Nikmat dan Segar, Inilah Dia Manfaat Baik yang Belum Anda Ketahui dari Timun

Timun adalah sayuran yang datang dari famili Cucurbitaceae dan  merupakan sayuran yang sudah tidak asing lagi untuk hampir seluruh masyarakat Indonesia. Betapa tidak, hampir semua masyarakat mengenal sayuran yang menyegarkan ini, salah satunya bisa anda jumpai menjadi pelengkap hidangan spesial seperti nasi uduk.

Untuk itulah, timun tengah menjadi sayuran yang menjadi idaman pagi para penikmat kuliner. Selain nikmat, cara pengolah timun terbilang cukup sederhana, sebab timun bisa langsung dikonsumsi tanpa harus melewati proses pemasakan yang lama dan membutuhkan bumbu-bumbu yang banyak. Selain dikenal nikmat, segar dan begitu juicy ketika disantap, mentimun juga dikenal luas akan manfaat yang begitu kaya yang dimilikinya.

Berikut ini kami akan jelaskan manfaat baik apa sajakah yang dimiliki mentimun yang baik untuk tubuh.

1. Timun Sebagai Makanan yang Baik Untuk Memerangi Kanker

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dengan rajin mengkonsumsi mentimun adalah sayuran ini ampuh untuk dijadikan sebagai bahan alami untuk memerangi kanker. Senyawa lignan yang terkandung dalam mentimun, seperti diantaranya pinoresinol, lariciresinol serta secoisolariciresinol diketahui ampuh dan berkhasiat dalam mengurangi resiko beberapa jenis kanker termasuk diantaranya kanker payudara, kanker uterine, kanker ovarium serta kanker prostat. Nah, untuk itu tidak ada salahnya jika mulai saat ini sertakan menu sayuran timun untuk anda konsumsi setiap hari.

2. Mengatasi Bau Mulut

Selain bahan alami untuk mengurangi kanker, mentimun juga ampuh dalam membunuh bakteri penyebab bau mulut. Caranya anda bisa melakukannya dengan meletakan mentimun dibagian langit-langit mulut dan menekannya agar tidak jatuh menggunakan lidah selama kurang lebih 30 detik. Senyawa fitokimia yang terkandung pada timun akan dapat membunuh bakteri-bakteri yang ada dalam mulut, sehingga demikian anda akan dapat terbebas dari bau mulut

3. Baik Untuk Pencernaan

Kandungan serat dan air yang ada pada mentimun dapat membuatnya sebagai bahan makanan yang efektif dalam mengusir racun-rcun yang terdapat di dalam sistem pencernaan sehingga proses pencernaan akan menjadi lebih efektif. Konsumsi mentimun secara rutin setiap hari dianggap sebagai cara kuratif untuk menangani konstipasi kronik pada pencernaan.

4. Menghilangkan Mata yang Bengkak

Seringkali setelah menangis atau disebabkan karena bakteri membuat mata kita bengkak. Pergi beraktivitas dengan mata yang bengkaa tentu akan membuat anda tidak percaya diri. Nah, solusinya anda bisa menggunakan mentimun untuk menghilangkan bengkak pada mata. Cara menggunakannya bisa anda lakukan dengan menaruh irisan kulit mentimun diatas bagian mata yang bengkak, dengan demikian aktivitas anti-inflamasi tersbeut dapat mengurangi bengkak pada mata.

5. Mengatasi Mabuk atau Morning Sickness

Untuk menghindari rasa mabuk atau sakit kepala dipagi hari anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi beberapa irisan mentimun sebeluam anda hendak tidur. Kandungan gula dan berbagai vitamin B serta elektrolit-elektrolit yang terkandung dalam mentimun dapat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda, sehingga dapat mengurangi intensitas sakit dan mabuk yang anda rasakan.

Nah, itulah dia beberapa manfaat baik dari mengkonsumsi timun. Setelah mengetahui informasi manfaat diatas, kini tidak ada salahnya mulai rajin mengkonsumsi timun yang mana manfaatnya baik untuk kesehatan anda.