Waspada Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker kedua yang ditakuti oleh wanita setelah kanker serviks. Kanker payudara terjadi pada lapisan saluran susu yang menyediakan ketersediaan susu. Kanker payudara adalah tumor ganas yang memungkinkan berkembang ke bagian tubuh lainnya. Kanker payudara dapat dikategorikan karsinoma lobular yaitu yang dimuali dari lobules sedangkan yang berkembanng berkembang dari saluran lain dinamakan karsinoma duktal.

Kanker payudara adalah kanker invasif yang paling umum pada wanita di seluruh dunia. Pada wanita 16% dari semua kanker wanita dan 22,9% dari kanker invasif pada wanita. Kanker payudara dapat menyerang perempuan dan laki-laki yang berkisar 18%. Pada negara maju tingkat kanker payudara jauh lebih tinggi. Hal ini karena adanya harapan hidup yang rendah dan juga gaya hidup . Bahkan WHO mencatat bahwa kanker payudara merupakan penyakit dalam kategori international classification of disease. Kanker payudara banyak menyerang usia 40-49 yaitu sebesar 30,35%.

Jenis Kanker Payudara

Ada beberapa jenis kanker payudara yang dapat berkembang. Kanker payudara sering dibagi ke dalam jenis non-invasif dan invasif :

1.  Menderita kanker payudara non-invasif

Kanker payudara non-invasif juga dikenal sebagai kanker atau karsinoma in situ. Kanker ini ditemukan di dalam saluran payudara dan belum mengembangkan kemampuan untuk menyebar di luar payudara. Bentuk kanker memang tidak selamanya adanya bejolan yang dapat dideteksi oleh anda pada payudara karena diantaranya adalah ditemukan mamogram .Jenis yang umum dari kanker non-invasif adalah  karsinoma duktal in situ (DCIS). Adapula jenis lainnya dari kanker payudara tipe non invasif yaitu Labular Karsinoma In Situ (LCIS) yang akan memicu timbulnya resiko kanker invasif.

2.  Kanker payudara invasif

Kanker yang umum adalah IDC yaitu Infiltrating Duktal Karsinoma (IDC) yang akan menyebar ke sistem getah bening dan dalam 10 kasus yang ditemukan 8 diantaranya menderita jenis ini .Kanker invasif memiliki kemampuan untuk menyebar di luar payudara, meskipun hal ini tidak berarti itu tentu telah menyebar. Bentuk yang paling umum dari kanker payudara adalah kanker payudara duktal invasif, yang berkembang pada sel yang melapisi saluran payudara. Invasif duktal rekening kanker payudara sekitar 80% dari semua kasus kanker payudara dan kadang-kadang disebut tidak ada jenis khusus.

Jenis lain dari kanker payudara

Adapula jenis kanker payudara termasuk kanker payudara lobular invasive yang berkembang pada sel yang melapisi lobulus yang memproduksi sus. Hal ini dimungkinkan untuk kanker payudara menyebar ke bagian lain dari tubuh, biasanya melalui kelenjar getah bening (kelenjar kecil yang saringan bakteri dari tubuh) atau aliran darah. Jenis  ini dikenal sebagai kanker payudara sekunder atau metastasis.

Apa saja tanda dan gejala kanker payudara ?

Gejala awal biasanya diawali dengan adanya di suatu area payudara menebal atau benjolan, selain itu benjolan akan sakit jika disentuh. Selain adanya benjolan anda juga akan merasa terganggu dengan rasa sakit yang menyerang anda akan tetapi sakit ini bukan pada gejala PMS atau berada di luar menstruasi. Terdapat perubahan pada bentuk dan warna sampai warna kemerahan pada payudara anda. Pada kasus yang parah puting anda akan mengeluarkan darah.

Selain itu anda juga mengunakan bantuan medis untuk  mengetahui apakah benjolan yang terdapat pada payudara anda memicu kanker payudara sehingga dapat membantu anda mengatasi ketakutan dan mendapatkan penanganan medis segera. Untuk anda yang memang mempunyai faktor resiko, anda tidak perlu ketakutan karena tidak semua yang mempunyai faktor resiko akan terserang penyakit kanker payudara. Menjaga pola kehidupan sehat merupakan salah satu cara untuk anda mencegah secara dini.

Follow us