Perkembangan Janin Usia 33 Minggu

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda, kini sudah memasuki usia pekan ke 33 atau yang setara dengan bulan ke 8 masa kehamilan.

Pada usia kehamilan ini, janin dalam kandungan anda mungkin sudah akan lebih banyak bergerak dan menendang dengan begitu aktif. Dengan demikian pada usia kehamilan ini, tidak ada salahnya jika anda mulai rajin memberikan mereka stimulasi guna melatih responnya agar semakin baik. Beberapa stimulasi yang bisa diberikan kepada si buah hati dalam kandungan diantaranya adalah berupa sentuhan, mengajaknya untuk berbicara, memperdengarkannya musik dan bahkan membacakannya sebuah cerita.

Tahukah anda, sebuah studi menjelaskan bahwa stimulasi terbaik yang dapat diberikan pada si buah hati dalam kandungan selain daripada sentuhan diantaranya adalah membacakan mereka sebuah bacaan. Sebab disadari atau tidak hal ini akan dapat berpengaruh pada perkembangan otak si bayi menjadi lebih cerdas pada saat ia dilahirkan nantinya.

Nah, untuk itulah tidak ada salahnya lakukan banyak stimulasi pada buah hati anda. Selain membuatnya belajar mengasah kemampuan responnya, hal ini tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Pergerakan bayi yang begitu aktif dalam rahim tentu menjadi indikasi bahwa bayi anda sehat.

Pada saat usia kehamilan pekan ini anda mungkin merasakan pergerakan si buah hati dalam perut anda terbilang begitu aktif dibandingkan pada masa sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada pekan-pekan sebelumnya pergerakan si kecil dipengaruhi karena adanya pertumbuhan lemak yang membuatnya lebih lambat dalam bergerak.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Akan tetapi pada pekan ini, si lemak dalam tubuh si bayi tetap berkembang namun sudah mulai dibentuk menjadi energi. Dengan demikianlah, tak heran bahwa energi si bayi akan semakin kuat yang membuat pergerakannya semakin aktif dan tendangannya akan lebih kencang pada pekan-pekan ini. Perkembangan ini tentu saja akan menarik untuk diikuti. Nah, untuk tahu lebih jauh seperti apa perkembangan si buah hati dalam kandungan pada usia pekan ke 33, mari kita simak dibawah ini.

perkembangan janin minggu 33a

Perkembangan Janin Usia 33 Minggu

Perkembangan yang mencolok pada usia pekan ini adalah perkembangan yang terjadi pada otaknya. Pada usia ini, si bayi akan mulai mengembangkan bagian-bagian otak pentingnya guna memberikan indera yang baik. Perkembangan otak ini akan seraya didukung dengan pembentukan pendengaran dan penglihatan yang menjadi semakin baik.

Selain itu, organ-organ internal pada tubuh si bayi sudah mulai membentuk dengan sempurna dan dapat bekerja dengan baik, hanya saja paru-paru dalam tubuhnya belum benar-benar matang meskipun bagian ini sudah siap untuk digunakan.

Untuk itulah, jika pada faktanya si janin lahir lebih awal dari prediksi hari kelahiran tiba, maka demikian besar kemungkinan bahwa si buah hati akan dapat bertahan hidup dan berkembang diluar rahim ibunya.

Pada pekan ini, kepala bayi anda letaknya sudah menghadap kebagian bawah. Meski sebagian besar posisi kepala bayi sudah berada dibawah rahim pada pekan ini, akan tetapi adapula sebagian besar bayi yang masih berubah-rubah posisi kepalanya.

Tulang tengkorak pada bayi masa ini masih terbentuk denngan lentur dan belum sepenuhnya tergabung. Kondisi ini mungkin akan membuat anda mudah ketika melahirkan sebab tulangnya akan lebih mudah untuk menyesuaikan dan akan membuatnya lebih mudah bergerak kebagian bawah vagina ketika anda melahirkan.

Sementara itu, jika berbicara tentang bobot atau berat tubuh si bayi, kini ukurannya sudah mencapai 2 kg dan panjang tubuhnya diukur dari bagian kepala sampai kebagian kaki kira-kira sudah mencapai 44 cm. Ukuran berat tubuh ini nantinya akan berkembang lebih pesat dibandingkan dengan perkembangan tingginya.

Pada pekan ini seiring dengan berjalannya perkembangan tulang si bayi yang akan terus bertumbuh dan mengeras maka nantinya warna merah pada kulit si bayi akan perlahan memudah. Bukan hanya itu kondisi ini juga dipengaruhi oleh bertambahnya lemak dibagian bawah permukaan kulit yang mana tentunya kondisi ini akan membuat kulit si bayi tak lagi keriput. Justru sebaliknya kulit si bayi akan tumbuh dengan lebih mulus dan lebih halus.

Perkembangan otaknya pada pekan ini mulai memasuki periode puncak. Semua saraf-sarafnya akan bekerja guna membentuk panca indera yang lebih baik untuknya.

Perkembangan ini mungin akan membuat kepala si bayi semakin besar dan menyeimbangi dengan bentuk tubuhnya yang semaki proporsional. Si bayi dalam kandungan anda mungkin akan merasa semakin sempit karena perkembangannya yang semakin besar. Gerakannya akan lebih kurang pada minggu ini akibat sempitnya rahim karena pertumbuhannya semakin besar yang membuatnya ketika bergerak akan merasakan sikunya mulai menyikut dan kadang terlihat benjolan-benjolan di perut anda. Pada masa ini otak besar si buah hati akan mulai terbentuk dan terus berkembang.

Nah, bila anda ingin melahirkan secara normal, maka ini adalah saat yang paling tepat untuk mempersiapkannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendukung persalinan secara normal adalah dengan mulai mengikuti senam hamil yang banyak disediakan tiap minggu si rumah-rumah sakit ibu dan anak.

Dalam senam hamil pernapasan yang menjadi faktor keberhasilan persalinan normal akan juga diberikan yang mana tentunya ini akan menjadi latihan dasar anda untuk menghadapi persalinan normal yang diimpikan. Senam ini sebenarnya mulai dapat dilakukan pada usia kehamilan 7 bulan.

Ketika berencana untuk mengikuti senam tidak ada salahnya jika suami anda memiliki waktu luang maka ajak serta pasangan anda untuk menemani anda. Ikatan yang erat yang dijalin bersama dengan pasangan ketika menjelang waktu persalinan akan membuat anda merasa lebih nyaman dan lebih tenang.

Sementara itu jika berbicara mengenai perkembangan dan gejala hamil pada usia pekan ini maka biasanya anda akan mulai merasakan gejala-gejala hamil yang cukup mengganggu. Hal ini dikarenakan bayi dalam perut anda sudah mulai membesar dan pertumbuhan si janin pada masa ini pun akan berkembang lebih pesat. Bukan hanya itu pergerakan si bauh hati yang tak menentu seperti pada saat jam malam, mungkin akan membuat anda sulit mendapatkan tidur yang nyenyak dan nyaman.

Nah untuk mengatasi hal ini maka cobalah untuk melakukan beberapa relaksasi agar tubuh anda tidak stres. Pada usia pekan ini mungkin sudah saatnya anda mendapatkan cuti hamil menunggu hari kelahiran tiba.

Demikianlah penjelasan mengenai perkembangan si buah hati dalam kandungan pada usia pekan ke 33. Sebuah studi menyatakan bahwa perkembangan janin dalam kandungan pada umumnya berbeda-beda. Perkembangan diatas hanya menjelaskan perkembangan janin secara umum dan diambil garis besarnya saja. Semoga artikel diatas bermanfaat.