data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jamur?

Manusia memerlukan berbagai asupan nutrisi untuk kesehatannya, terutama hal ini penting sekali diperhatikan oleh para ibu hamil.

Nutrisi seperti vitamin, mineral, protein dan berbagai macam gizi lainnya diperlukan oleh tubuh untuk dapat memberikan energi atau kekuatan untuk si manusia itu sendiri dapat melakukan aktivitas dan rutinitas sehar-harinya dengan baik. Hanya saja, pada ibu hamil asupan berbagai macam gizi ini bukan hanya dibutuhkan untuk mereka bisa menjalankan hari-hari dan segudang aktivitasnya. Namun, janin dalam kandungannya butuh untuk dapat berkembang dan bertumbuh.

Sementara itu, tumbuh kembang ini hanya dapat berjalan dengan adanya dukungan dari masuknya gizi dan nutrisi yang dibutuhkan. Untuk itulah, penting sekali untuk para ibu hamil dapat mencukupi segala macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan janin yang ada dalam rahimnya dengan baik.

Nah, adapun perolehan nutrisi ini terkadang dapat melalui tubuh itu sendiri atau juga melalui pengonsumsian makanan bergizi dan juga multivitamin atau suplemen yang banyak tersedia di apotek. Sayangnya, kondisi kehamilan pada diri seorang wanita membuat mereka tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi suplemen atau segala macam jenis obat-obatan sembarangan. Sebab yang namanya obat-obatan, umumya terkandung bahan kimia didalamnya yang akan mungkin berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin dalam rahim anda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Untuk itulah, ibu hamil dalam hal ini hanya diperkenankan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya lewat konsumsi makanan saja tanpa melibatkan asupan obat-obatan sembarang, kecuali yang memang sudah berdasarkan resep dari dokter.

Hanya saja, masalah lain dalam hal menyantap makanan pun tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Atau dalam istilah lain ibu hamil tidak bisa mengkosumsi segala macam jenis makanan yang mereka inginkan sesuka hati mereka. Maka dari itulah, ahli gizi sudah menggolongkan makanan yang sehat untuk bisa dikosumi yakni jenis makanan 4 sehat dan 5 sempurna.

Jenis makanan ini sudah menyediakan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan baik. Hanya saja umumnya keluhan kehamilan seperti timbulnya mual dan muntah seringkali membuat ibu hamil mengalami kendala pada nafsu makannya dan membuat mereka enggan menyantap makanan karena merasa mual dan tidak berselera.

Hal inilah yang pada umumnya membuat ibu hamil mengalami kendala memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya. Padahal, bila tidak segera ditangani hal ini akan membuat tumbuh kembang janin menjadi terkendala karena asupannya tidak anda penuhi.

Untuk itulah, sebaiknya upayakan untuk tetap bisa mendapatkan asupan makanan sehat kedalam tubuh anda. Konsumsi makanan harian anda tidak perlu melulu nasi dengan daging dan segala jenis makanan utama lainnya. Siasati perasaan mual anda dengan mengkonsumsi sayur atau buah yang menyegarkan, seperti buang mangga, buah jeruk atau sayuran yang dapat meredakan mual dan muntah.

Umumnya, buah-buahan segar meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak tidak akan memberikan pengaruh untuk kesehatan anda. Untuk itu, jangan sungkan untuk mengkonsumsi aneka ragam jenis makanan sehat tersebut.

Beragam jenis makanan sehat, baik dari jenis sayur maupun buah-buahan memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Akan tetapi, tidak semua jenis makanan tersebut boleh dikonsumsi. Konsumsi makanan tertentu, terlebih apabila dikonsumsi dengan jumlah atau porsi yang banyak seringkali dapat berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan.

Nah, diantara jenis makanan yang sering diperbincangkan mengenai keamanan dan boleh tidaknya ibu hamil mengkonsumsi jenis makanan tersebut, jamur menjadi salah satu makanan yang masih diperdebatkan hingga sampai saat ini.

Banyak orang yang masih merasa ragu dan enggan mengkonsumsi jamur karena tidak yakin dengan keamanan dari jenis makanan yang satu ini bila dikonsumsi saat masa kehamilan. Nah, untuk itulah dalam pembahasan kali ini kita akan kupas lebih dalam dan lugas mengenai boleh atau tidak ibu hamil mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jamur?

Jamur adalah salah satu jenis sayuran yang sudah tidak lagi asing ditelinga masyarakat Indonesia. Sayuran yang satu ini dikenal sebagai bahan makanan yang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai aneka pangan yang menggoda.

Selain itu, pengolahan jamur umumnya cukup mudah. Meski tak melibatkan banyak bumbu dan rempah hidangan ini sudah cukup nikmat diolah dengan cara yang sederhana. Tak heran, hal ini pula yang membuat banyak orang jatuh cinta dengan sajian jamur.

Akan tetapi, ketika berhadapan dengan ibu hamil dan menyeruaknya kabar keamanan jamur yang belum dipastikan dengan baik, membuat ibu hamil merasa enggan mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini.

Padahal nyatanya, jamur yang segar yang baru saja dipetik memiliki banyak kandungan dan nutrisi yang begitu berlimpah. Kurangnya sosialisasi dan informasi mengenai kandungan pada jamur mungkin membuat banyak orang merasa ragu menyantap hidangan yang satu ini.

Sebenarnya, belum ada catatan medis yang menyatakan secara tertulis larangan ibu hamil mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini. Adapun dari beberapa sumber media dan pakar gizi, jamur rupanya menyimpan banyak manfaat dan khasiat. Kandungan nutrisi dan gizi yang berlimpah pun tersimpan dalam jenis makanan yang satu ini.

Jamur memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan manfaatnya bisa dirasakan untuk kesehatan janin. Beberapa vitamin, protein dan mineral terkandung dalam panganan yang satu ini.

Jadi demikian, pada dasarnya konsumsi terhadap jenis makanan ini boleh dan sah-sah saja dilakukan. Hanya saja, sebaiknya jangan konsumsi jamur terlalu berlebihan dan masaklah jamur yang akan dikonsumsi sampai matang namun tidak terlalu matang. Agar mikroorganisme berbahaya yang bersarang pada jamur bisa dimatikan lewat metode memasak yang benar namun kandungan vitamin dan mineralnya tidak mati karena dimasak terlalu matang.

Kandungan Penting Pada Jamur

Nah, selain beberapa kandungan diatas yang bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa macam kandungan pada jamur yang lainnya yang mana bermanfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Kandungan Vitamin B

Sebagian besar dari jenis makanan jamur memiliki kandungan vitamin B yang banyak. Adapun manfaat dari vitamin B untuk kesehatan tubuh adalah membantu mengubah makanan menjadi energi serta memperbaiki sistem pencernaan dan menjaga kesehatan tubuh. Hal ini tentunya akan cocok untuk ibu hamil yang seringkali meras mudah lemas dan lemah. Konsumsi jamur akan dapat meningkatkan stamina dan membuat tubuh terasa lebih segar.

  • Kandungan Protein

Siapa menyangka bahwa kandungan protein dalam jamur juga cukup banyak dimana protein adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun manfaat dari protein akan pula dirasakan oleh bayi dalam kadungan anda dan manfaat ini terkait dengan pertumbuhan massa otot tubuh bayi. Untuk itu, tidak ada salahnya menyantap hidangan ini sebagai makanan sehat untuk anda.

Itulah dia segelintir kandungan yang terdapat dalam jamur untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan membuat anda tidak lagi merasa khawatir sewaktu hendak menikmati sajian makanan yang satu ini.