Mengatasi Nyeri Payudara Menjelang dan Saat Menstruasi

PMS nyeri payudara yaitu sindrom yang mungkin  banyak dialami wanita seminggu atau lebih sebelum siklus menstruasi anda. Sindrom pramenstruasi (PMS) pada dasarnya disebut sebagai serangkaian gejala fisik dan emosional bahwa wanita mungkin mengalami satu atau dua minggu sebelum menstruasi. Pusing, sakit kepala, perubahan suasana hati, perut kembung, mengidam makanan, depresi, dll adalah gejala umum PMS bahkan terjadinya pembengkakan dan nyeri pada payudara.

Mengapa payudara nyeri saat menjelang menstruasi, kondisi ini umumnya dijelaskan sebagai rasa sakit, nyeri, bengkak atau ketidaknyamanan pada payudara yang sewaktu-waktu bisa begitu kuat bahwa beberapa wanita mungkin merasa lebih sulit untuk menyentuh payudara mereka dan juga mungkin mengalami ketidaknyamanan parah ketika  tidur. Meskipun biasanya kondisi stabil setelah menstruasi  berakhir, dalam beberapa kasus PMS nyeri payudara dan nyeri bisa berlangsung untuk jangka waktu yang panjang dan bahkan dapat mengganggu tidur anda. Oleh karena itu,untuk menangani  nyeri payudara, mari kita melihat penyebab dan kemudian berbagai pilihan pengobatan.

Penyebab Nyeri Payudara

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan nyeri payudara atau nyeri saat PMS. Penyebab utama untuk nyeri payudara selama PMS adalah ketidakseimbangan hormon,ketika mendekati menstruasi  estrogen dan progesteron (dua hormon reproduksi dalam tubuh manusia)  mulai bekerja aktif dengan cara yang berbeda. Biasanya, jika tingkat estrogen rendah dan tinggi konsentrasi progesteron dalam tubuh, payudara menjadi lebih besar dari ukuran normal . Tingkat hormone yang akif akan berlanjut dan dapat mengubah siklus, membuat payudara lebih besar dan lebih rentan terhadap nyeri payudara PMS, pembengkakan. Oleh karena itu, jika hormon tidak seimbang, dan konsentrasi estrogen dalam tubuh jauh lebih rendah daripada konsentrasi progesteron, hasilnya akan mengakibatkan kondisi PMS, yaitu  nyeri pada payudara anda.

Tips

Karena ketidakseimbangan hormon adalah penyebab paling umum untuk nyeri payudara selama PMS, maka penting untuk  anda menjaga keseimbangan hormon yang sehat dalam tubuh untuk mengatasi masalah kesehatan. Periksa pilihan pengobatan dasar diberikan di bawah ini.

1.  Gunakan bra yang tepat

Langkah pertama untuk meringankan ketidaknyamanan pada  payudara anda selama menstruasi . Gunakan  bra yang baik yang dapat memberikan kenyaman  yang tepat untuk anda. Terutama, saat berolahraga pakaian yang baik yang dapat membantu meminimalkan nyeri dan pembengkakan.

2.  Pereda nyeri

Jika nyeri payudara selama PMS,  anda  dapat meminum obat penghilang rasa sakit sebelum menstruasi. Namun, obat pereda nyeri tidak dianjurkan dikonsumsi sering  terutama jika Anda sedang hamil, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

3.  Perubahan diet

Perubahan pola makan sehat juga dapat membantu mengurangi nyeri payudara atau ketidaknyamanan. Hindari makan makanan tinggi garam dan sodium sebagai kelebihan dari kedua elemen dapat menyebabkan retensi air tambahan dan pembengkakan yang dapat membuat kondisi lebih buruk. Selain itu, penelitian menunjukkan wanita yang memiliki lebih sedikit gula dan makanan berlemak, terutama seminggu sebelum menstruasi, mengalami penurunan yang luar biasa mereka dalam nyeri payudara dan nyeri. Oleh karena itu, membatasi makanan tinggi lemak dan gula, dalam diet anda 10 - 15 hari sebelum menstruasi anda dimulai.

4.  Kafein

Penyebab umum lainnya adalah kafein. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari minuman kaya kafein terutama jika anda memiliki riwayat nyeri payudara selama PMS.

5.  Vitamin

Studi menunjukkan bahwa ada vitamin tertentu yang membantu dengan gejala PMS seperti nyeri payudara. Asupan vitamin seperti vitamin A, B6 dan E, membantu meminimalkan pembengkakan payudara dan nyeri dengan mempertahankan keseimbangan hormon dalam tubuh.

6.  Herbal

Ada pula Dong quai, minyak evening primrose,  yang merupakan produk alami  yang digunakan oleh banyak wanita di seluruh dunia untuk meminimalkan pembengkakan. Tumbuhan ini dianggap cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan payudara saat menstruasi anda.

Selain tindakan pengobatan tersebut, minum cukup air putih  dan mengompres bisa jadi alternatif anda untuk membantu dalam mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Akan tetapi   jika masih mengalami rasa  nyeri dan pembengkakan yang berlanjut disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.