Kapan periksa kehamilan ke dokter atau bidan pertama kali

891 viewsKehamilan
0

Dok,saya mau tanya kapan baiknya saya cek kehamilan pertama saya ini pada dokter atau bidan?
Saya terakhir menstruasi tgl 18sept durasi sekitar 6hr, setiap bulannya siklus mens saya itu selalu rutin maju 3hr tiap bulannya.
Nah ini di bulan okt seharusnya saya mens kira-kira di tgl 15, tpi sampai skrg saya blm mens,dan pas tadi pagi saya cek pakai testpeck saya positif garis dua dok.
Sekarang apa yg harus saya lakukan? Baiknya kapan saya mulai priksa, apa musti nggu telat sampai 8 minggu tdk? Jika iya baik tdk klo saya Minum susu hamil dlu sebelum priksa?
Mohon jawabannya, trimakasih sukses selalu utk dokter????

Menjawab pertanyaan
0

Hallo Bunda Rizqidesi,
Selamat yah atas kehamilannya, semoga kehamilannya senantiasa sehat dan lancar persalinananya kelak…amin
Apa yang harus Bunda lakukan? saran saya saat ini pertama segera perbanyak pengetahuan mengenai kehamilan, ya bisa melalui web bidanku.com ini :), silahkan di baca-baca. Segera ubah pola hidup menyesuaikan dengan kehamilan, perbaiki pola makan sesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil (bisa di baca: gizi dan nutrisi ibu hamil),sesuaikan pola hidup misal hindari sepatu hak tinggi, kurangi kegiatan atau olah raga yang terlalu berat, mulai shopping ya bun 🙂 cari-cari baju yang nyaman, pahami pantangan ibu hamil (bisa di baca: pantangan ibu hamil) pahami tanda-tanda bahaya kehamilan, (bisa di baca:Tanda Bahaya Kehamilan atau yang ini tanda bahaya kehamilan muda, dan segera cari informasi mengenai dokter atau bidan yang akan dijadikan rujukan.
Mengenai pemeriksaan kehamilan, dapat dilakukan melalui dokter kandungan atau bidan dengan minimal pemeriksaan 4 kali selama kehamilan yaitu pada usia kehamilan trimester pertama, trimester kedua dan dua kali pada kehamilan trimester ke tiga, itupun jika kehamilan normal. Namun ada baiknya pemeriksaan kehamilan dilakukan sebulan sekali hingga usia 6 bulan, sebulan dua kali pada usia 7 – 8 bulan dan seminggu sekali ketika usia kandungan menginjak 9 bulan.
Untuk susu ibu hamil, tidak aturan kapan tepatnya harus mulai minum susu, jadi silahkan saja kalau mulai dari sekarang juga. Sebenarnya susu ibu hamil itu sifatnya suplemen jadi tidak wajib, karena nutrisi yang di perlukan juga bisa di dapat dari makan sehari-hari.
Demikian bun, saran dari saya, semoga membantu ya…salam bunda

Menjawab pertanyaan
You are viewing 1 out of 1 answers, click here to view all answers.

Catatan: Forum diskusi ini hanya sebagai informasi tambahan dan pengetahuan saja, tidak bisa di jadikan sebagai rujukan medis atau diagnosa. Hasil konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan ahli medis tetap di jadikan sebagai rujukan dan diagnosa utama.