6 Hal yang Harus Disiapkan Ketika Akan Cuti Hamil

5/5 (1)

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda siapkan ketika akan mengambil cuti hamil :

1.    Memberi tahu atasan mengenai kehamilan anda

Anda dapat memberitahu atasan anda mengenai kehamilan anda pada trimester awal kehamilan, hal ini bertujuan untuk mendapat kebijakan perusahaan sehingga anda bisa menjaga kesehatan anda dan janin. Anda juga dapat meninjau kembali cuti hamil dan asuransi jiwa yang diberikan perusahaan untuk persiapan kehamilan anda. Hal terpenting adalah yakinkan atasan anda bahwa anda akan tetap mempertahankan pekerjaan anda selesai mengambil cuti.

2.    Diskusikan dengan atasan mengenai pengganti selama cuti

Memasuki usia kehamilan tujuh bulan sebaiknya anda membagi beberapa tugas pekerjaan yang menjadi priorotas utama atau ringan yang harus segera diselesaikan. Anda dapat menuliskan rencana kerja dalam melakukakan tugas kantor. Anda dapat meninjau kembali tanggal tanggal yang penting untuk kelangsungan pekerjaan dan tidak akan terhambat selama anda cuti. Sebaiknya anda mendiskusikan dengan atasan anda untuk mendapatkan karyawati pengganti selama anda cuti, anda dapat mengajarkan beberapa tugas kepada karyawati tersebut.

3.    Delegasikan tugas-tugas

Anda dapat mendelegasikan beberapa tugas pada rekan kerja anda atau karyawan pengganti anda, seperti beberapa password, file penting, kode brankas atau beberapa nomber penting yang harus diketahui oleh rekan atau pengganti anda.

4.    Pisahkan beberapa barang pribadi anda

Apabila telah mendekati waktu cuti anda, maka anda dapat memisahkan beberapa barang pribadi yang ada di meja kantor anda. Salah satunya adalah barang pribadi yang berharga yang harus anda bawa pulang terlebih dahulu sebelum anda bekerja lagi (setelah cuti). Dua minggu sebelum kelahiran, apabila memungkinkan untuk melakukan komunikasi dengan rekan kerja anda di kantor, anda sesekali dapat mengecek email yang masuk.

5.    Persiapkan bantuan dari keluarga anda

Hal yang harus anda pertimbangkan selanjutnya ketika masa cuti adalah pertimbangan tempat penitipan bayi setelah masa cuti anda selesai. Anda dapat mempersiapkan bantuan dari anggota keluarga besar atau orang lain seperti bantuan baby sitter, sehingga bayi anda akan mudah beradaptasi dengan mereka ketika masa cuti anda berakhir.

6.    Ucapan terima kasih pada rekan dan atasan kantor anda

Pastikan persiapan cuti anda telah selesai anda lakukan sebelum tiga minggu kelahiran, sehingga anda dapat dapat mengecek kembali peta kerja rekan pengganti anda dan siapkan rencana komunikasi untuk memberitahu rekan kerja anda mengenai kelahiran anda, aktifkan auto reply di email anda dalam memberikan tanggal cuti, alamat dan nomber telepon pengganti anda. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kelahiran yang lebih cepat dari prediksi bidan atau dokter kandungan anda.

Itulah beberapa tahapan yang dapat membantu anda sebelum melakukan cuti hamil, dengan demikian anda dapat terfokus pada persiapan persalinan yang optimal.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel