data-ad-format="auto"

Waspadai Pregobesity Pada Ibu Hamil

Asupan nutrisi saat hamil merupakan salah satu modal utama ibu hamil dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu asupan nutrisi yang tepat akan membantu anda dalam mempertahankan stamina selama kehamilan. Sehingga banyak anggapan bahwa makanan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya akan membantu anda dalam memberikan asupan nutrisi bagi janin.

Betulkah selama kehamilan anda harus menambah porsi makanan anda sehingga membuat berat badan anda naik secara drastis? Ini yang membuat kebanyakan ibu hamil kebingungan, dimasukan untuk menambah nilai gizi adalah dengan variasi nutrisi yang didapatkan dari bahan makanan bukan berarti anda harus menambah porsi yang banyak tanpa memperhatikan kualitas nutrisinya.

Kebanyakan ibu hamil beranggapan asupan makanan dan pola makan yang salah sehingga menyebabkan kenaikan berat badan yang lebih selama kehamilan atau dikenal dengan istilah Pregobesity. Seberapa besar resiko ibu yang mengalami Pregobesity? Berikut penjelasannya.

Pregobesity adalah kondisi ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis selama kehamilan, keadaan ini seringkali dipicu oleh asupan dan pola makan yang salah. Banyak ibu hamil yang menganggap bahwa  berat badan dengan sendirinya akan turun setelah menjalani aktivitas sehari-hari setelah melahirkan. Padahal kesehatan ibu hamil harus nya diperhatikan, tidak selamanya kenaikan berat badan berimbas baik untuk kesehatan ibu hamil.

Pregobesity atau kelebihan berat badan selama kehamilan akan menimbulkan masalah kesehatan. Gangguan kesehatan yang seringkali dipicu karena berat badan berlebih selama kehamilan adalah diabetes mellitus tipe 2, hipertensi, jantung stadium dini. Bahkan komplikasi kehamilan yang sangat berkaitan antara lain hipertensi, pengentalan darah, diabetes gestasional dan preeklampsia.

Tidak hanya selama kehamilan, Pregobesity juga beresiko menggangu persalinan. Gejala asma dan persalinan dengan menggunakan bedah caesar. Pemicu bedah caesar adalah kenaikan berat badan janin yang dikandung akan ikut naik ketika ibu hamil memiliki berat badan yang lebih. Dengan mengetahui resiko Pregobesity maka sebaiknya anda melakukan pencegahan dengan asupan dan pola makan yang benar selama kehamilan.

Waspadai Pregobesity pada ibu hamil dengan melakukan pencegahan :

  1. Mengatur porsi asupan karbohidrat, anda dapat memilih karbohidrat yang tepat misalnya nasi putih anda ganti dengan nasi merah.
  2. Kurangi asupan garam dalam pengolahan makanan. Kandungan garam yang tinggi akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti kaki bengkak dan memicu kenaikan berat badan. Kurangi pula makanan yang banyak mengandung garam seperti telur asin, ikan asin, camilan, kornet dan lain-lain.
  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Makanan yang mengandung air dan serat akan membantu pencernaan ibu hamil selain itu untuk anda yang hobi mengkonsumsi cemilan ketika hamil ganti dengan menu yang sehat dari bahan sayur dan buah.
  4. Perencanaan kehamilan sehingga mendapatkan posisi tubuh yang ideal. Bagi anda yang akan merencanakan hamil sebaiknya mendapatkan posisi berat badan yang ideal terlebih dahulu sehingga mengurangi resiko Pregobesity.
  5. Lakukan senam atau olahraga yang aman untuk ibu hamil dalam menjaga kebugaran selama kehamilan.

Dengan demikian sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui dan mendapatkan pencegahan agar selama kehamilan terhindar dari gangguan kesehatan yang berasal dari kenaikan berat badan yang drastis. Ini tidak hanya mempengaruhi penampilan anda melainkan menimbulkan gangguan kesehatan selama hamil dan menjelang persalinan. Terapkan pola hidup sehat selama kehamilan.

Bidan Pevi Revina, STr.Keb
Author: Bidan Pevi Revina, STr.Keb
Co-Founder / Content Supervisor

Pendidikan di Akademi Kebidanan Politeknik Kesehatan Tasikmalaya dan Poltekes Bhakti Pertiwi Husada Cirebon. Saat ini bekerja sebagai bidan PNS,mengelola klinik kehamilan dan persalinan Bidanku, juga sebagai Founder dari klinik Revina: Baby, Kids n Mom Spa.

Narasumber di Kompas TV dalam acara Talkshow Wanita dan Internet, menjadi kontributor Tempo dan juga pernah sebagai partner dalam acara Srikandi Award Sebuah Ajang Penghargaan Bagi Bidan-bidan Inspirasional Indonesia


Follow us