data-ad-format="auto"

Mengetahui Tanda Kehamilan Minggu Pertama Setelah Pembuahan

Tanda kehamilan sudah dapat diketahui pada minggu pertama kehamilan, bahkan setelah pembuahan terjadi. Apa saja yang menjadi tanda kehamilan setelah pembuahan, simak artikelnya berikut ini.

 

Tanda kehamilan sudah mulai terasa setelah satu atau dua minggu terjadinya pembuahan. Tanda-tanda kehamilan terlihat dari perubahan fisik dan emosional wanita. Perubahan yang terjadi yang paling terlihat adalah perubahan buah dada yang membesar .

Proses pembuahan umumnya terjadi pada saat satu minggu setelah calon ibu selesai haid atau dua minggu setelah siklus haid selanjutnya. Adapun gambaran terjadi proses pembuahan adalah sel telur dikeluarkan dari permukaan ovarium pada hari ke 14 setelah siklus haid kemudian berjalan di dalam tuba karena adanya kontraksi otot .

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Mengetahui Tanda Kehamilan Minggu Pertama Setelah Pembuahan

Selanjutnya pembuahan yang dilakukan oleh sperma dari spertiga panjang saluran telur yang dibuahi dan membelah diri dalam waktu 24 jam. Bahkan pembuahan akan berulang dalam membentuk bola sel yang dikenal dengan nama zigot .

Selanjutnya implantasi terjadi pada hari ke tujuh pembuahan. Biasanya pada bagian rahim di sisi ovarium yang mengeluarkan sel telur.Dimana pada minggu pertama pembuahan tersebut berlangsung. Selanjutnya pada minggu ke delapan kehamilan embrio semakin membesar dan disebut janin.

Tanda-tanda kehamilan yang berlangsung  setelah pembuahan diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Periode Menstruasi

Meskipun tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur sehingga sulit untuk menentukan tanda kehamilan yang berdasarkan siklus menstruasi.

Sedangkan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur, terlambat haid dapat menjadi pertanda anda sedang hamil , untuk lebih meyakinkan diri anda silahkan lakukan pemeriksaan kehamilan baik menggunakan testpack atau berkonsultasi langsung dengan dokter. (Artikel lainnya: tanda-tanda hamil muda)

2.Sering Lelah

Satu minggu setelah pembuahan terjadi hormon kehamilan sudah mulai berfungsi.Tubuh wanita hamil sedang menyesuaikan sehingga seringkali aktivitas yang dilakukan terasa sangat melelahkan walaupun hanya kegiatan seperti biasa .

Selain itu pasokan oksigen pada janin di dalam tubuh membuat ibu harus membagi jatah sehingga terlihat lebih cepat lelah dengan napas yang terengah-engah. Kondisi ini ringan terjadi. Ibu hamil harus banyak istirahat,mengkonsumsi makanan yang sehat dan berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan karena masing-masing kesehatan ibu hamil berbeda.

3. Mengalami Pusing

Pusing yang dialami oleh wanita saat sedang hamil diantaranya adalah karena perubahan fisik maupun mental di awal kehamilan. Kondisi ini diperparah dengan rendahnya kadar gula darah dan memicu rasa pusing.

Rasa pusing pada ibu hamil berbeda-beda bahkan hingga menyebabkan ibu hamil mengalami pingsan. Sebaiknya ibu mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah, sayur, protein dan karbohidrat kompleks .

4.Morning Sickness

Selanjutnya adalah kondisi morning sickness dimana ibu mengalami kondisi mual. Mual disebabkan karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh, selain itu penciuman ibu hamil muda sangat sensitif sehingga lebih mudah menolak makanan dan menyebabkan muntah .

Mual dan muntah dialami sekitar dua minggu setelah pembuahan. Oleh karena itu sebaiknya minum air untuk tetap menjaga tubuh terhidrasi.Di awal kehamilan lengkapi sumber nutrisi dengan asam folat sehingga pastikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang terpenting.

Tanda-tanda hamil setelah pembuahan berlangsung tersebut dapat berbeda-beda pada ibu hamil. Salah satu penyebabnya karena kondisi dan riwayat kesehatan ibu hamil. Oleh karena itu disarankan untuk berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan untuk dapat melakukan pemeriksaan kehamilan baik kesehatan ibu ataupun pertumbuhan janin .