Saat Si Kecil Mulai Merangkak dan Segala Perkembangan Menakjubkan di Usia 8 Bulan

Bagi seorang ibu setiap tahapan tumbuh kembang sang anak, termasuk perkembangan di usia 8 bulan merupakan hal yang tentu tidak ingin dilewatkan begitu saja. Tahukah ibu bahwa usia 8 bulan, seorang bayi akan mengalami begitu bayak perkebangan yang luar biasa yang tidak sebaiknya kita lewatkan.

Pertumbuhan dan perkembangan seorang anak dalam hidupnya adalah periode yang amat sangat penting untuk orangtua selalu memberikan pengawasan dan perhatiannya. Dengan lebih banyak meluangkan waktu bersama dengan si kecil pada periode-periode usia seperti ini, maka orangtua akan secara tidak langsung mampu membangun hubungan emosional dengan sang buah hati dan juga ibu akan mampu mengamati bila terjadi masalah kesehatan yang berhubungan dengan tumbuh kembangnya.

Selain itu, periode pertumbuhan dan perkembangan pada si kecil di usia 8 bulan ini masih menjadi perkembangan yang cukup menarik untuk diikuti. Pada perkembangan ini, orangtua akan banyak dikejutkan dan dibuat kagum dengan perkembangan yang progres yang dicapai oleh si buah hatinya sebagi bentuk tumbuh kembangnya yang baik.

Akan tetapi, satu hal yang harus dipahami oleh setiap orangtua dalam hal mengikuti perkembangan buah hati adalah tidak semua bayi mengalami perkembangan masal yang serupa. Artinya, bayi lain mungkin mengalami perkembangan yang berbeda dengan bayi anda, bisa saja bayi anda lebih cepat berkembang dibandingkan dengan bayi lain ataupun sebaliknya. Hal ini adalah hal yang wajar sebab setiap tumbuh kembang masing-masing bayi berbeda. Namun tetap menjadi periode menarik untuk diperhatikan dengan seksama.

Tak terasa ya bunda, rasanya seperti baru kemarin bunda dan suami saling menguatkan dan memberikan doa agar proses kelahiran yang bunda jalani bisa berjalan dengan lancar. Seperti baru kemarin pula, bunda berjuang dengan sekuat tenaga dengan rasa sakit dan lelah sewaktu mengejan. Namun rupanya, tak terasa kini si buah hati tercinta telah tumbuh menjadi seorang malaikat kecil periang yang selalu bunda cintai.

Tahapan usia 8 bulan pada si buah hati menjadi yang pesat. Jika pada usia sebelumnya, si kecil belum mampu melakukan interaksi berarti dengan lingkungannya. Saat ini anda mungkin akan dikejutkan dengan berbagai hal baru yang baru saja dikuasainya.

Nah, dari serangkaian tahapan ini, penting sekali untuk selalu memberikan pengawasan dan perhatian anda agar eksplorasinya tidak sampai membahayakan tubuhnya yang mungil. Pada usia ini, anda mungkin akan sedikit dibuat kerepotan karena si kecil sudah mulai hilir mudik kesana-kemari memperlancar gerakan merangkaknya yang sudah semakin lihai.

Lantas seperti apa sih perkembangan lain yang sayang untuk dilewatkan dari usia 8 bulan ini? Nah, di artikel ini kita akan bahas lebih dalam seperti apa saja menakjubkannya perkembangan yang mungkin terjadi pada bayi berusia 8 bulan? Simak dibawah ini.


Mengenali Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan dengan Baik

Tumbuh kembang seorang anak pada dasarnya bervariasi meskpun terjadi dalam kisaran waktu yang sama. Dengan demikian, seperti yang telah dijelaskan diatas anda tidak bisa berharap atau menyamakan  tumbuh kembang bayi anda dengan bayi teman anda bisa beriringan bersama-sama.

Perlu dipahami, tumbuh kembang yang terjadi pada seorang anak diperngaruhi oleh berbagai hal selain kesehatan si anak itu sendiri, asupan nutrisi yang baik dan juga stimulus atau rangsangan yang diberikan oleh orangtua yang tepat pun akan ikut mendukung berjalanya tumbuh kembang yang baik pada si buah hati.

