Induksi Alami Lebih Mudah dan Aman

Ketika ibu sedang hamil dan usia kehamilannya memasuki 40 minggu namun belum terdapat tanda-tanda untuk melahirkan, biasanya anda akan langsung penasaran dan mencari tahu cara untuk segera mengalami tanda-tanda untuk melakukan persalinan, dengan bermacam alasan karena ketakutan jika nantinya harus melakukan operasi caesar. Salah satu cara anda dapat melakukan induksi menggunakan medis dengan cara menyuntikkan pitocin IM/IV/Oral. Namun anda juga dapat melakukan induksi persalinan dengan cara yang alami, sebab yang kita ketahui bahwa induksi yang dilakukan secara medis terdapat resiko serta efek samping bagi ibu maupun bagi bayinya. Induksi Alami dapat anda lakukan sejak usia kandungan menginjak usia 38 minggu. Pada dasarnya kehamilan pada usia 38 minggu, bayi telah mampu hidup juga telah matang. Dengan anda melakukan induksi secara alami sejak usia kandungan 38 minggu, sangat di harapkan ketika usia kehamilan menginjak 40 minggu, anda dapat segera melahirkan.

Berikut ini ialah beberapa cara induksi alami saat menjalani proses persalinan :

1.    Yang paling penting ialah rileks. Proses persalinan belum akan di mulai jika anda masih merasa tegang, cemas, dan berusaha sangat keras untuk memulai proses persalinan. Cobalah untuk mandi menggunakan air hangat. Dengan mandi menggunakan air hangat. Tubuh anda akan terasa lebih rileks. Atau anda dapat mengunjungi tempat yang menyediakan layanan Pregnancy Massage supaya anda bisa melakukan relaksasi. Selain itu anda juga dapat mengandalkan aromaterapi yang dapat menenangkan pikiran anda. Lakukan kegiatan yang membuat dapat membuat anda menjadi rileks.

2.    Lakukan kegiatan visualisasi ataupun meditasi. Tidak hanya rileks yang anda butuhkan, namun anda juga membutuhkan pikiran atau koneksi tubuh. Dalam melakukan kegiatan visualisasi bayi yang akan lahir, hal ini juga merupaka cara yang alami dalam memperlancar proses persalinan.

3.    Biasakan untuk berjalan kaki.  Dengan sering berjalan kaki kontraksi akan segera mulai. Posisi badan anda yang tegak dapat menempatkan tekanan terhadap leher rahim anda, yang mampu mendorong dan terjadi kontraksi. Namum pastikan anda untuk banyak minum air mineral untuk mempertahankan suhu dalam tubuh anda.

4.    Berkomunikasi dengan calon bayi anda. Beberapa ahli mengatakan bahwa bayi akan memulai siklus hormonnya pada saat persalinan. Anda dapat berkomunikasi dengan bayi anda yang masih berada di dalam kandungan. Meski terbilang cukup konyol, namun hal ini sangatlah penting bagi calon bayi anda, lakukan hal ini sembari anda melakukan relaksasi serta katakan tentang semua harapan dan juga impian anda pada bayi anda. Hal ini dapat menciptakan beberapa pengalaman yang sangat indah serta memberikan kesempatan bagi anda dalam menciptakan ikatan anda dengan calon bayi anda ketika mencoba cara induksi yang alami saat persalinan.

5.    Lakukan kegiatan Accupresure. Kegiatan ini merupakan cara alami serta aman dalam merangsang kontraksi. Sebab dengan menekan beberapa titik di bagian tertentu di dalam tubuh wanita, dapat merangsang terjadinya kontraksi. Namun lakukan kegiatan ini bersama ahlinya.

6.    Lakukan kegiatan Endorphin Massage. Pijatan yang ringan seperti endorphin massage akan sangat membantu anda untuk merangsang adanya oksitosin serta endorphin sekaligus, dengan begitu kontraksi pun bisa di mulai.

7.    Lakukan kegiatan pelvicrocking serta birthing ball. Kegiatan tersebut juga sangat berguna bagi anda. dengan melakukan kegiatan tersebut anda dapat membantu bagian paling rendah janin untuk segera masuk pada dasar panggul.