data-ad-format="auto"

Hemangioma Pada Anak, Apakah Berbahaya?

Pernahkah anda melihat benjolan merah seperti tanda lahir pada anak-anak? apakah tanda bercak merah yang timbul tersebut hanya sebuah tanda lahir atau kelainan? lantas berbahayakah apabila dibiarkan? Untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan anda, ada baiknya jika kita simak penjelasan mengenai hemangioma.

Apakah Hemangioma Itu?

Hemangioma merupakan salah satu kelainan pembentukan pembuluh darah yang dapat terjadi pada setiap jaringan dalam tubuh. Hemangioma ini bisa dimasukan pada kelompok tumor jinak namun tidak seperti kanker melainkan benjolan yang terbentuk dari pembuluh darah.

Meski digolongkan tumor jinak, hemangioma tidak selalu berbentuk benjolan seperti tumor pada umumnya. Selain itu, hemangioma juga bukanlah tanda lahir, karena pada tanda lahir biasanya akan tampak warna merah atau warna biru dengan bentuk datar tidak timbul benjolan. Sementara itu, benjolan malah terlihat pada pendrita hemangioma. Umumnya sebanyak 55% hemangioma  sudah timbul dan terlihat sejak lahir dan sisanya baru tampak setelah bayi berusia satu minggu.

Hemangioma ini tidak memiliki kecenderungan untuk tumbuh membesar. Hanya saja pada kebanyakan kasus, biasanya bentuknya ini akan mengalami pertumbuhan dari usia kelahiran bayi hingga mencapai ukuran terbesar diusia 8 bulan, setelahnya barulah ukurannya akan menetap.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Lantas Apakah Tanda-Tanda Hemangioma Itu?

Pada saat awal kemunculannya, hemangioma ini akan terlihat benjolan berwarna merah seperti tanda lahir. Dan biasanya akan mulai nampak setelah usia bayi satu minggu sampai dengan 4 minggu setelah lahir. Bahkan tak jarang 1 sampai 2 bulan setelah kelahirannya. Pada banyak kasus, umumnya benjolan memiliki diameter sekitar 1 hingga 4 cm. Pada usia 1 hingga 7 tahun biasanya hemangioma ini akan mulai menyusut bentuknya dan biasanya akan menciut pada usia anak berusia 10 hingga 12 tahun. Bahkan ada beberapa kasus menemukan, hemangioma ini akan menghilang pada usia anak 10 hingga 13 tahun.

Lalu Faktor Apakah yang Menyebabkan Hemangioma Ini Muncul?

Hingga saat ini belum diketahui secara jelas, ha dan faktor apa sajakah yang dapat menyebabkan timbulnya hemangioma atau bercak merah pada anak ini. Namun hal yang baru diketahui hingga saat ini bahwa hemangioma :

  1. Lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak dibandingkan pada remaja dan orang dewasa.
  2. Kasus Hemangioma lebih banyak dijumpai pada anak-anak kembar.
  3. Hasil studi kasus menyatakan, hemangioma ini banyak ditemukan di ras Kaukasia, seperti Asia dan Afrika.

Apakah Hemangioma Ini Berbahaya?

Satu hal yang perlu diketahui hemangioma ini bukanlah sebuah penyakit yang ganas, karena pada umumnya hemangioma ini bisa hilang dengan sendirinya. Hanya saja meski digolongkan tidak berbahaya, sebaikya penderitanya memeriksakan diri kedokter untuk memastikan bahwa tidak ada gangguan kesehatan yang terjadi akibat hemangioma ini. Namun demikian, ada beberapa kasus hemangioma yang membutuhkan penanganan khusus yang lebih lanjut.

Hemangioma ini memang tidak berbahaya, hanya saja karena pertumbuhannya bisa menyerang bagian tubuh manapun, maka hal ini akan menurunkan estetika kecantikan tubuh dan membuat para penderitanya menjadi tidak percaya diri. Hemangioma kemungkinan akan sulit dideteksi sejak dini. Apabila ditemukan tanda-tanda dan kelainana kulit pada anak atau ketika hemangioma tersebut mengalami gangguan aneh seperti pendarahan atau hal lainnya ada baiknya segera bawa anak anda kedokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Loading...

Follow us