Untuk itulah, penting sekali untuk orangtua memahami tahapan perkembangan ini guna tepat dalam memberikan rangsangan yang akan membantu proses tumbuh-kembang sang anak agar berjalan dengan baik.

Kemampuan Motorik

Bayi berusia 8 bulan akan mulai dapat bergerak dan merangkak ke depan atau ke belakang, atau menggerakan bokongnya. Pada tahapan awal, bayi anda akan mungkin lebih dulu dapat merayap dengan menggerakan tangan dan menarik tubuhnya dengan perlahan, baru bisa menggunakan lututnya. Semua gerakan ini berperan menguatkan otot-ototnya sebagai fondasi untuknya bisa berjalan. Selain itu, kemampuan lain yang mulai dapa dikuasai bayi berusia ini, diantaranya adalah:

  • Belajar Merangkak, Duduk dan Berdiri

Umumnya pada usia 6 bulan seorang bayi sudah mampu duduk sendiri dan kemampuan ini suah mulai membaik saat si buah hati menginjak usia 8 bulan. Bayi berusia 8 bulan biasanya sudah mampu untuk dapat duduk tanpa harus berpegangan lagi pada orangtua, orang-orang sekitar atau benda lainnya.

Bahkan pada usianya saat ini, si kecil sudah mulai dapat belajar untuk merangkak bila anda meninggalkan mereka duduk dilantai ataupun di kasur. Selain belajar mengusai kemampuan untuk merangkak, perkembangan bayi berusia 8 bulan yang juga patut dinilai adalah keinginannya untuk dapat belajar sendiri. Tak heran bila pada saat anda meminta mereka untuk melakukan kegiatan yang baru mereka kuasai mereka akan cenderung mengabaikannya.

Hal ini pun sudah bisa dilakukan oleh si kecil seorang diri. Coba saja perhatikan,  anak-anak bayi yang masih berusia 8-9 bulan, mereka akan cenderung memegang benda disekitarnya pada saat mereka hendak berdiri.

Nah, untuk merangsang atau memberikan stimulasi agar si kecil dapat mengasah kemampuannya dengan baik, maka ibu dapat menempatkan si kecil dekat dengan sofa atau kursi sehingga ketika si kecil mencoba untuk beridiri maka akan lebih mudah untuknya berpegang pada peralatan disekitarnya.

Dalam hal ini, pengawasan yang diberikan oleh orangtua adalah hal yang penting guna memastikan keselamatan si buah hati. Selain itu, jangan biarkan si buah hati seorang diri dalam ruangan yang terbuka sebab akan berdampak bahaya untuknya.


  • Menggenggam

Perkembangan pada bayi usia 8 bulan lainnya yang juga penting untuk diperhatikan selain kemampuan merangkak, duduk dan berdirinya, juga kini ia sudah mulai dapat menggenggam benda yang ada disekitarnya.

Pada usia ini seorang bayi akan mulai mampu meraih benda dengan baik sesuai denga keinginannya atau hal yang diberikan oleh orang lain dengan menggunakan kedua tangannya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika ibu memberikan sesuatu untuk diraihnya.

Pada masa inilah, kedua tangan si kecil akan bekerja dengan aktif. Selain berusaha meraih sesuatu, si kecil pun akan berusaha menggenggam apapun yang diterimanya. Bukan hanya itu, si kecilpun akan cenderung mahir dalam meremas makanan atau bahan lunak yang anda tempatkan dalam genggamannya yang mungil.

Mengingat kemampuan dalam menggenggamnya sudah semakin mahir, maka tidak ada salahnya bila ibu mulai memberikan kesempatan si kecil untuk makan sendiri. Atau menerapkan metode baby led weaning (BLW), yakni sebuah metode dimana ibu memberikan kebabasan anak untuk memilih dan menyantap sendiri makanannya.

Bila perlu belikan sepaket kursi dan meja mungil untuk si kecil agar ia lebih leluasa dalam menyantap makanannya. Anda hanya perlu memberikan semangkuk atau sepiring makanan dan menyimpannya diatas meja tepat dihadapan si kecil dan membiarkan mereka menyantap sendiri makanannya. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengajarkan mereka bagaimana caranya makan dan memasukkan makanan pada mulutnya.

