Penyakit Osteoporosis Dipengaruhi Pola Hidup?

Osteoporosis seringkali terjadi pada wanita memasuki usia 40-50 tahun yang disebabkan karena masa menopause wanita akan beresiko lebih tinggi terkena penyakit Osteoporosis. Meskipun demikan tidak menutup kemungkinan terjadi pada pria yang memasuki usia 50 tahun terkena patah tulang sehingga beresiko mengalami Osteoporosis lansia. Penyakit Osteoporosis dapat terjadi pada siapa saja, bahkan kini pada pria atau wanita di bawah usia 40 tahun. Mengapa terjadi penyakit Osteoporosis, betulkah karena dipengaruhi oleh pola hidup?

Osteoporosis merupakan penyakit tulang keropos sehingga mengakibatkan massa dan kepadatan tulang menjadi berkurang yang dapat mengakibatkan penderitanya mengalami patah tulang. Meskipun dalam sebuah penelitian mengatakan 80% yang mengalami Osteoporosis adalah wanita akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada pria.

Penyakit Osteoporosis seringkali muncul setelah wanita mengalami usia 50 tahun yang dipengaruhi hormon estrogen yang berkurang. Selain karena hormon estrogen yang utama dalam meningkatkan resiko Osteoporosis, pola hidup akan menentukan cepat atau lambatnya pengeroposan tulang terjadi.

Beriku ini adalah resiko Osteoporosis yang dipengaruhi oleh pola hidup :


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

Video courtesy of Bebeclub.


1. Kurang asupan kalsium dan vitamin D

Kalsium adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tulang selain itu dalam membantu penyerapan kalsium yang optimal dibutuhkan kecukupan vitamin D. Kebutuhan keduanya, kalsium dan vitamin D harus diseimbangkan sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya Osteoporosis. Cukupi dengan bahan makanan sehari hari misalnya dengan olahan susu, sayuran hijau atau ikan yang dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Menambah suplemen dapat dilakukan apabila memang diperlukan.

2. Kurang buah dan sayur

Buah dan sayur yang mengandung vitamin D, vitamin K, kalium dan magnesium memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kebutuhan nutrisi yang kurang akan mengakibatkan gangguan pada kondisi kesehatan salah satunya Osteoporosis.

3. Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dan minuman yang bersoda

Apabila anda terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dan minuman bersoda maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan. Kedua makanan tersebut mengandung fosfor yang akan merangsang terjadinya hormon parathyroid yang menyebabkan terjadinya pelepasan kalsium di dalam darah, inilah yang memicu terjadinya Osteoporosis pada usia muda.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman alkohol dan berkafein

Minuman yang mengandung alkohol dan kafein seringkali menimbulkan tulang yang rusak, keropos dan mengalami rapuh. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa hubungan minuman yang mengandung kafein akan mengakibatkan keropos tulang dikarenakan yang mengkonsumsi kafein seringkali air seni banyak mengandung kalsium yang berasal dari pembentukan tulang selain itu kafein dan alkohol akan menghambat terjadinya proses pembentukan massa tulang.

5. Merokok

Kebiasaan merokok selain membahayakan kesehatan jantung juga dapat memicu terjadinya penyakit Osteoporosis. Kandungan bahan kimia akan merusak sel-sel tulang sehingga menghambat terjadinya penyerapan kalsium. Bahkan bagi wanita, merokok dapat menghalangi fungsi hormon estrogen yang akan melindungi tulang.

6. Diet yang salah

Pola hidup yang seringkali dilakukan oleh wanita sekarang adalah melakukan diet untuk menurunkan berat badan yang salah kaprah. Diet yang salah akan mengurangi asupan makanan sehat , salah satunya kalsium sehingga bagi anda yang akan melakukan diet sebaiknya berdasarkan rekomendasi ahli gizi dan tidak melakukan diet ketat berlebihan.

Dengan demikian pola hidup yang sehat akan membantu menjaga kesehatan tulang dan memperlambat terjadinya osteoporosis pada usia muda sehingga membantu dalam menjaga kesehatan di masa tua dengan kesehatan tulang yang optimal.