data-ad-format="auto"

4 Tips Agar Tetap Bugar Meski Sering Kerja Lembur

Sebagian besar para pekerja pasti pernah mengalami lembur atau kerja diluar jam kerja hingga larut malam. Kerja lembur memang sealu diidentikan dengan jam kerja yang melelahkan, disiksa dengan rasa kantuk dan disertai dengan gaya hidup yang tidak sehat sebab biasanya orang yang melakukan kerja lembur seringkali bertemankan dengan kopi hitam atau jenis minuman lain yang mampu mengatasi rasa kantuknya.

Jika anda mulai merasakan hal-hal seperti tubuh yang terasa lelah, otot-otot yang terasa begitu kaku dan tegang, pusing yang terasa begitu menyiksa sampai mengalami kesulitan tidur, hal ini mungkin saja dipicu akibat anda sering kerja lembur dan tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Nah, cobalah beberapa tips dibawah ini untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar meski sering menjalani lembur kerja.

1.    Perhatikan Masalah Cemilan

Mengemil atau menikmati makanan ringan seringkali menjadi pilihan orang lembut untuk menjaga semangatanya agar tidak mudah mengantuk. Hanya saja, tak jarang cemilanyang dipilih untuk menemani aktivitas lemburnya adalah camilan dengan jenis tidak sehat yang mampu meningkatkan resiko obesitas. Untuk menjaga semangat agar tetap terjada dan membuat rasa antuk agar tidak sering muncul selama kerja lembut, maka gantilah cemilan anda dengan makanan yang lebih sehat. Cemilan bukan berarti selalu makanan ringan yang berbumbu, buah dan sayurpun bisa anda jadikan sebagai cemilan sehat. Jika anda kurang menyukai menyantap buah dan sayur secara langsung, maka anda bisa mengkombinasikan makanan ini dengan dikemas menjadi jus atau salad yang nikmat.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2.    Hindari Rokok

Lembur hingga larut malam yang disertai dengan rasa kantuk yang begitu menyiksa, seringkali diatasi dengan merokok. Banyak orang beranggapan merokok dapat membuat semangat kerja anda menjadi tersulit dan lebih bergairah. Namun benarkah demikian? Mungkin tak jauh berbeda dengan kafein, merokok mmeang membaut anda dapat terjaga lebih lama, hanya saja kandungan nikotin dalam rokok dapat meningkatkan resiko stress dan juga memperburuk kesehatan. Untuk itu, sebaiknya hindari merokok saat melakukan kerja lembur.

3.    Jaga Pola Makan Sehat

Lembur kerap kali membuat kita menunda makan malam yang akhirnya jam makan malam kita tunda hingga larut malam. Namun, tahukah anda jika terus menerus melakukan kebiasaan buruk ini, maka beberapa ancaman kesehatan mungkin telah menunggu anda, diantaranya seperti resiko obesitas atau kenaikan berat badan dan membuat kulaitas tidur menjadi berkurang. Untuk itu sbaiknya, makanlah ketika jam makan tiba dengan mengkonsumi makanan sehat yang membuat energi anda bertambah, sehingga anda siap untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

4.    Konsumsi Vitamin

Untuk anda yang tidak sempat membawa bekal makanan sehat seperti buah atau sumber vitamin alami lainnya ke kantor, anda dapat selalu menyiapkan vitamin dalam bentuk pil vitamin C dan berbagai macam vitami B. Hanya saja, konsumsi vitamin dan obat-obatan seperti ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter, agar dosis dan jenis vitamin bisa disesuaikan dengan kemampuan tubuh dalma mengolah obat-obatan dan vitamin tersebut menjadi energi.

Itulah dia beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar meski sering kerja lembur.

Loading...

Follow us