Persalinan Yang harus dipilih ketika sudah di operasi

Terjawab885 viewsPersalinan
0

Siang bu bidan. Sya mau tanya saya hamil 6 bulan saya mau tanya jenis persalinan apa yang harus saya pilih. Saya mempunyai 1 anak dan sudah berusia 16th dan usia saya 41th dan pada 2012 saya mengalami hamil anggur (hamil mola) dan saya di operasi vertikal. Nah jenis persalinan apa yang harus saya pilih agar selamat ibu dan anak.

Memilih jawaban terbaik
0

Salam bunda,

Setiap ibu hamil pastinya menginginkan persalinan normal dan berjalan dengan lancar. Namun, berbagai kondisi “memaksa” ibu hamil melahirkan secara cesar.
Pilihan untuk melahirkan normal atau caesar semuanya berada di tangan ahli medis. Bunda tidak bisa memilih atau jangan memaksakan jenis persalinan yang diinginkan, semuanya tetap tergantung dari hasil pemeriksaan medis. Dokter akan memeriksa seluruh kondisi bunda, mendiagnosa, memperhatikan riwayat, memperhatikan resiko dan pada akhirnya dokter yang menentukan jenis persalinan yang tepat bagi bunda.
Melihat faktor usia dan riwayat, bunda di kelompokan ke dalam kehamilan yang perlu di waspadai atau ibu hamil kehamilan resiko tinggi (resti). Lengkapnya faktor atau kondisi kehamilan di kelompokan ke dalam yang perlu di waspadai:
1. Umur ibu hamil kurang dari 20 tahun (khawatir panggul sempit, resiko macet saat persalinan)
2. Umur ibu hamil lebih dari 35 tahun (faktor kesehatan/stamina menurun)
3. Jumlah anak 4 orang atau lebih (semakin sering melahirkan rahim menjadi lemah)
4. Jarak kelahiran kurang dari 2 tahun (dikhwatirkan rahim dan ibu belum pulih benar)
5. Ibu dengan tinggi badan kurang dari 145 cm (khawatir panggul sempit, resiko macet saat persalinan)
6. Ibu dengan lingkar lengan atas kurang dari 23,5 cm (diduga ibu mengalami KEK (kekurangan energi kronis) dan gizi
7. Riwayat kehamilan dan persalinan sebelumnya (Perdarahan, Kejang-kejang,Demam tinggi,Persalinan lama (>12 jam), Melahirkan dengan caesar,Bayi lahir meninggal)

oleh karenanya ada kemungkinan biasanya dokter merekomendasikan untuk caesar. Namun sekali lagi, tetap berdasarkan pemeriksaan medis,dan mudah-mudahan kondisi bunda memungkinkan untuk melakukan persalinan normal.

Oleh karena itu, saran saya rutin ya bun lakukan pemeriksaan ke dokter, jaga kesehatan bunda,jaga asupan gizi, hindari stress, hindari aktivitas yang berat, kontrol kenaikan berat badan dan kontrol stress

Demikian bun jawabannya, semoga membantu, terima kasih

Memilih jawaban terbaik

Catatan: Forum diskusi ini hanya sebagai informasi tambahan dan pengetahuan saja, tidak bisa di jadikan sebagai rujukan medis atau diagnosa. Hasil konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan ahli medis tetap di jadikan sebagai rujukan dan diagnosa utama.