data-ad-format="auto"

6 Tips Agar Cepat Hamil Setelah KB Suntik

Wanita memiliki takdir untuk hamil dan melahirkan. Namun banyak wanita yang sudah menikah atau yang telah memiliki anak pertama memutuskan untuk memakai KB dengan alasan untuk menunda kehamilan pertama atau anak keduanya.

Suntik KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang biasanya digunakan untuk menunda kehamilan.

KB suntik merupakan alat kontrasepsi dengan model injeski, yang mana di dalamnya mengandung zat hormon yang memiliki tingkat pelepasan lamban ke dalam darah. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan pengaruh atau efeknya pun memerlukan waktu yang cukup lama, sampai pengaruhnya benar-benar bersih atau hilang, serta tingkat kesuburan kembali normal seperti sediakala seperti sebelum menggunakan kontrasepsi.

Setelah melepaskan KB suntik, pada umumnya ovulasi akan kembali normal setelah 3 bulan. Namun, meskipun begitu kondisi antara  wanita yang satu dan yang lainnya memiliki perbedaan, bisa dalam waktu 6 sampai 8 bulan atau bahkan 2 tahun setelah KB suntik tersebut dihentikan, namun kondisi yang terakhir ini masih jarang terjadi dan terjadi hanya pada beberapa kasus saja.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Dalam kondisi seperti ini, sebenarnya pola menstruasi sudah kembali normal, bahkan mungkin efek atau pengaruh kontrasepsi sudah hilang di dalam tubuh. Sementara bagi anda yang ingin agar cepat hamil lagi, ada beberapa hal yang perlu anda cermati seperti di bawah ini.

TIPS CEPAT HAMIL SETELAH KB SUNTIK

6 Tips Cepat Hamil Setelah Melepas KB Suntik

1. Hindari Stress

Cara cepat hamil setelah suntik KB yang paling utama yaitu dengan mengembalikan keseimbangan hormon, sehingga dengan begitu kesuburan alami pada wanita akan kembali normal. Menghindari stress merupakan salah satu cara untuk mengembalikan keseimbangan hormon. Apabila hormon tidak seimbang, maka akan membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur, sehingga dengan begitu akan berdampak pada tingkat kesuburan.

2. Perhatikan Frekuensi Berhubungan Intim

Untuk mendapatkan keturunan, idealnya pasangan melakukan hubungan intim sebanyak 3 sampai 4 kali dalam satu minggu dan ketika masa subur berlangsung. Semakin sering frekuensi berhubungan, maka peluang agar terjadi pembuahan pun semakin besar.

3. Kesuburan Suami

Salah satu hal yang paling penting agar terjadi proses pembuahan yaitu tingkat kesuburan suami. Dimana tingkat kesuburan suami bisa diketahui dengan menganalisa sperma. Untuk mengetahui hasilnya yang lebih pasti, maka anda bisa melakukan pengcekan langsung dengan dokter spesialis.

4. Ovulasi

Apabila siklus menstruasi anda teratur, maka mengcek ovulasi akan menjadi lebih mudah. Anda bisa melakukan atau mengcek ovulasi menjelang pertengahan siklus menstruasi dengan menggunakan berbagai macam cara. Dimana cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan alat tes ovulasi strip test.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Jika anda ingin cepat hamil setelah melepas KB suntik, maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan rubah pola makan anda. Sebisa mungkin anda harus menghindari beberapa jenis makanan tertentu, seperti makanan cepat saji atau makanan olahan. Istrihat dengan baik dan cukup juga bisa membantu dalam meningkatkan peluang anda untuk bisa hamil lagi.

6. Menjaga Kebugaran Tubuh

Kesehatan atau kebugaran tubuh bisa anda dapatkan dari asupan gizi yang seimbang. Tidak hanya itu, melakukan kegiatan fisik atau olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap fit. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin penyubur kandungan. Namun, dalam hal ini sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Itulah beberapa tips dan cara cepat hamilcara cepat hamil setelah KB suntik. Tetap berusaha dan berdo’a. Semoga bermanfaat.