data-ad-format="auto"

9 Perencanaan Kamar Bayi

Perencanaan kamar bayi memang membingungkan bagi anda, untuk dapat menginspirasi anda 9 tips perencanaan dibawah ini dapat anda lakukan untuk menyambut buah hati anda :

1.  Pertimbangkan lokasi kamar bayi

Jika Anda memiliki pilihan untuk lokasi kamar bayi anda, pilihlah kamar yang tenang dekat dengan kamar tidur Anda sehingga Anda tidak perlu berjalan jauh di malam hari. Pastikan bahwa ruangan yang dijadikan kamar bayi anda memiliki ventilasi yang baik. Adanya pertukaran udara dan juga memiliki pencahayaan alami ketika pagi hari.

2.  Dekorasi yang menyesuaikan dengan gaya rumah anda

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Apakah gaya interior Anda tradisional, kontemporer atau mungkin eklektik campuran? Sangat penting bahwa desain kamar bayi Anda mencerminkan gaya pribadi Anda. Hal ini akan membuat anda juga merasakan kenyaman ketika menghabiskan waktu bersama dengan bayi anda.

3.  Menambahkan beberapa hiasan di kamar bayi anda

Anda dapat menggunakan media elektronik maupun cetak untuk menemukan tema kamar bayi anda. Tema kamar bayi biasanya ditentukan pada trimester akhir mengingat pada bulan-bulan ini sudah dapat menentukan jenis kelamin bayi anda dengan pasti. Pilihlah warna yang sesuai dengan favorit anda. Umumnya pengunaan warna merah muda untuk kamar bayi wanita atau biru untuk kamar bayi laki-laki.

4.  Ruangan simpel yang membuat suasana hati menyenangkan

Anda dapat merasakan kamar baik yang nyaman ditinggali bayi anda dengan suasana yang anda rasakan. Hal ini berkaitan dengan beberapa aksesoris yang mungkin mendukung kamar bayi anda. Terlalu banyak aksesoris justru membuat ruangan terkesan sempit dan membuat ruangan tidak nyaman. Pilih latar belakang netral dan campuran aksesoris yang sesuai dengan usia bayi anda dan Anda akan mengurangi kebutuhan untuk mendekorasi ulang setiap beberapa tahun.

5.  Memilih warna kamar bayi

Pertimbangkan untuk menggunakan warna-warna yang menenangkan. Seiring dengan pertumbuhan bayi biasanya akan menentukan warna fovoritnya sendiri. Sedangkan untuk bayi yang baru lahir warna warna yang menenangkan dan terkesan lembut seperti warna muda, merah muda, biru muda  atau cream bisa menjadi pilihan anda.

6.  Pemilihan dekorasi yang mudah beradaptasi dengan pertumbuhan bayi

Pertimbangkan berapa lama dekorasi akan diminati oleh bayi anda. Sehingga ketika bayi anda baru lahir sebaiknya anda menggunakan dekorasi yang simpel dan bisa mudah beradaptasi ketika bayi anda berkembang seperti misalnya menggunakan dinding stiker yang mudah diganti dan juga relatif murah.

7.  Kamar bayi harus senantiasa aman

Keamanan dikamar bayi anda berhubungan dengan beberapa aksesoris yang anda gunakan. Bagi bayi yang baru lahir penyesuaian dekrasi simpel dibutuhkan berbeda dengan bayi anda yang sudah mulai melakukan gerakan aktif seperti merangkak dan berjalan sehingga membutuhkan pengawasan ekstra termasuk benda-benda disekitar kamarnya harus senantiasa aman dari bahan berbahaya dan benda-benda yang akan melukainya.

8.  Keseimbangan antara bentuk dan fungsi

Anda harus mengetahui fungsi dari benda benda yang akan anda gunakan di ruangan kamar bayi anda sehingga hal ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan yang menunjang perkembangan bayi anda. Bentuk yang terlalu besar di ruangan bayi anda sekiranya tidak dapat berfungsi optimal sebaiknya dihindari untuk memberikan kesan yang luas selain itu kenyaman akan lebih bisa dirasakan oleh bayi anda.

9.  Berani berekspresi

Anda dapat melakukan ekspresi selama perencanaan kamar bayi anda hal ini agar anda merasakan kenyaman sesuai dengan keinginan anda. Meskipun anda berekspresi akan tetapi untuk kamar bayi sebaiknya pertimbangan penting dimulai dari kesehatan dan keamanan bayi harus tetap menjadi pertimbangan anda.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us