Perkembangan Janin Usia 34 Minggu

Usia kehamilan anda kini sudah memasuki pekan ke 34 bunda yang mana ini artinya perkembangan bayi dalam kandungan anda tentu akan terus berlanjut dan bertumbuh dengan pesat sampai akhirnya ia tumbuh dengan begitu sempurna dan siap dilahirkan ke dunia.

Perjalanan panjang perkembangan janin dan usia kehamilan yang terus berlanjut dari waktu ke waktu ini adalah momen yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Betapa tidak jika kita menarik waktu ke belakang saat pertama kali anda mengetahui kehamilan anda, merasakan tanda dan gejala awal kehamilan yang menyiksa seperti mual, muntah, pusing, lemas dan gejala lain yang menyiksa, kemudian berlanjut pada perkembangan si bayi yang sudah mulai nampak di mesin USG hingga sampai saat ini bayi anda sudah mulai dapat bergerak-gerak dan tak sabar menanti kelahiran tiba tentu menjadi serangkaian perjalanan panjang yang begitu menegangkan sekaligus menyenangkan.

Tak terasa, seperti seolah baru kemarin anda dan pasangan membicarakan mengenai perencanaan kehamilan dan kini anda sudah akan dihadapkan pada momen kelahiran yang tinggal menghitung beberapa waktu lagi.

Perkembangan si buah hati dari waktu ke waktu memang menjadi hal yang menarik untuk disimak dan disaksikan. Pasalnya, sebagai seorang calon ibu baru yang akan segera menimang buah hatinya, anda tentu tidak ingin melewatkan meski sedetikpun perkembangan buah hati anda dalam kandungan.

Apalagi kini pergerakannya dalam rahim sudah mulai anda rasakan dengan cukup sering. Anda tentu semakin dibauat penasaran apa saja perkembangan yang terjadi dengannya sampai pergerakannya dalam rahim bisa menjadi begitu aktif. Selain itu, anda mungkin bertanya-tanya kapan tepatnya si bayi sudah mulai masuk pada usia normal untuk dilahirkan.

Nah, untuk dapat menyimak seperti apa perkembangan si buah hati dalam kandungan anda dan segala pertumbuhan yang menakjubkan yang terjadi dengannya di pekan ini, maka tak perlu khawatir kita simak perkembangannya dibawah ini.

Pada usia kehamilan ini berat tubuh bayi anda berkisar 2.2 kg dan panjangnya mengalami perkembangan yang lebih besar yakni 45 cm. Ukuran panjang ini diukur dari bagian kepala sampai dengan bagian kaki. Kini, ukuran bayi semakin besar dan mengisi hampir seluruhnya rahim ibu dalam perut. Pada saat ini si bayi akan membutuhkan lebih banyak lapisan lemak untuk mengatur suhu tubuhnya pada saat ia lahir agar tetap hangat.

perkembangan janin minggu 34

Nah, bila anda masih ragu atau merasa belum terbiasa berbicara bersama dengan si buah hati dalam perut anda karena anda tak yakin apakah ia akan bisa mendengarkan anda atau tidak. Maka jangan terlalu banyak berpikir segeralah ajak mereka untuk berbincang dan mengobrol. Karena pada saat ini indera pendengaran pada si buah hati sudah terbentuk dengan sempurna dan dapat berfungsi dengan begitu baik.

Segala organ pada tubuh bayi suda terbentuk dengan begitu sempurna pada masa ini, begitupun dengan organ internal dan organ-organ vitalnya yang lain. Dengan demikian, tidak usah merasa gugup atau khawatir bila anda mengalami persalinan prematur atau persalinan yang lebih dini pada masa ini, 99 persen dari bayi yang lahi pada usia pekan ke 34 dapat bertahan hidup diluar rahim ibunya dan kabar bahagianya adalah sebagian besar dari bayi yang lahir lebih awal tersebut tidak mengalami masalah yang besar.

Meskipun pusat sistem saraf bayi anda belumlah terbentuk dengan matang, akan tetapi paru-parunya kini sudah sepenuhnya terbentuk dan siap untuk dikembangkan. Dengan demikian, bayi anda sepertinya tidak akan membutuhkan perawatan medis untuk membantu pernapasannya bila ternyata ia lahir pada usia pekan ini.

Selain itu, pertambahan lemak dibawah permukaan kulit bayi akan semakin membuat kulitnya terlihat lebih halus dan lebih mulus, kini kerutan pada kulitnya sudah mengencang dan menghilang. Kecuali tempurung kepala, tulang-tulang pada rangka tubuh si bayi sudah mulai mengeras pada masa pekan ini.

Tubuhnya yang panjang akan membuatnya berada pada posisi meringkuk didalam rahim dengan lutut ditekuk mendekati dada. Akan tetapi demikian masih terdapat ruang untuk si buah hati dalam perut anda untuk dapat dengan leluasa bergerak sehingga anda masih akan dapat merasakan pergerakannya.

Seiring dengan perkembangan yang terjadi diatas minggu ke 34 akan membuat bentukan lapisan putih seperi lapisan keju akan terbentuk pada tubuh si bayi, lapisan tersebut akan menjaga kulitnya agar tetap aman selama dalam kandungan. Lapisan kulit ini juga disebut dengan lapisan pelindung venix caseosa. Namun jangan khawatir, lapisan kulit ini akan dapat menghilang seiringan dengan lahirnya si buah hati ke dunia pada saat ia pertama kali dimandikan oleh bidan atau dokter.

Perubahan yang Terjadi dengan Ibu Hamil Pekan ke 34

Banyak wanita hamil pada pekan ini mengeluhkan kesemutan atau muali merasa mati rasa dibagian panggul dan perasaan nyeri sewaktu mereka berjalan. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh persendian dibagian panggul yang mulai meloggar karena bersamaan dengan hari kelahiran yang tinggal menghitung waktu. Nah, untuk mengatasi kondisi ini sebaiknya segera berkonsultasi dengan bidan atau dokter yang menangani anda bila perasaan nyeri yang dirasakan sudah terasa begitu menyiksa dan tidak tertahankan.

Selain itu pada usia kehamilan minggu ini berat badan anda kurang lebih sudah mencapai 11-13,5 kg. Anda mungkin akan juga merasakan sesak panas serta mengalami gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan rahim anda tepat berada dibawah tulang rusuk.

Perut yang semakin membesar mungkin akan membuat anda kesulitan berjalan dan sering sakit punggung dan juga merasa seolah cepat lelah. Bukan hanya itu pergelangan kaki pun biasanya akan cenderung mengalami pembengkakan pada saat sore hari. Kondisi ini pada umumnya disebabkan oleh adanya penumpukan cairan.

Bukan hanya itu, anda pun akan cenderung lebih sering buang air kecil pada maka kehamilan pekan ini. Dikarenakan rahim anda yang semakin melebar dan membengkak akan menekan kandung kemih yang membuat anda akan merasa seringkali buang air kecil. Akan tetapi demikian sebaiknya jangan menghentikan mengkonsumsi asupan mineral atau konsumsi air putih pada masa ini untuk menghindari adanya dehidrasi yang terjadi dengan tubuh anda. Yang perlu dikurangi disini justru adalah minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti halnya kopi atau teh.

Demikianlah mengenai perkembangan janin dalam rahim pada usia pekan ke 34. Semoga dengan menyimak hal diatas dapat memberikan pengetahuan secara umum mengenai perkembangan janin dalam kandungan anda dan perubahan apa saja yang terjadi dengan ibu hamil pada masa ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan yang cukup.