data-ad-format="auto"

Si Kecil Selalu Histeris Saat Potong Rambut? Berikut Tips Mengatasinya

Melihat balita yang lucu dan menggemaskan tentu menjadi sebuah pemandangan yang menyenangkan dan didambakan oleh siapa saja. Potongan rambut yang sesuai dengan paras balita, tentunya menjadi salah satu hal yang mendukung penampilan mereka. Namun bagaimana bila ternyata si kecil seringkali histeris setiap kali akan potong rambut? Jangankan demikian, baru diajak ke salon saja mereka bisa tiba-tiba rewel dan tak terkendali. Nah, jika sudah begini bagaimana bunda mengatasinya?

Sebagaimana diungkapkan oleh seorang psikologis anak yang menyatakan bahwa anak yang telah menginjak usia 14 bulan ke atas cenderung akan lebih histeris ketika anda mencoba memotong rambut mereka. Mereka akan merasa ketakutan ketika melihat gunting atau alat pemotong berbunyi yang begitu berkilauan. Selain itu, anakpun bisa menjadi trauma pada saat melihat anak lain yang menangis karena sedikit bagian telinganya terkena mesin pangkasan atau pemotong rambut. Mereka beranggapan mesin tersbut akan melukai mereka dan merusak kepalanya, jadi tidak heran jika si kecil akan meronta-ronta setiap kali bunda membawanya untuk potong rambut. Memang tidak baik memaksa si kecil melakukan hal yang tidak disukainya seperti memotong rambut. Namun adakalanya demi kebaikan sang buah hati, bunda perlu mengupayakan segala hal agar ia senantiasa terlihat rapih.

Nah, berikut ini kita akan simak bagaimana cara mengatasi anak yang sering histeris setiap kali akan memotong rambut.

1. Ajaklah Si Kecil Mengunjungi Salon

Pada umumnya hal yang seringkali membuat si kecil histeris ketika hendak memotong rambut adalah ketakutan hal ini akan membahayakan mereka. Untuk itu, tidak ada salahnya memberikan pemahaman kepada si kecil dan mengajaknya ke salon untuk sekedar mengetahui apa yang terjadi disana dan biarkan si kecil melihat bahwa ada banyak anak seusianya yang tidak takut memotong rambut. Selain itu, berikan pula pengertian bahwa dengan memotong rambut, rambutnya akan kembali tumbuh menjadi lebih bagus.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

2. Pilihlah Salon yang Sepi

Ketika anda memutuskan untuk memotong rambut anak, sebaiknya pilihlah salon yang sedang sepi. Sebab semakin ramai keadaan di sekitar si kecil akan membuat rasa paniknya semakin merajalela yang pada akhirnya membuat ia menolak dipotong rambutnya. Untuk itu, sebaiknya datanglah ke salon lebih awal dari jadwal anak agar anda bisa memastikan salon tersebut tidak terlalu ramai.

3. Buat Anak Merasa Nyaman

Ritual memotong rambut bisa saja menjadi hal yang mendebarkan dan membuat anak begitu panik. Untuk itu, penting seklai memberikan kenyamanan pada anak sebelum memotong rambut. Seperti memberikan ice cream, coklat atau menghibur anak dengan menceritakan kisah yang lucu.

4. Mendampingi Anak

Ketika tiba giliran anak dipotong rambutnya, usahakan agar anda selalu ada disamping anak. Hal ini sedikitnya akan memberikan ketenangan pada anak dan membuat anak merasa terlindungi. Selagi mendampingi agar emosi anak tetap tenang anda bisa mengajak mereka mengobrol atau menanyakan kegiatan hariannya.

Demikian beberapa tips agar anak mau dipotong rambut. Mengetahui cara mensiasati agar anak mau potong rambut akan membantu meringankan tugas ibu dalam merawat anak khususnya masalah rambutnya.

Loading...

Follow us