data-ad-format="auto"

Cemas Saat Menemukan Benjolan Payudara? Berikut 5 Cara yang Harus Anda Lakukan

Sebagai seorang wanita, tentunya kita memiliki asset tubuh yang harus senantiasa dijaga, seperti salah satunya adalah payudara. Payudara adalah organ terpenting bagi seorang wanita, selain itu organ ini rentan sekali terhadap penyakit, sedikit saja terpapar bakteri atau virus, payudara akan terjangkit keluhan penyakit yang akan membahayakan tubuh anda.

Salah satu penyakit yang rentan sekali menjangkit organ payudara adalah kanker payudara. Ketika penyakit ini melanda tanpa disadari, anda mungkin merasa cemas dan putus asa ketika gejala seperti benjolan payudara anda temukan. Namun sebaiknya jangan terburu-buru panik dan merasa putus asa ketika muncul benjolan pada payudara anda, sebab benjolan tak selalu mengindikasikan sebagai timbulnya penyakit berat. Hanya saja, untuk mencegah dampaknya agar tidak menjadi lebih parah dan semakin menjadi-jadi, ada baiknya kita harus melakukan penanganan sedini mungkin.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, ketika anda menemukan benjolan disekitar payudara.

1. Cek Kembali dengan Meraba Bagian Seluruh Payudara

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Ketika anda menemukan benjolan pada sekitar payudara, sebelum terburu-buru merasa cemas dan putus asa. Ada baiknya, cek kembali dengan meraba ke semua bagian payudara, baik dibagian sisi kiri maupun bagian sisi kanan. Lakukan pengecekan dengan berbaring dan berdiri. Agar pengecekan menjadi lebih pasti, lakukan pengecekan dengan membuka bra atau pakaian. Sentuh dan tekan dengan perlahan untuk memastikan bentuk payudara serta ukuran dan jumlah benjolan.

2. Periksa Kembali Kalender Menstruasi Anda

Jangan cepat memutuskan jika benjolan yang terdapat pada payudara merupakan benjolan kanker payudara. Benjolan yang muncul bisa jadi merupakan benjolan yang muncul akibat akan menghadapi siklus menstruasi. Namun, apabila anda menemukan kejanggalan pada payudara setelah tanggal menstruasi, baiknya segera cari tahu dan kumpulkan informasi dari sumber kesehatan terpercaya yang bisa anda dapatkan dengan mudah, misalkan anda bisa browsing dan mengunjungi salah satu web kesehatan mengenai gejala dan ciri-ciri kanker payudara, atau jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk browsing diinternet, bertanya pada teman wanita terdekat seputar benjolan tersebut akan sangat membantu anda untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan tubuh anda.

3. Merubah Menu Makanan Sehari-Hari

Ketika anda merasa tidak nyaman dengan benjolan yang muncul pada payudara, namun belum yakin dan belum siap mengunjungi dokter. Hal yang bisa anda lakukan sebagai tindakan penanganan dini adalah dengan mengganti menu makanan serta minuman anda sehari-hari. Jika biasanya menu makanan anda banyak datang dari jenis makanan junk food yang penuh dengan lemak seperti burger, resep pizzaresep pizza atau makanan lainnya, sebaiknya mulai dikurangi sejak saat ini. Hindari pula konsumsi ayam, telur, kulit ayam, bakso serta produk susu. Sebaliknya, perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, jus, dan konsumsi air putih yang lebih banyak.

4. Hindari Terjaga Hingga Malam Hari

Keadaan tubuh yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup akan membuat tubuh mengalami rasa nyeri dan stres yang mungkin akan menyiksa anda. Tidur tepat waktu sesuai kebutuhan jam tidur yakni 6-8 jam akan membantu tubuh untuk membersihkan dan menyembuhkan sel-sel yang rusak dari dalam tubuh.

5. Berani Untuk Berkonsultasi

Setelah menerapkan cara diatas dan anda masih merasa tidak nyaman dengan benjolan pada payudara, maka berhentilah menyangkal diri anda. Karena pada akhirnya untuk dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan kesehatan anda secara pasti, maka anda harus menyerahkannya pada dokter. Dokter akan mengetahui apa yang terjadi dengan tubuh anda, semakin cepat anda berkonsultasi, maka penanganan yang bisa dilakukan pada tubuh anda akan semakin cepat. Dengan begitu resiko terburuk, setidaknya bisa anda kurangi.

Jangan pernah takut menanyakan kondisi anda dan berkonsultasi ke dokter. Agar keluhan yang terjadi pada tubuh anda segera diketahui dan penanganan akan lebih cepat dilakukan pada tubuh anda, sehingga kemungkinan terburuk dan resiko lainnya bisa anda kurangi.