Pil Untuk Anak Down Syndrome

Down Syndrome merupakan kelainan genetik yang berhubungan dengan kelainan sel tubuh dikarenakan adanya kelainan pada kromosom anak. Down syndrome dikenal pula dengan sebutan tunagrahita merupakan disabilitas yang ramai menjadi seminar kesehatan di kalangan komunitas dan kedokteran di Indonesia.

Down syndrome ini memang memiliki risiko yang lebih besar dengan masalah kesehatan dibandingkan dengan anak lainnya. Hal ini dikarekan erat kaitannya dengan kelainan pada jantung, kepekaan terhadap infeksi dan juga kelainan pada bentuk otak. Beberapa kelainan lainnya dari down syndrome adalah usus yang pendek, busung pada bagian dadan, tidak beranus atau memiliki kerusakan syaraf bagi penyandang down syndrome.

Down syndrome ini ditemukan bahwa normalnya manusia memiliki 23 kromosom dimana secara total memiliki jumlah 46 kromosom. Sedangkan pada anak down syndrome kromosom 21 lebih satu sehingga sepasang menjadi tiga sehingga memuliki kromosom 47 yang disebut dengan trisomi 21. Inilah yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan fisik yang lambat dan juga penderita down syndrome lemah. Risiko terserang penyakit Alzhimer pada usia dewasa lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa lainnya, bahkan beberapa orang tua mengkhawatirkan tidak dapat sehat dengan sempurna.

Anda tidak perlu berkecil hati penelitian yang dilakukan di Amerika Tengah yang mengembangkan pil berisi antioksidan dimana dapat meningkatkan kualitas hidup anak yang menyandang down syndrome ditemukan. Pil yang terbuat dari ekstrak dan bahan seperti jeruk dan diberikan pada saat masih janin.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Penelitian yang dilakukan dari Tim University Boston menemukan adanya kandungan antioksidan yang tinggu sehingga membantu dalam membentuk otak di dalam rahim. Bahkan test ini dilakukan pada hewan percobaan, tikus yang menunjukan hal positif. Ditemukannya perbaikan gen yang positif dimana digunakan model down syndrome versi tikus yang diberikan antioksidan ke tikus hamil.

Dilatar belakangi dari studi yang menunjukan bahwa janin yang lahir dengan down syndrome akan memiliki abnormalitas yang unik. Bahkan tingkat stres oksidatif yang terukur akan berdampak pada perkembangan otaknya. Inilah yang menjadi salah satu dasar yang melatar belakangi terapi antioksidan untuk melawan sres oksidatif membunuh sel otak pada janin.

Bahkan anak dengan down syndrome (ADS) terlihat lebih lambat dibandingkan dengan anak lainnya bukan berarti anak ADS tidak memiliki kemampuan. Bahkan banyak juga anak ADS yang berprestasi sehingga tidak perlu dianggap aneh. ADS bukan merupakan penyakit melainkan seseorang yang terlahir dengan down syndrome kelainan genetik yang harus dijalani seumur hidupnya.

Meskipun terdengar sederhana akan tetapi membutuhkan waktu yang lama untuk membuat pil hingga siap digunakan. Antioksidan yang tinggi dari buah buahan  dan sayur sayuran digunakan dalam mendukung pil ini. Diharapkan bahwa penelitian yang tengah dilakukan ini dapat terus meningkatkan kualitas hidup dari anak yang terkena down syndrome sehingga memberikan bantuan kepada meraka untuk tetap memberikan yang terbaik.

Peringatan down syndrome dilakukan pad tanggal 21 Maret, dimana peringatan ini diharapkan kepada masyarakat dapat tahu dan dapat menganggap mereka bagian dari anak-anak yang memiliki kemampuan yang dapat dibanggakan dan memiliki keistimewaan layaknya anak normal lainnya. Dengan demikian membuat semua sadar untuk dapat memberikan kasih sayang pada mereka yang memiliki kelainan genetik seperti down syndrome. Inilah yang mendasari bahwa adanya pil yang sedang dikembangkan semoga mendapat kualitas hidup bagi mereka yang terkena down syndrome.

Loading...

Follow us