Makanan dan Minuman Penambah Energi Menjelang Melahirkan
 

Melahirkan adalah sebuah peristiwa besar bagi ibu hamil. Dibutuhkan berbagai daya dan upaya untuk bisa melalui dengan selamat. Salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah kondisi fisik ibu saat melahirkan. Ya, kondisi fisik ibu hamil harus prima saat proses persalinan berjalan. Saat melahirkan, ibu diibaratkan sebagai seorang atlet, yang mengerahkan segala tenaga dan kemampuannya guna menghadirkan sang buah hati ke dunia. Otot-otot di sekitar pinggul, otot rahim, dan otot perut perut bekerja sangat keras selama proses persalinanan berlangsung. Jika, kondisi ibu fisik ibu hamil tidak prima, maka proses melahirkan akan menjadikan sebuah proses yang melelahkan dan menyakitkan.

Oleh karena guna membentuk kondisi ibu hamil yang prima saat melahirkan, adalah diperlukannya asupan energi dan nutrisi sebelum proses melahirkan berlangsung atau di saat awal-awal proses melahirkan. Asupan energi salah satunya bisa di dapat dari beberaa makanan dan minuman.

Pertanyaanya, apakah dalam proses melahirkan ibu di perbolehkan makan dan minum? jawabannya, Iya boleh. Sekali lagi selama proses melahirkan membutuhkan energi yang besar, kadang selama proses melahirkan ibu akan merasakan haus dan lapar, oleh karena itu ibu hamil saat melahirkan di perkenankan untuk mengkonsumsi makanan seperti snack, buah-buahan atau minuman manis. Sebelumnya banyak praktisi yang melarang ibu hamil selama proses melahirkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman karena di khawatirkan dapat tersedak atau muntah. Namun penelitian terakhir mengungkapkan bahwa tidak ada resiko apapun saat proses persalinan yang berhubungan dengan makanan dan minuman, bahkan Maria Newburn dari National Childbirth Trust menyarankan untuk tidak membatasi ibu hamil akan makanan dan minuman selam proses persalinan berlangsung (Daily mail, Rabu 20/1/2010)

Apa Yang Harus Saya Makan Menjelang Melahirkan?

Makanan yang baik untuk di konsumsi menjelang melahirkan adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Jenis makanan ini akan mudah untuk di cerna dan akan banyak memberikan energi. Makanlah sedikit demi sedikit tapi sering atau di sarankan setiap satu jam sekali sebelum proses melahirkan berlangsung atau di awal-awal kontraksi. Jenis makanan berkarbohidrat yang bisa anda pilih:

  • Roti
  • Sereal
  • Kentang
  • Pasta
  • Biskuit
  • Sop
  • Puding Susu

Untuk buah-buahan, usahakan pisang sebagai pilihan pertama. Sebagai alternatif selain pisang, ibu bisa mengkonsumsi apel.
Menjelang proses melahirkan, hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, hal ini akan mempengaruhi kinerja perut anda selama melahirkan.

Apa Yang Harus Saya Minum Menjelang Melahirkan?

Yogurt dengan kadar lemak rendah adalah pilihan yang baik ketika ibu membutuhkan energi guna proses melahirkan. Yogurt cukup baik karena mengandung gula dan karbohidrat, Minumlah yogurt sebelum proses melahirkan berlangsung, guna mendapatkan asupan energi yang efektif. Sebagai alternatif, ibu bisa mengkonsumsi madu yang di campur dengan teh herbal. Mengkonsumsi minuman ini selain memulihkan energi yang hilang selama proses melahirkan, juga dapat membuat ibu merasa tenang. Alternaitif berikutnya adalah teh manis, tapi hindari dengan gula yang berlebihan.

Selain itu, selama proses melahirkan berlangsung, siapkan air putih yang banyak. Ibu harus sering minum air putih selam proses kehamilan berlangsung, guna menghindarkan dehidrasi.

Sebelum atau selama proses melahirkan, hindarkan ibu mengkonsumsi minuman yang mengandung soda atau cola. Hindarkan pula minuman yang masam seperti juice jeruk atau anggur

Catatan: Semua konsumsi makanan dan minuman tersebut berlaku untuk proses melahirkan normal, jika ibu melahirkan dengan operasi caesar, konsultasikan mengenai hal ini kepada dokter anda.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum