dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan lain yang cukup berbahaya seperti timbulnya diare, kram, sakit kepala dan bahkan dapat berujung pada kontraksi dan persalinan prematur. Untuk itulah, konsumsi air kelapa akan dapat mencegah timbulnya dehidrasi.

Sebagai isotonik alami air kelapa kaya akan mineral. Didalam air kelapa terkandung elektrolit alami yang bentuknya sama dengan elektrolit dalam tubuh. Untuk itulah, konsumsi air kelapa akan dapat mengganti cairan elektrolit yang hilang dengan keringat.

Memperlancar Sitem Pencernaan

Pada masa kehamilan salah satu hormon progesteron yang dihasilkan oleh placenta akan mungkin memperlambat kinerja lambung sehingga pencernaan menjadi melambat. Untuk ibu hamil kondisi ini akan mungkin menyebabkan sembelit. Kondisi ini tentu saja akan sangat menganggu mengingat dampaknya yang cukup menyakitkan. Nah, konsumsi air kelapa akan dapat menjadi solusi yang alami guna membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga sembelit bisa diatasi dengan baik.

Membantu Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Dalam air kelapa muda terkandung senyawa yang dinamakan dengan asam laurat. Fungsi dari senyawa ini adalah membantu tubuh melawan berbagai penyakit yang masuk kedalam tubuh. Selain itu, senyawa ini sendiri memiliki kesamaan dengan ASI. Maksudnya kesamaan disini adalah sebagai antibakteri, antivirus dan juga antijamur.

Jadi demikian konsumsi air kelapa muda akan dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang tengah dikandungnya. Terutama dari beberapa ancaman penyakit mematikan seperti HIV dan juga herpes.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari bolehkah ibu hamil minum air kepala muda. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan.

Loading...

Follow us