data-ad-format="auto"

7 Makanan Untuk Mengurangi Stress

Wanita sering stress dikarenakan beberapa hal diantaranya adalah peran ganda yang dimiliki oleh wanita apalagi yang sudah berkeluarga. Hal ini yang membuat wanita kewalahan dalam menyeimbangkan perannya baik di rumah maupun di tempat kerjanya. Beberapa wanita sering merasa bahwa keadaannya sulit untuk dirubah sehingga cenderung memiliki beban tinggi. Wanita juga rentan terhadap perubahan hormon baik ketika memasuki masa kehamilan ataupun monopause. Beberapa yang mungkin menjadi pemicu stress wanita adalah kehilangan pasangan dan juga urusan harian. Meskipun stress sangat sering dijumpai pada wanita akan tetapi ada beberapa hal yang bisa anda lakukan seperti mengkonsumsi makanan yang ternyata mempunyai khasiat dalam mengurangi stress anda.

Berikut adalah 7 makanan untuk mengurangi stress :

1.  Asparagus

Sayuran hijau yang tinggi kandungan asam folat dapat membantu menstabilkan suasana hati Anda. Ketika Anda stres, tubuh akan melepaskan hormon yang mempengaruhi suasana hati Anda. Vitamin dan mineral seperti asam folat dan vitamin B dapat membantu menjaga suasana hati Anda tetap stabil karena nutrisi tersebut dibutuhkan untuk membuat serotonin, yang merupakan bahan kimia yang secara langsung mempengaruhi suasana hati dengan cara yang positif.

2.  Daging sapi

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Meskipun daging sapi sering dihindari dalam menu makan karena diyakini dapat meningkatkan berat badan hal itu tidak sepenuhnya benar jika anda dapat memilih daging sapi yang baik. Daging sapi yang baik adalah daging sapi rendah lemak atau jenis tenderloin. Daging sapi mengandung gizi yang  tinggi seperti seng, zat besi, dan vitamin B, yang dapat membantu menstabilkan suasana hati Anda.

3.  Susu

Susu tinggi  antioksidan, vitamin B2 dan B12, serta protein dan kalsium. Anda dapat memilih semangkuk sereal gandum dan susu rendah lemak di pagi hari untuk memulai hari Anda dengan sarapan untuk melawan stres.

4.  Keju dan Buah

Keju yang memiliki tinggi protein dan kalsium. Keju adalah jenis Makanan dengan kandungan protein yang tinggi yang sedikit mengandung gula sehinga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah dan akan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Cobalah mencampur keju dengan buah yang tinggi vitamin C seperti jeruk. Vitamin C memainkan peran dalam memerangi stres karena antioksidan yang melawan radikal bebas yang bisa dilepaskan ketika Anda sedang stres. Radikal bebas telah terbukti menyebabkan kanker.

5.  Kacang almond

Jika anda mencari cemilan sehat dan bermanfaat bisa memilih kacang almond. Sebuah sumber yang baik dari vitamin B2 dan E, serta magnesium dan seng, almond yang tinggi lemak, tapi sebagian besar lemak yang tak jenuh. Kandungan dari  vitamin C, vitamin E telah terbukti untuk melawan radikal bebas yang berhubungan dengan stres, dan khususnya, mereka radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung.

6.  Cakalang

Sebuah pilihan makan siang yaitu ikan tuna yang memiliki tinggi vitamin pelawan stres B6 dan B12. Tuna juga merupakan sumber protein rendah lemak yang baik. Hindari mancampurkan tuna dengan mayones sehingga mengurangi manfaat untuk kesehatan anda.

7.  Sereal Beras

Meskipun mereka tidak rendah gula tetapi sereal beras diperkaya dengan vitamin B dan asam folat untuk membantu mengurangi stres. Anda dapat mencampurkan sereal beras dalam konsumsi sehari- hari dengan susu baik ketika sarapan ataupun anda bisa memilih cemilan yang baik dari sereal beras.

Loading...

Follow us