Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Sarden Kalengan?

4.63/5 (90)

Memperhatikan pola makan yang sehat dan menjaga agar tetap menjalankan pola hidup yang sehat adalah dua hal penting yang harus diperhatikan oleh semua orang, terutama untuk wanita hamil. Hal ini penting sekali, mengingat kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh seorang wanita ketika hamil adalah hal utama.

Tercukupinya kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil akan dapat berpengaruh baik terhadap perkembangan dan pertumbuhan janin didalam rahimnya. Selain itu, asupan gizi yang cukup tentu akan dapat memulihkan sebagian energi ibu hamil yang menghilang. Dengan begini tubuh ibu hamil akan terbantu dan merasa lebih fit saat menjalankan hari-harinya.

Untuk itulah, penting sekali mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil dengan baik. Adapun sumber gizi ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sejumlah makanan yang sehat seperti sayur dan buah dan dilakukan dengan rutin. Hindari pula melakukan beberapa aktivitas berat atau gaya hidup yang tidak beraturan. Sebab beda pada saat anda belum mengandung, kondisi kehamilan yang anda jalani saat ini akan membuat tubuh menjadi lebih sensitif terhadap reaksi dari kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat untuk tubuh anda.

Anda tentu menginginkan kelahiran bayi yang sehat dan sempurna bukan? Untuk itulah penting sekali mempelajari informasi seputar kehamilan mengenai apa yang boleh dilakukan dan apa yang sebaiknya tidak dilakukan. Hal-hal tersebut akan membantu anda untuk mewujudkan kehamilan yang berkualitas. Sebagaimana kita ketahui terjaganya kualitas kehamilan akan dapat memberikan dampak yang baik dan menghindarkan timbulnya masalah kehamilan atau kecacatan lahir pada bayi.

Dengan demikianlah penting sekali melakukan segala upaya guna mewujudkan kehamilan yang baik dan terjaga denga baik sebab apa yang anda konsumsi dan anda lakukan selama masa kehamilan adalah apa yang akan menentukan kelahiran buah hati anda. Dalam artian lain, untuk mendapatkan kelahiran yang sehat pada bayi maka anda diberikan waktu selama 9 bulan untuk memaksimalkan asupan gizi yang baik dari konsumsi makanan yang sehat.

Pengonsumsian sumber makanan terbaik akan menjadi semakin vital ketika bayi anda ada dalam rahim. Anda tidak hanya bertanggung jawab terhadap pemenuhan nutrisi tubuh anda sendiri, namun juga sepenuhnya mengabil alih asupan gizi si jabang bayi yang ada dalam kandungan anda.

Sayangnya mobilitas dan kegiatan yang cukup bayak seringkali membuat ibu hamil kesulitan untuk dapat menerapkan pola makan yang sehat. Bahkan beberapa perempuan hamil, pada akhirnya harus terpaksa mengkonsumsi makanan cepat saji yang dianggap lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu untuk menyiapkannya salah satunya termasuk mengkonsumsi masakan ikan sarden dalam bentuk kalengan.

Resep Masakan Ikan sarden kalengan banyak dipilih kaum wanita yang tengah mengandung sebagai makanan sehat praktisnya. Hal ini dikarenakan mereka menganggap bahan utama ikan didalamnya, diasumsikan tetap sehat dan memiliki nutrisi yang cukup untuk ibu hamil dan bayi yang tengah dikandungnya. Namun begitukah menurut dunia medis? Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi ikan sarden dalam kemasan kalengan? Nah, bila anda adalah salah satu penikmat sajian makanan ini, dan penasaran dengan jawaban dari pertanyaan kali ini maka lanjutkan membaca.

Apakah Itu Ikan Sarden?

Sebelum mengatahui lebih jauh mengenai boleh atau tidaknya ibu hamil mengkonsumsi jenis makanan ikan yang dikemas dalam bentuk kalengan ini. Maka akan lebih baik jika kita kenali terlebih dahulu apa itu sebenarnya ikan sarden dan seperti apa jenis ikan yang satu ini.

Sarden atau yang juga dikenal dengan sebutan sarden atau sardene merupakan jenis ikan laut yang asalnya dari spesies Clupeidae. Ikan ini mampu bertahan hidup hingga kedalaman lebih dari 1000 meter dibawah permukaan laut. Ikan yang memiliki nilai komersil cukup ini pun mampu menaikan suhu darahnya diatas suhu air sehingga mampu bertahan dalam kondisi yang beragam.

