Bayi-bayi anda akan tumbuh sehat dan anda akan menjadi ibu yang paling bahagia melihat perkembangan bayi anda dari bulan ke bulan. Apakah yang akan terjadi pada perkembangan bayi 11 bulan? Bayi usia ini akan sudah berlatih untuk keluar dari dirinya sendiri dan mereka biasanya akan cenderung butuh teman untuk bermain dan belajar. Bayi akan sering berbaur dengan bayi yang lainnya. Bayi usia ini sudah berlatih tentang konsep berbagi. Apa yang dimaksud dengan konsep berbagi ini? Bayi yang sedang bermain dengan temannya akan asik bermain dengan mainannya. Jika ada teman bayi anda yang merasa sangat ingin memainkan salah satu mainan dari bayi anda, maka bayi yang anda sudah belajar untuk menyerahkan mainan kepada bayi lainnya dan meminjamkannya ataupun sebaliknya.  Tetapi ada juga bayi yang tidak mau mainannya diambil atau dipinjam karena dia menganggap semua mainannya adalah miliknya. Peran ibu sangatlah penting disini untuk mulai memasukkan latihan berbagi dan bertoleransi dengan bayi yang lainnya.

Anda bisa mengajaknya berdiskusi dan memberikan pemahaman bahwa teman bayi anda juga mau ikut bermain bersama bayi anda. Pada perkembangan bayi 11 bulan, bayi-bayi anda sudah mulai bisa menyusun dan mengelompokkan barang-barangnya. Bahkan anak anda sudah bisa memisahkan barang-barangnya dengan barang-barang milik orang tuanya ataupun kakak-kakaknya. Anda bisa memberikan keranjang pakaian didepan bayi anda dan mintalah bayi anda membantu anda memilah bajunya sendiri, baju ibu, baju bapak dan baju kakak. Anda bisa meringankan pekerjaan anda sekaligus member pengertian pada bayi anda akan barang-barangnya sendiri.

Pada perkembangan bayi 11 bulan, bayi anda sudah bisa duduk tenang dan menunggu anda membacakan cerita. Bayi sudah sangat tertarik melihat berbagai gambar dan bentuk dan membalik-balik halaman buku ceritanya. Bayi akan menunjuk ke gambar yang pernah dia temukan dan lihat dalam kehidupan. Bayi juga cenderung sangat penasaran. Bayi biasanya akan memasukkan jari-jari kecinya ke lubang buku atau bahkan menghisap bagian buku atau memasukkan ke dalam mulutnya. Dengan banyak melihat bentuk dan warna, bayi-bayi anda akan mulai belajar tentang banyak hal. Ibu juga bisa mengajarkan bayi anda untuk mencintai buku sedari dia bayi. Ada beberapa tips bagi ibu terutama untuk bayi usia 11 bulan.

Tips

Ibu sebaiknya memanfaatkan waktu pada malam hari untuk mulai memberikan cerita dari buku dongeng anak pengantar tidur. Ibu melatih anak untuk rajin membaca dan mengenal beberapa kata sehingga bayi akan mudah mengingat, berkonsentrasi dan mengatakan sebuah kalimat. Usahakan ibu mulai melarang bayi memasukkan berbagai hal yang bukan makanan kedalam mulut karena akan berakibat buruk bagi kesehatan perut dan kesehatan tubuh lainnya. Ibu harus bersabar melatih dan mendampingi anak karena semua perkembangan membutuhkan waktu.