data-ad-format="auto"

Bahayakah Lidah Putih Pada Bayi?

Semasa bayi anak anda seringkali mengalami perubahan pada tubuhnya. Perubahan yang terjadi seringkali membuat orang tua cemas, dikhawatirkan akan menyebabkan pertumbuhan abnormal. Begitu pula ketika anda mengamati perubahan warna pada bagian lidah bayi anda. Pernahkah anda bertanya tanya mengapa lidah bayi anda tampak berwarna putih pekat, bahayakah warna putih pada lidah bayi?

Dalam menjawab kekhawatiran anda ketika mengamati kondisi mulut bayi anda yang mengalami bercak putih atau oral thrust sebaiknya anda tahu terlebih dahulu penyebab terjadinya bercak putih pada lidah bayi anda. Pada rongga mulut bayi yang kering hingga menyebar menjadi lapisan berwarna putih tidak terlalu berbahaya akan tetapi apabila dibiarkan dapat mengganggu proses pemberian ASI. Salah satu penyebab terjadinya bercak putih yaitu infeksi yang ditimbulkan oleh jamur Candida Albicans.

Pada dasarnya infeksi pada lidah bayi iini dapat terjadi dikarenakan rongga mulut dan juga lidah bayi yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu penyebabnya dapat pula terjadi dikarenakan timbulnya peradangan pada bagian payudara ibu yang sedang menyusui, bahkan apabila ibu menyusui mengkonsumsi antibiotik ketika selesai melahirkan maka peluang terjadinya lidah putih pada bayi semakin besar. Terakhir penyebab lidah putih pada bayi adalah kurangnya menjaga kebersihan baik ibu ataupun bayi, misalnya dalam menyediakan botol susu yang kurang bersih atau kurang menjaga kebersihan tangan pada ibu yang sedang menyusui.

Apabila anda bertanya-tanya mengenai dampak yang terjadi apabila lidah bayi berwarna putih. Maka anda tidak perlu mengkhawatirkannya karena pada beberapa kasus infeksi jamur dapat sembuh dengan sendirinya meskipun harus menunggu dalam waktu yang lebih lama. Bagi anda yang memiliki masalah lidah bayi terdapat bercak putih maka dapat melakukan cara-cara penanganan dibawah ini :

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

  1. Bagi bayi anda selesai mendapatkan ASI, anda dapat membersihkan mulutnya dengan menggunakan air hangat. Pastikan suhunya tidak terlalu panas dan melukai kulit bayi yang masih sensitif. Anda dapat menggunakan kasa steril yang sudah dibasahi dengan air hangat kemudian bersihkan pada bagian mulut bayi dengan cara mengusapnya secara halus dan perlahan.
  2. Apabila bayi anda diberi empeng, maka rajinlah dalam membersihkan empeng. Kemungkinan bakteri dan jamur yang menempel akan langsung masuk ke dalam mulut. Bersihkan empeng dengan mencuci dan merendam ke air panas sebelum diberikan pada bayi anda.
  3. Bagi bayi anda yang mendapatkan susu formula maka anda dapat memberikan susu formula apabila berat bayi anda sudah ideal dapat dihentikan pada malam hari dan menggantinya dengan air putih akan tetapi apabila mengalami penolakan maka anda dapat menggantinya dengan membilasnya dengan air putih.

Selanjutnya bagi anda yang kesulitan untuk menghilangkan bercak keputihan pada lidah bayi anda maka dapat membawanya ke dokter sehingga diberikan obat antijamur untuk bagian mulut bayi yang terinfeksi.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us