  • Mulai Senang Memasukkan Jari-Jarinya Pada Lubang dan Sela-Sela

Bayi pada usia ini akan mulai senang memasukkan jari-jari mungilnya pada lubang-lubang kecil atau sela-sela mainan yang dimainkannya. Seperti misalkan memasukkan mainan pada lubang kunci atau bahkan pada mulut dan hidungnya.

Dalam hal ini pengawasan dan perhatian orangtua akan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan agar jangan sampai jari-jarinya terluka saat ia memainkan permainannya. Selain itu, awasi pula saat si kecil bermain dengan peralatan bermainnya, maka pastikan bila jari-jarinya tidak dimasukkan kemulut atau hidungnya dengan sembarangan. Sebab hal ini akan membuat kuman dan bakteri semakin mudah masuk kedalam tubuhnya.

  • Mulai Belajar Berjalan

Selain kemampuan duduk, merangkak dan berdiri yang telah disebutkan diatas sebagian bayi lain mungkin sudah mulai merancang langkah pertama untuknya agar dapat berjalan. Meski kemampuan ini masih terlalu dini, namun sebagian bayi lain sudah masuk dalam tahapan yang satu ini.

Nah, untuk memberikan stimulasi yang baik bagi bayi anda agar mampu berjalan. Maka tidak ada salahnya jika anda mulai memegang kedua tangannya saat si kecil berdiri agar memudahkan ia untuk bisa mengatur langkah pertamanya.

Selain itu, awasi pula bisa disekitar si kecil terdapat benda tajam atau menyakitkan yang akan memungkinkan tubuhnya menghantam peralatan tersebut sewaktu ia terjatuh saat mencoba berjalan. Pada intinya adalah ketika anda mengajarkan si kecil berjalan usahakan area yang digunakan bebas dari peralatan lainnya, termasuk ujung karpet yang sering menggulung karena bagian ini bisa membahayakan si kecil untuk mudah terjatuh.

Meskipun bayi anda sudah mampu berjalan, namun usia ini belum membuatnya membutuhkan sepatu. Banyak dokter anak yang menyebutkan bahwa berjalan dengan kaki telanjang akan dapat memperkuat otot-otot kakinya. Tekstur lantai yang dijejakinya juga dapat membantu bayi untuk menjaga keseimbangannya dengan baik.


Kemampuan Bicara

Bayi berusia 8 bulan sudah mulai mampu merespon kata-kata yang sering didengarnya. Pada usia ini, ia pun sudah mulai mampu dapat mengucapkan sebuah kata dengan benar yang ditujukannya untuk menyebut seseorang atau sesuatu yang ia inginkan, seperti misalkan 'mama' atau 'papa'

Dengan demikian, tidak heran bila mungkin anda akan sering mendengar si kecil sudah mampu menyebutkan bahasa-bahasa aneh seperti 'nananana' atau 'papapa' dan lain sebagainya. Selain karena mereka mendengarkan apa yang anda ucapkan, pada usia ini si kecil pun biasanya akan mengeluarkan kata-kata yang berulang tanpa arti yang bermakna.

Untuk itu, sebaiknya guna membantu memerikan stimulasi pada si kecil maka teruslah banyak bercerita tentang banyak hal seperti aktivitas anda sehari-hari, tentang ayahnya atau mungkin dengan membacakan dongeng untukya. Bila si kecil tertarik, maka anda akan bisa melihat ia menjadi lebih tenang seolah memperhatikan pada saat anda membacakan dongeng, meski demikian adapula sebagian anak yang acuh sewaktu dibacakan cerita atau dongeng.

Selain itu, anda pun bisa terus melatihnya untuk berbicara serta mengenali anggota tubuhnya dengan menyebutkan nama anggota tubuh sambil menunjuk pada anggota tubuh yang bersangkutan.

