7 Manfaat Luar Biasa Olahraga Untuk Ibu Hamil

 

Namun banyak orang malas melakukan olahraga termasuk juga ibu hamil. Dengan berbagai alasan, mereka tidak mau melakukan olahraga meskipun banyak manfaat yang bisa di dapat dari olah raga. Berikut adalah 7 manfaat yang bisa di dapat oleh ibu hamil ketika melakukan olahraga

1.  Meningkatkan Energi Anda

Kehamilan bisa menyedot energi anda namun olahraga yang teratur bisa membantu anda melalui pekerjaan harian anda atau untuk mengatasi jadwal kegiatan anda. Olahraga akan memperkuat sistem kardio vaskular  jadi anda tidak akan mudah capek. Dengan otot yang lebih kuat dan terbentuk, anda tidak akan membutuhkan usaha berlebih untuk melakukan berbagai aktifitas apapun bentuknya seperti belanja kebutuhan harian atau duduk dan menghadiri rapat di kantor.

Menurut American College of Obstericians and Gynecologist (ACOG), anda bisa melakukan bagian-bagian olahraga ringan yang aman selama 30 menit atau lebih setiap harinya selama anda tidak memiliki kondisi medis tertentu atau komplikasi yang diberitahukan oleh dokter atau perawat anda berkenaan dengan batasan olahraga atau tingkat aktifitas yang boleh anda lakukan.

2. Tidur lebih baik

Saat anda sedang mengandung seberat 7 kg (atau lebih) di bagian depan tubuh anda, untuk menemukan posisi tidur yang nyaman bisa menjadi hal yang berat untuk dilakukan. Akan tetapi, olahraga akan membantu anda membuang energi dan membuat anda cukup capek yang akan mambuat anda tidur lebih lelap.

3. Mengurangi rasa tidak nyaman saat kehamilan

Secara umum, olahraga teratur akan meregangkan dan memperkuat otot-otot anda yang akan membuat tubuh menjadi lebih toleran terhadap rasa sakit selama kehamilan. Peregangan akan mengurangi rasa sakit di punggung, olahraga berjalan akan meningkatkan sirkulasi, dan berenang akan memperkuat otot abdomen.

4. Membantu mempersiapkan Proses Persalinan

Semakin bagus kondisi anda maka akan semakin kuat pada saat proses kelahiran nanti. Proses kelahiran itu mirip dengan lari maraton yang membutuhkan stamina, determinasi, dan juga fokus. Hal ini sudah menjadi bahan penelitian, berlatih untuk proses kelahiran melalui olahraga teratur akan mempermudah usaha anda dan bisa juga memperpendek rentang waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan bayi anda.

5. Mengurangi stress dan meningkatkan semangat anda

Memiliki anak adalah sebuah perubahan besar yang terjadi pada hidup anda. Dengan kehadiran anak, hak ini akan membuat kondisi anda bisa menjadi tambah semangat atau malah sebaliknya, sering merasa cemas, sering merasa letih dan sebagainya. Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga akan meningkatkan tingkat serotonin tubuh, yaitu reaksi kimia otak yang akan mempengaruhi mood, yang akan membuat anda menjadi lebih bersemangat.

6. Meningkatkan citra diri anda

Melihat jarum penunjuk timbangan menunjukkan angka yang tidak pernah anda lihat sebelumnya bisa membuat anda sakit hati. Dengan tetap aktif anda telah membantu diri anda sendiri untuk merasa lebih baik dan meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan berat badan yang sehat.

7. Membantu tubuh anda kembali ke bentuk aslinya setelah melahirkan secara lebih cepat

Hal ini sebenarnya sudah cukup memotivasi banyak wanita untuk melakukan program olahraga kehamilan secara teratur. Ketika anda berusaha menjaga kekuatan dan bentuk otot anda selama masa kehamilan, tubuh anda akan lebih mudah kembali ke bentuk aslinya setelah anda melahirkan. Anda juga akan bisa mengurangi berat badan anda jika anda melakukan olahraga selama masa kehamilan.

Namun tentunya, sebelum melakukan olahraga, konsultasikan dulu dengan dokter atau bidan anda mengenai kondisi anda dan jenis olahraga yang sebaiknya anda lakukan. Hal ini guna menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan akibat kegiatan olahraga yang anda lakukan

Baca Juga: Jenis-jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply