Tips Pemulihan di Rumah, Pasca Operasi Kanker Payudara

Ada beberapa alternatif untuk anda yang ingin melakukan pengobatan untuk kanker payudara. Diantaranya adalah pengobatan melalui medis yaitu radical mastectomy atau lumpectomy yaitu operasi yang diperuntukan mengangkat jaringan yang terdapat sel-sel kanker saja. Operasi ini selalu diikuti oleh pemberian radioterapi. Meskipun menurut Monica Morrow,MD pada Departement of Surgery at Memorial Sloan-Kettering Cancer Center di New York City yang dikutip dari situs health.com menyatakan bahwa  wanita yang telah melakukan operasi lumpectomy sebagian besar siap untuk melakukan aktivitas seperti biasanya, pemulihan akan berangsur membaik dalam jangka waktu lima hari setelah operasi. Setelah operasi selesai dokter akan memberikan pengobatan pasca operasi melalui penanganan lebih lanjut seperti radioterapi atau kemoterapi. Selain itu juga dokter akan memberikan waktu dimana anda harus melakukan konsultasi.

Adapun untuk anda yang telah melakukan operasi maka  di rumah dapat melakukan kegiatan untuk memulihkan secara maksimala pasca operasi payudara, seperti di bawah ini :

1. Merawat perban pasca operasi

Setelah anda diberikan waktu istirahat di rumah oleh dokter, maka sebelum anda melakukan kesalahan yang fatal dalam penanganan perban yang masih ada pasca operasi. Kami sarankan anda berkonsultasi terlebih dahulu mengenai cara merawat perban yang masih terdapat pada tubuh anda  pasca operasi payudara. Hal ini untuk membuat anda berhati-hati untuk mewaspadai  gerakan tubuh yang justru berakibat memperparah keadaan pasca operasi.

2. Obat-obatan


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Setelah melakukan operasi, umumnya anda akan diberikan obat-obatan untuk membantu mempercepat pemulihan. Tidak terkecuali obat untuk mengontrol rasa sakit. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter sebelum memutuskan perawatan di rumah dengan menanyakan kegunaan obat-obatan tersebut.

3. Merawat surgical drain (drain )

Terkadang dokter masih memasang drain hingga 1-2 minggu pasca operasi.Akan tetapi untuk anda yang memang menerima penangana seperti ini, anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apa dapat drain dapat dikosongkan sebelum anda memutuskan untuk pulang. Umumnya memang akan terpasang dan jikapun masih terpasang dokter akan memberikan petunjuk kepada anda atau keluarga anda, cara untuk menggosongkan tabung drain tersebut.

4. Olahraga ringan

Setelah operasi memang tidak disarankan untuk anda melakukan olahraga yang berat karena biasanya bekas luka operasi membutuhkan waktu untuk kembali normal. Oleh karena itu anda dapat melakukan latihan-latihan peregangan beberapa kali setiap hari, mulai hari setelah operasi.

5. Istirahat cukup dan makan seimbang

Kondisi setelah operasi memang sangat rentan. Selain anda memang mendapatkan tekanan psikis ketakutan kanker payudara kembali menghantui anda. Oleh karena itu anda dapat membantu pemulihan dengan istirahat yang cukup dan makan-makanan yang seimbang. Umumnya mereka yang cepat pulih kondisi operasi yaitu dengan mengkonsumi obat dokter dan juga bantuan dari tanaman berkhasit yang membantu meminimalisir sel-sel  kanker payudara.

Adapun untuk anda yang melakukan perawatan di rumah pasca operasi kanker payudara, anda harus tetap memperhatikan keadaan tubuh, terutama bagian tubuh pasca operasi. Jika anda mengalami hal-hal di bawah ini segera konsultasikan kepada dokter anda :

1.  Bengkak di lengan atau tangan, dekat sayatan, atau di bawah lengan Anda (sejumlah kecil pembengkakan adalah normal selama sekitar satu bulan setelah operasi. Kadang-kadang, mengangkat lengan Anda pada bantal akan mengurangi beberapa pembengkakan.)

2.  Demam lebih dari 100,4 derajat Fahrenheit

3.  Peningkatan drainase dari sayatan

4.  Peningkatan nyeri tidak dikendalikan oleh obat nyeri Anda

5.  Masalah fisik lainnya seperti nyeri, kehilangan nafsu makan atau berat, perubahan periode menstruasi, atau penglihatan kabur, pusing juga laporan, batuk atau suara serak, sakit kepala, atau masalah pencernaan yang tampaknya tidak biasa atau yang tidak hilang dalam 2-3 hari.

Info Menarik
loading...
loading...

Follow us