Penglihatan yang Baik

Anda tentu mengetahui bahwa penglihatan seorang anak pada saat mereka pertama kali dilahirkan,  belumlah sempurna secara keseluruhan. Dibutuhkan proses untuk si bayi dapat mengembangkan kemampuan melihatnya dengan baik. Nah, pada usianya yang ke 8 bulan, seorang anak akan sudah memiliki kemampuan penglihatan sebaik orang dewasa yang normal, baik dalam kejelasan dan persepsi ruangan.

Meskipun dalam hal ini penglihatan jarak jauhnya belumlah terlalu semprna, akan tetapi mereka sudah cukup baik untuk mengenali orang dan melakukan orientasi ruangan yang sering dilihatnya.

Kemampuan Sosial

Bayi dengan usia 8 bulan sudah mulai mampu dapat menirukan perilaku yang dilihatnya dari orang dewasa, seperti halnya menyanyi dengan menggunakan mic, menyisir rambut, atau bahkan berbicara melalui telpon. Dengan demikian, tidak heran bila ketika anda memberikan sebuah benda yang mirip dengan telpon, microfon atau pun saat anda memberikan mereka sisir mainan, maka mereka akan secara spontan langsung menirukan gaya anda.

Bukan hanya itu, usia ini membuat si anak sedang senang-senangnya dengan permainan cilukba dan senang mencari-cari benda yang disembunyikan didepannya.

Hanya saja, dalam hal disiplin si kecil masih belum memahami dan mengikuti peraturan dengan baik. Maklumlah, rasanya masih terlalu dini pula untuk mereka dapat menguasai kemampuan yang satu ini. Akan tetapi, tetaplah berikan pengaruh positif pada anak anda tatkala mereka mampu melakukan sesuatu yang baik, begitu juga tidak ada salahnya memberikan larangan terhadap hal yang dianggap kurang baik untuk dilakukan. Perlahan namun pasti, bila terbiasa si kecil akan mulai memahami mana yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan.


Perkembangan Ikatan Emosi

Selain tumbuh kembang fisiknya yang semakin pesat, seorang anak berusia 8 bulan pun sudah mulai mengalami perkembangan secara psikis atau mental. Pada perkembangan mental yang  dapat anda lihat adalah bentuk empatinya tehadap lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat ditunjukan pada saat ia melihat orang lain menangis, maka ia pun akan ikut menangis meskipun tak ada orang lain yang menganggunya.

Perlu diketahui, ikatan emosional ini pun dapat berlaku pada anda sebagai orangtua, terutama pada seorang ibu. Ikatan kuat yang akan mungkin dirasakan adalah pada saat anda harus meninggalkan sendiri atau berada jauh dengan buah hati anda.

Pada usia 8 bulan, saat anda hendak meninggalkan bayi anda, maka mereka akan mungkin cenderung menunjukan penolakan. Hal ini bisa ditunjukannya dengan rewel atau tidak ingin lepas dari pelukan ibunya. Selain itu, anak berusia 8 bulan pun sudah mulai cenderung memilih orang yang menggendongnya. Tidak heran, bila pada usia ini anak anda akan sulit dipegang oleh oranglain yang belum mereka kenali.

Pada saat hendak meninggalkan si buah hati dan rupanya mereka menolak, maka mungkin anda akan membutuhkan pemahaman untuk menenangkan mereka dengan baik. Tentu saja, bentuk pemahaman ini tidak akan diberikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan yang belum dipahami oleh si buah hati. Maka dari itu, pada saat si kecil mulai rewel dan merengek, maka sempatkan waktu sementara untuk menemaninya sampai ia menjad lebih tenang.

Demikianlah beberapa perkembangan yang mungkin terjadi pada anak bayi berusia 8 bulan. Dengan mengetahui jenis perkembangan yang akan dihadapi oleh si buah hati pada usianya ini, maka diharapkan ibu dapat mempersiapkan diri untuk memberikan berbagai stimulasi guna mendukung petumbuhan dan perkembangan si kecil agar lebih baik.

Selain itu, pemahaman akan perbedaan tumbuh kembang antara setiap anak adalah hal dasar yang akan membuat anda memahami dengan seksama bagaimana mendukung tumbuh kembang si buah hati.