Tips Memiliki Hewan Peliharaan Sesuai Usia Anak

Kehadiran hewan peliharaan ditengah-tengah keluarga tentu akan membawa nuansa yang tersendiri yang lebih berbeda. Terutama untuk anak-anak, diusianya yang masih begitu kecil, memiliki hewan peliharaan seolah menjadi teman tersendiri untuk anak. Anak-anak diusia ini cenderung begitu senang bermain dengan hewan peliharaan.

Selain itu, sebuah studi menjelaskan bahwa memiliki hewan peliharaan dirumah dapat mengajarkan anak rasa tanggung jawab. Anak-anak dengan hewan peliharaan umumnya tumbuh dengan rasa tanggung jawab dan kasih sayang untuk orang lain di masa dewasanya. Sebab, umumnya hewan membutuhkan kasih sayang dan perhatian setiap waktu. Mereka bergantung pada manusia untuk makan, diajak bermain dan lain sebagainya. Anak yang aktif dalam membesarkan hewan peliharaannya dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih berempati serta kasih sayang yang begitu besar terhadap sesama.

Namun dibalik itu semua, hendaknya akan lebih bijak jika sebelum memutuskan memilih hewan peliharaan dipertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal agar tidak terjadi kerugian terhadap hewan yang dipelihara maupun anggota keluarga anda. Apalagi jika si buah hati masih begitu kecil, jangan sampai ide memiliki hewan peliharaan bisa membahayakan si kecil ataupun hewan peliharaan yang anda miliki.

Nah, berikut ini ada beberapa tips memiliki hewan peliharaan sesuai dengan usia anak.

Bayi

Pada usia bayi, umumnya mereka belum memiliki kemampuan untuk memegang dan berhati-hati pada hewan peliharaan. Jadi apabila anda memiliki hewan peliharaan saat anak anda baru saja lahir, maka berhati-hatilah jangan samapi si buah hati tercinta dilukai oleh hewan peliharaan.

Balita

Pada usia ini, si kecil sedang aktif-aktifnya bergerak. Rasa ingin tahu dan gemas terhadap benda asing termasuk hewan peliharaan mungkin sedang begitu menggebunya. Jadi demikian, jangan sampai pula si kecil memegang tempat makan hewan peliharaan kesayangan. Bahkan jika hewan yang anda peliharaan adalah ikan dalam akuarium, ada baiknya jauhkan jangakauan si kecil dari tempat-tempat tersebut.

Anak Diatas Usia 3-5 Tahun

Pada usia 3 sampai 5 tahun, anak-anak mulai belajar berkomunikasi dan mulai memiliki sikap empati. Jadi ketika anda memiliki hewan peliharaan saat usia anak sudah menginjak 3 sampai 5 tahun anda bisa mengajari si kecil untuk memelihara binatang dan memberi makan hewan peliharaan. Si kecil tentunya akan menyenangi kegiatan yang satu ini, jadi jangan sungkan melibatkan si kecil dalam kegiatan ini.

Usia Di atas 5 Tahun

Nah, memasuki usia anak diatas 5 tahun ke atas, anak sudah mulai menunjukan ketidak konsistenannya. Mereka akan mulai menyukai memelihara berbagai binatang hewan peliharaan seperti marmut, ikan kecil hingga denga kelinci. Selain itu, diusia ini anak akan mulai tertarik membersihkan kandang, mengaliri air dan memberi makan hewan peliharaan. Hanya saja pastikan jika ibu selalu mengawasinya dan mencuci tangan anak agar tetap higienis.

Nah, jadi tidak terlalu sulit bukan menentukan kapan buah hati kita boleh memelihara binatang peliharaan? Hanya saja poin penting yang harus diberikan pada sikecil adalah pemahaman bahwa memiliki hewan peliharaan memerlukan tanggung jawab yang besar.

Follow us