data-ad-format="auto"

5 Tips Mengenalkan Finger Food Untuk Bayi

Pada saat bayi berusia 9 bulan, kebanyakan bayi telah mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, gerakan yang tepat diperlukan untuk mengambil potongan-potongan makanan kecil dalam usahanya makan sendiri. Beberapa keterampilannya dalam memegang makanan akan berlangsung secara perlahan. Sebaiknya anda membiarkan usahanya sendiri agar terbiasa untuk memegang makanan tersebut.

Dalam menunjang keterampilan anak anda untuk makan sendiri, anda dapat memberikan finger food. Sebenarnya finger food tidak asing lagi, yaitu makanan bayi yang dapat dipegang oleh bayi secara mandiri sehingga mampu melatih kemampuan makan sendiri. Meskipun pada tahap awal, bayi anda akan mengalami kesulitan dalam menghabiskan porsi makannya. Sehingga anda dapat memakluminya sebagai proses belajar self regulation.

Dalam memberikan finger food pada bayi, anda dapat memilih beberapa jenis makanan yang kecil seukuran jari tangan sehingga memudahkan bayi anda dalam memakannya tanpa bantuan orang lain.Meskipun finger food tidak dapat menjadi penentu asupan gizi yagn baik akan tetapi fungsi utama dari finger food sendiri antara lain untuk memberikan gizi tambahan. Oleh karena itu sebaiknya anda jeli dalam memberikan finger food pada bayi. ( Artikel menarik lainnya: Nama Bayi Laki-Laki )

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih finger food yang sehat untuk bayi :

1.    Ajak anak anda mengenali pola makan keluarga

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Anda dapat mengajak bayi anda untuk duduk bersama di meja makan kemudian mengenalkan beberapa makanan yang dapat digenggamnya dengan mudah. Salah satu finger food yang sehat yaitu buah-buahan yang dipotong kecil, sesuaikan dengan usia bayi anda. Perkenalkan dari mulai tekstur lembek ke tekstrur yang keras. Selain itu untuk menambah daya tarik pada bayi, anda dapat meletakan diatas piring makan bayi yang lucu.

2.    Berikan makanan yang mudah lumer di mulut

Meskipun finger food sangat disarankan untuk bayi akan tetapi sebaiknya anda memilih beberapa makanan yang lumer (meleleh ) pada mulut bayi. Untuk beberapa jenis sayuran yang diberikan pada bayi, pilih sayuran dengan kematangan memasak yang lembek dan tidak menyulitkan bayi ketika mengunyahnya. (Artikel lainnya: Makanan bayi 6 bulan)

3.    Potongan makanan disesuaikan dengan tekstur makanan

Sebaiknya ketika menyajikan finger food pada bayi disajikan sesuai dengan tekstur, maksudnya adalah potongan yang disajikan untuk bayi dipotong kecil-kecil hingga ukurannya bervariasi sesuai dengan tekstur makanan. Misalnya sepotog apel, harus lebih kecil dari sepotong semangka, akan mudah untuk menghancurkannya.

4.    Hindari finger food yang membuat bayi tersedak

Tidak saja dari jenis finger food yang menyehatkan yang dapat menjadi pilihan orang tua kepada anaknya akan tetapi finger food yang diberikan harus memberikan kenyamanan dan tidak membuat bayi anda tersedak. Hindari memberikan potongan sayuran mentah atau buah-buahan keras, kismis dan buah kering lainnya, kacang tanah, kacang-kacangan, dan biji-bijian, selai kacang dan lain kacang atau biji mentega, potongan keju atau daging, permen keras, permen karet, popcorn, keripik jagung, dan makanan ringan lainnya.

5.    Jangan membiasakan memberikan permen

Jangan terburu-buru memaksakan porsi makanan habis semua, mungkin dalam beberapa kali bayi anda akan membiarkan makanan tersebut atau juga hanya memainkannya saja, peranan anda sebagai orang tua adalah mengarahkan agar bayi anda mengetahui cara makan sendiri. Apabila bayi anda menolak, jangan sesekali memilih finger food yang tidak sehat, salah satu contohnya yang mengandung gula tinggi seperti permen atau coklat. 

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us