data-ad-format="auto"

Memerah Asi atau Pompa ASI?

Sebagai seorang ibu menyusui, kita harus pandai dalam membagi waktu supaya jadwal anda dalam memerah ASI tidak sedikit pun terganggu dan juga pekerjaan lainnya tidak teganggu. Anda bisa mendapatkan ASIP atau Air Susu Ibu Perah dengan menggunakan dua cara. Yaitu menggunakan tangan ataupun dengan alat bantu pompa ASI. Sudah tentu dari kedua teknik tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Apapun yang menjadi pilihan anda sebaiknya pilih yang menurut anda paling nyaman dan yang paling baik untuk anda sendiri.

Beberapa keuntungan memerah ASI menggunakan tangan :

1.    Terasa lebih efektif dalam mengosongkan payudara anda, bahkan ketika ASI tinggal sedikit. Dengan memijat langsung pada payudara, anda dapat mengeluarkan ASI yang ada tersisa.

2.    Lebih ekonomis, anda tidak diharuskan mengeluarkan biaya lebih untuk membeli allat pompa ASI, baterai ataupun biaya listrik untuk mengoperasikan alat pompa ASI elektrik.

3.    ASI yang dihasilkan menggunakan tanggan, jumlahnya akan lebih banyak jika kita bandingkan dengan ASIP yang dihasilkan dengan menggunakan pompa, hal itu disebabkan karena anda dapat memerah sampai habis ASI anda.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

4.    Anda tidak bergantung pada alat pompa. Ketika anda lupa untuk membawa pompa ASI, anda masih bisa untuk memerah ASI sendiri dengan tangan. Juga abda tidak akan kerepotan dengan harus membawa banyak peralatan. Anda hanya memerlukan wadah yang steril untuk digunakan menampung ASI.

5.    Lebih efektif dalam merangsang payudara agar terus bisa memproduksi ASI. Ketika payudara anda kosong ketika sudah diperah, otak anda akan memerintahkan tubuh anda agar segera mengisi payudara anda dengan ASI.

6.    Tidak direpotkan dalam membersihkan alat pompa, karena yang ada butuhkan untuk memerah hanya tangan yang benar-benar bersih.

Kekurangan memerah ASI

  1. Sebelumnya anda haru mengtahui tentang teknik-teknik dalam memerah ASI yang benar dan juga tepat, agar hasil dari perahan ASI tersebut bisa maksimal. Jika anda tidak mengetahui tekniknya anda hanya akan menghabiskan waktu namun ASI yang dihasilkan dari memerah itu sedikit.
  2. Hal ini cukup melelahkan karena hanya menggunakan tangan sendiri agar dapat memerah ASI.
  3. Anda tidak dapat melakukan kegiatan yang lainnya karena tangan anda bekerja hanya untuk memerah ASI.
  4. Membutuhkan tempat yang tertutup untuk memerah ASI.

Keuntungan saat memompa ASI menggunakan manual atau elektrik :

1.    Anda cukup bisa menghemat tenaga karena pompa elektrik ini merupakan mesin yang dapat bekerja memompa pada ASI. Jika anda menggunakan pompa ASI manual, anda dapat memakai tangan kanan atau kiri anda untuk memompa ASI.

2.    Anda masih dapat melakukan aktivitas-akivitas lainnya selagi anda memerah ASI, tangan anda yang satunya dapat bergerak leluasa, seperti menulis, membaca majalah favorite anda bahkan anda masih bisa twitteran.

3.    Jika anda hanya menggunakan pompa ekektrik yang masih sederhana, dengan bantuan dari orang lain, anda dapat memerah ASI  dan menyusuin bayi anda secara berbarengan.

4.    Anda dapat menghemat waktu, apalagi ketika anda menggunakan pompa ASI yang ganda. Dengan menggunakan pompa anda dapat memerah sekaligus kedua payudara anda.

5.    Lebih mudah saat dilakukan, ketika anda sedang dalam perjalanan dan berada di dalam mobil. Anda hanya perlu menutupnya menggunakan nursing apron.

Kekurangan meggunakan pompa ASI manual atau elektrik:

1.    Kurang efektifnya saat mengosongkan payudara. Ketika ASI ibu hanya tinggal sedikit maka ASI tersebut tidak dapat keluar dengan menggunakan pompa manual ataupun elektrik. Namun ketika anda memerah secara manual, ASI tersebut sebenarnya masih bisa keluar.

2.    Terasa tidak nyaman, bahkan pada saat ibu merasakan sakit ketika awal menggunakan alat pompa ASI tersebut. Anda harus memperhatikan dengan sangat cermat petunjuk dalama menggunakan pompa ASI sehingga anda dapat menempatkan payudara anda dengan tepat, supaya anda tidak merasakan sakit ketika dipompa.

3.    Anda akan tergantung kepada alat pompa, sehingga ketika pompa anda tertinggal, baterai pada pompa habis dan tidak tersedianya tenaga listrik maka anda tidak dapat memerah ASI. Selain itu anda juga anda harus membawa alat-alat lainnya selain wadah ASI.

4.    Pompa manual dengan memakai tekanan negatif sangat tidak dianjurkan sehingga bisa merusak sauran pada ASI.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us