Di tanah air sendiri sudah banyak nelayan yang menghasilkan tangkapannya dalam jumlah yang besar untuk ikan jenis ini. Sehingga tidak heran bila masyarakat Indonesia tidak akan terlalu asing dengan jenis ikan yang satu ini.

Apa Itu Ikan Sarden Kalengan?

Pada perkembangannya yang semakin dikenal dimasyarakat sebagai hidangan yang lezat, membuat permintaan terhadap ikan ini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Apalagi semakin banyak bermunculan cara pengolahan dan bumbu yang diberikan pada ikan sarden membuatnya didamba sebagai hidangan lezat untuk disantap beramai-ramai.

Apalagi, bila dinikmati dengan bumbu saus cabai dan saus tomat dan disajikan bersama dengan sepiring nasi hangat (Baca juga: Resep Nasi Uduk dan Resep Nasi Kuning). Sudah pasti sulit menolak godaan dari sajian yang satu ini.

Melihat peluang yang besar dari pengolahan ikan sarden yang cukup menggiurkan membuat beberapa industri makanan menghadirkan olahan ikan sarden yang sudah diberikan bumbu dan dimasak lalu disajikan dalam bentuk kalengan.

Untuk jenis ikan sarden yang telah diolah dengan cara ini ketahanan ikan bisa mencapai satu tahun lamanya. Selain itu, ikan sarden kalengan pun tentu jauh lebih praktis dan lebih mudah ketika dimasak. Anda hanya perlu menghangatkannya diatas wajan dan dalam beberapa menit hidangan ini akan siap anda santap.

Lalu Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Ikan Sarden?

Mengkonsumsi ikan pada dasarnya adalah hal yang baik dan bahkan kegiatan yang satu ini banyak dianjurkan oleh pakar gizi, terutama pada ibu hamil. Sebab didalam ikan terkandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh si ibu dan jabang bayi yang sedang dikandungnya. Akan tetapi, masalahnya adalah apakah ketika ikan dikemas dalam kalengan dan memiliki ketahanan hingga bertahun-tahun seperti diatas boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Mengkonsumsi ikan sarden adalah hal yang baik dilakukan oleh ibu hamil, meski penyajiannya dibuat dalam bentuk kalengan. Hanya saja sebaiknya hal ini tidak dilakukan terlalu sering. Sebab bagaimanapun ibu hamil tetap membutuhkan lebih banyak asupan gizi, nutrisi dan mineralnya dari jenis makanan yang lebih baik dan lebih segar.

Kandungan gizi yang cukup tinggi pada ikan sarden membuat ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini. Selain itu, kandungan kalsium yang besar didalamnya bagus untuk perkembangan si buah hati dalam rahim ibu. Adapun kandungan vitamin lain yang terdapat dalam ikan sarden diantaranya adalah vitamin A, D, E dan K, B12, B6, niasin dan thiamine akan baik untuk perkembangan si janin.

Bahkan sebuah organisasi makanan di Amerika Serika yakni FDA (Food and Drug Administration) mengajurkan untuk mengkonsumsi ikan sarden karena ikan ini memiliki kadar merkuri yang cukup rendah dibandingkan dengan ikan lainnya yang mana hal ini baik untuk ibu hamil.

Mengapa Tidak Boleh Mengkonsumsi Ikan Sarden Kalengan Berlebihan?

Pada intinya mengkonsumsi ikan sarden kalengan boleh dilakukan sebab ikan sarden memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk ibu hamil dan si janin yang dikandungnya. Akan tetapi, tetap saja meskipun baik namun tidak sebaiknya ibu hamil melakukan konsumsi terhadap jenis makanan ini secara berlebihan apalagi dilakukan setiap hari.

Hal ini dikarenakan ikan sarden yang dikemas dalam kalengan bukan bersal dari ikan yang segar. Selain itu, kemungkinan pengawet yang ada didalamnya akan mungkin berbahaya untuk kesehatan si ibu dan akan dapat mempengaruhi janin. Untuk itu, pengonsumsian jangka panjang akan mungkin beresiko untuk ibu hamil.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply