Perkembangan Bayi 8 Bulan
 

Kini, buah hati anda sudah memasuki masa 8 bulan yang masih membuat anda sebagai orang tua masih merasa kagum dan menarik untuk diikuti setiap detik perkembangannya. Anda mungkin sudah mengetahui dan mengenali karakter buah hati anda dengan baik. Namun harus dipahami betul oleh para orang tua bahwa setiap bulan perkembangan buah hati anda tentu saja berbeda dan merupakan proses yang baik yang harus anda perhatikan dengan seksama. Dengan mengetahuinya dengan baik akan membuat anda bisa memahami dan mempersiapkan diri anda sendiri menjadi orang tua yang baik yang mengikuti perkembangan bayi 8 bulan.

Tahapan eksplorasi pada perkembangan bayi 8 bulan masihlah berlanjut bahkan semakin pesat perkembangannya. Jika buah hati anda sudah mulai merangkak tentu saja akan diikuti dengan perkembangan yang lainnya yang membuat anda terkagum-kagum pada perkembangan buah hati sendiri. Mereka akan mulai merambat pada meja, kursi, dipan, tembok atau berbagai macam barang yang bisa menjadi pegangan untuk mereka untuk bergerak dengan baik dengan dua kaki  walaupun terkadang mereka masih sering terjatuh. Hal ini membuat orang tua haruslah semakin waspada. Sebaiknya orang tua melakukan inspeksi di seluruh isi rumah dari benda-benda yang akan memberikan efek buruk pada anggota badan si kecil seperti benjolan-benjolan karena benturan. Jika hal ini terjadi, tentu saja akan membuat hati anda sedih bukan kepalang yang terkadang membuat orang tua memutuskan untuk membatasi ruang gerak bayi, yang tentu saja ini bukanlah pilihan yang bijak yang diambil oleh orang tua. Jadikanlah segala macam benjolan dan memer yang buah hati anda dapatkan sebagai penyemangat anda bahwa buah hati anda tumbuh dan berkembang dengan baik. Peran orang tua disini hanyalah memfasilitasi anak-anak dengan baik tanpa memberikan proteksi yang berlebihan yang akan mengganggu perkembangan buah hati anda sendiri.

Tips

Pada perkembangan bayi 8 bulan, anda sebagai orang tua janganlah merasa heran karena pada usia ini buah hati anda sudah sangat mengerti dengan keadaan lingungan sekitarnya. Mereka akan paham dengan emosi orang-orang yang ada di sekelilingnya seperti orang tuanya, kakak-kakaknya ataupun baby sitter yang menjaga mereka sehari-hari. Anda harus menyadari hal ini dengan baik. Janganlah membuat mereka merasa kehilangan sesuatu yang seharusnya mereka butuhkan. Kasih sayang dan rasa aman adalah hal yang paling mereka butuhkan. Janganlah anda meninggalkan mereka secara diam-diam walaupun mereka tampak tidak mengerti tapi mereka sangat memahami. Yang terbaik adalah perlakukan mereka seakan mereka mengerti dengan hal tersebut. Ini adalah cara yang bijak yang harus diambil orang tua untuk kenyamanan bersama.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum