Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Memberikan “Ponsel” Pada Anak-Anak

Sementara, jika kita amati jaman saat ini, sudah menjadi sebuah hal yang biasa, ketika sebuah keluarga menggelar makan malam bersama di meja makan. Mereka duduk bersama dan ibunya mulai mempersiapkan menu makanan yang sudah dimasaknya. Ketika ibunya hendak mengambilkan nasi dan lauk untuk anaknya, mereka harus terus berulangkali menanyakan mau makan dengan lauk apa. Sementara anak mereka malah asyik dengan terus memainkan gadget yang ada digenggamannya. Bahkan, setelah makanan tersebut ada dihadapan mereka, anak-anak bukan langsung menyantap dan menghabiskan makanannya, melainkan malah asyik memainkan gadgetnya terus menerus.

hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan ponsel pada anak

Nah dari sinilah, muncul bayak kekhawatiran dari banyak orang. Apakah hal ini akan dapat menghambat tumbuh kembang si anak jika mereka sudah difasilitasi dengan ponsel sejak mereka masih kecil? Lantas, diusia berapakah anak-anak boleh diberikan ponsel atau gadget sejenisnya?

Anak-anak kita saat ini lahir pada zaman internet sudah ada dan tersedia serta gadget juga telah hadir dengan semakin canggih. Artinya, sebagai orangtua kita yang baik, sikap kita pun harus mampu berpikir dinamis dengan mengikuti perkembangan zaman anak-anak dengan bantuan tekhnologi dalam dunia digital.

Sehingga yang menjadi hal penting dalam kasus ini adalah bukan gadgetnya yang harus anda khawatirkan, melainkan apa yang ada didalamnya serta aturan yang bisa anda terapkan dalam penggunaan gadget yang kita berikan pada anak. Dengan demikian, orangtua tetap bisa mengontrol dan mengawasi anak-anaknya dalam mengoperasikan gadgetnya.

Hanya saja, tentunya juga tidak bijak jika fasilitas pemberian gadget anda berikan ketika anak-anak masih begitu kecil. Dengan alasan mengikuti perkembangan zaman di dunia digital, anda lantas terpacu untuk memfasilitasi anak balita anda dengan ponsel cerdas dan gadget canggih yang sudah anda siapkan.

Mengutip dari Psychoterapist Frand Walfish menjelaskan bahwa usia minimal seorang anak memiliki ponsel adalah di usia 10 tahun, namun idealnya adalah di usia 12 atau 13 tahun. Dengan demikian, ini berarti anda bisa mempertimbangkan kembali sewaktu hendak memberikan ponsel pada anak-anak balita. Selain itu, ada beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum anda memfasilitasi mereka dengan ponsel cangih dan gadget lainnya. Apa sajakah hal tersebut? Yuk, kita simak beberapa hal berikut ini.

1. Perhatikan Apakah Anak-Anak Benar-Benar Membutuhkannya atau Tidak

Memberikan anak fasilitas ponsel di era digital ini, mungkin anda maksudkan untuk membantu mereka dalam mempermudah segala hal dalam kehidupannya, terutama berkomunikasi. Hanya saja, hal ini perlu dipertimbangkan kembali. Diusia anak yang masih begitu kecil, kehidupan mereka umumnya akan lebih banyak dihabiskan bersama dengan orangtua. Selain itu, ruang gerak anak juga masih cukup mudah untuk dijangkau orangtua. Untuk itulah, sewaktu anda hendak memberikan fasilitas ponsel untuknya, coba pertimbangkan kembali, apakah anak anda benar-benar membutuhkannya atau tidak?

Mengingat anda selalu bersama dengan mereka dan senantiasa mendampingi mereka. Untuk itu, rasanya anak tidak akan terlalu jauh dan membutuhkan ponsel untuk berkomunikasi dengan anda. Selain itu, jika saja mereka memang membutuhkannya. Akan lebih baik jika anda menggunakan ponsel sesuai dengan kebutuhannya. Daripada membeli, untuk beberapa kebutuhan mendesak yang tidak terlalu sering, mereka bisa menggunakan ponsel anda dan meminjamnya sementara.

2.  Perhatikan Lingkungan Anak

Sebelum anda memberikan ponsel sebagai hadiah untuknya. Sebaiknya, baca kembali situasi dilingkungannya. Apakah sudah banyak teman anak-anak anda yang menggunakan ponsel atau tidak. Jika ya, anda tentu tidak ingin jika anak anda menajdi satu-satunya orang yang belum memiliki fasilitas ini. Apalagi jika fasilitas ini membantu mempermudah segala urusanya. Hanya saja, jika anda berpikir anak masih terlalu kecil untuk diberikan fasilitas ini. Maka sebaiknya, ikuti kata hati anda dan tentukan apa yang terbaik yang bisa anda berikan kepada sang anak.

Namun, jika teman-temannya di sekolah belum memiliki ponsel, maka ini tidak menjadi pilihan untuk anak untuk lebih dini diberikan fasilitas ponsel.

3. Perhatikan Apakah Anak Anda Akan Setuju Diberika Peraturan Menggunakan Ponsel?

Banyak orangtua yang memilih memberlakukan berbagai aturan pada anak-anaknya sewaktu menggunakan ponsel. Hal ini tentu saja dilakukan dalam rangka mengontrol dan terus mengawasi anak-anak dalam mengoperasikan gadgetnya, agar jangan sampai mereka melenceng dari fungsi gadget dan ponsel yang sesungguhnya.

Selain berguna, hal ini juga bisa menjadi alternatif bagi anda yang sudah memberikan ponsel pada anak sejak mereka masih dini

Sayangnya, jika anak sulit diatur, dan kehadiran ponsel ini malah menjadi perdebatan bersama orangtua, alangkah lebih baik untuk memikirkan dan mempertimbangkan kembali keputusan anda memberikan ponsel pada mereka. Jangan sampai keputusan awal anda memberikan fasilitas ini pada anak, menjadi awal mimpi buruk anda dengan membangun sikap negatif dalam diri anak.

4. Perhatikan Apakah Ponsel yang Diberikan Akan Bertahan Lama

Anak-anak seringkali lupa dan ceroboh akan sesuatu hal yang menjadi milik pribadinya. Ketika mereka asyik bermain dengan membawa barang-barang pribadi mereka, terkadang mereka tidak menyadari jika barang-barang tersebut tetap ada dalam genggaman mereka dengan aman. Ini pulalah yang dikhawatirkan terjadi dengan anak anda sewaktu mereka memiliki ponsel. Kecerobohan anak ditakutkan membuat barang-barang berharga yang ibu berikan pada mereka tidak bisa tahan lama. Jika mereka menghilangkannya, maka berapa kali anda harus menggantinya. Apalagi jika mengingat, ponsel bukanlah barang dengan harga yang murah. Untuk itulah, sewaktu anda hendak memberikan ponsel untuk fasilitasnya, sebaiknya dipertimbangkan kembali, apakah anda anda termasuk tipikan orang yang ceroboh atau tidak.

Memberikan ponsel pada anak-anak seringkali menjadi perdebatan. Banyak orangtua yang memiliki masalah mengenai kapan waktu terbaik dan diusia berapa anak-anak boleh difasilitasi dengan barang ini.

Disatu sisi, fasilitas ini bisa mempermudah dan membantu anak-anak dalam berkomunikasi. Namun di sisi lain, orangtua takut jika barang ini mereka salah gunakan. Nah, beberapa hal diatas diharapkan mampu menjadi pertimbangan ayah dan ibu sebelum memberikan ponsel untuk mereka. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply