Waspadai Cemas dan Stres Picu Asam Kambuh!

Penyakit asma yang kambuh memang seringkali membuat si penderita kesulitan untuk dapat bernapas dengan normal.

Dengan kondisi ini, maka tentu saja akan berpengaruh pada kehidupan si penderita itu sendiri. Timbulnya gajala asma, tentu saja akan membuat si penderita kesulitan menjalani kegiatan atau aktivitasnya sehari-hari.

Penyakit asma yang timbul pada seorang penderita, tentu tidak datang dengan tiba-tiba. Sama halnya dengan penyakit lainnya, kondisi penyakit ini datang dengan diawali oleh beberapa gejala. Sayangnya, keterlambatan diagnosa yang terjadi pada pasien, umumnya disebabkan akibat enggan atau segannya si pasien untuk melakukan check up atau memeriksakan kesehatannya ke dokter.

Seringnya menganggap remeh atau menyepelekan setiap keluhan yang terjadi terhadap kesehatan, membuat banyak pasien penderita penyakit pada akhirnya harus menghadapi kondisi dimana penyakit yang dideritanya sudah masuk dalam tahap yang akut. Untuk itulah, penting sekali melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter saat anda merasa ada yang salah dengan tubuh anda atau salah satu fungsi organ dari tubuh yang mengalami penurunan.

waspadai stres picu asma

Pencegahan tentunya menjadi langkah yang paling baik dibandingkan dengan pengobatan penyakit yang sudah terlanjur menjalar. Sebab pada akhirnya, kondisi seperti ini akan tentu saja membuat anda kerepotan.

Adapun gejala yang umum ditimbulkan dari penyakit yang satu ini adalah napas yang terasa sesak, terasa berat, batuk-batuk dan pada kondisi lebih buruk akan membuat si pasien sampai tak sadarkan diri adalah kondisi yang bukan tidak mungkin akan anda hadapi. Belum lagi, sampai saat ini belum ada pengobatan yang ditujukan agar penderita asma bisa sembuh secara total dan menghilangkan penyakit ini dengan keseluruhan.

Umumnya, pengobatan yang diberikan oleh tim paramedis hanya difokuskan untuk mengurangi gejala yang dirasakan agar kondisi si pasien bisa lebih membaik. Namun demikian, ini tidak berarti jika penderita penyakit asma akan membuat penderitanya tidak bisa menjalani kehidupannya dengan normal. Justru itulah, pengobatan yang dilakukan tersebut pada umumnya dimaksudkan agar si pasien sebisa mungkin dapat melakukan kegiatan hariannya tanpa dibayang-bayangi dengan ancaman kambuh yang mengerikan.

Bisa anda bayangkan, ketika anda berada disebuah ruangan dan tidak ada orang didalamnya. Lalu dengan tiba-tiba serangan penyakit asma menyerang anda. Maka apa yang akan terjadi dengan anda? Bayangan menyeramkan dari rasa sakit menahan sesak napas mungkin akan menjadi mimpi buruk untuk anda. Selain itu, hal yang paling mengerikan dari serangan penyakit asma bukan hanya seberapa sulit anda bernapas. Namun juga, perasaan panik dan cemas yang datang bersamanya.

Nah, perasaan inilah yang akan membuat anda semakin ketakutan dan membuat resiko serangan yang anda rasakan menjadi semakin membesar dan memburuk. Belum lagi, kondisi ini akan tentu saja berpengaruh pada semakin membesarnya rasa sakit yang mungkin anda rasakan.

Untuk itulah, pencegahan yang dilakukan dapat ditujukan dalam rangka menangani resiko serangan asma. Dengan mengetahui cara pencegahan, maka akan lebih mudah untuk para penderita asma dapat meminimalisir dampak yang dirasakan dari penyakit ini.

Untuk para penderita asma, penting sekali untuk mereka dapat menghindari rasa cemas, stres dan juga perasaan panik. Sebab hal ini akan dapat memicu timbulnya penyaki asma.

Lantas apa saja sih dampak yang akan mungkin dirasakan oleh si penderita asma dari perasaan stres dan cemas? Simak poinnya dibawah ini.

Cemas dan Stres Picu Asma Kambuh

Perasaan cemas dan stres bukan hanya datang saat penyakit asma kambuh. Kedua perasaan ini pun bisa menjadi hal yang dapat memicu timbulnya penyakit yang satu ini. Karena pada dasarnya, perasaan tertekan atau stres hubungannya erat dengan penyakit asma. Nah, dibawah ini kita simak seperti apa kerterkaitan perasaan stres dan penyakit asma.

1. Stres Tingkatkan Hormon Tubuh

Perasaan stres yang dialami oleh seseorang bisa jadi dipengaruhi oleh banyak faktor. Akan tetapi, tahukah anda perasaan tertekan atau stres ini pun berpengaruh pada meningkatnya hormon di dalam tubuh. Yang mana peningkatan ini akan dapat merusak semua fungsi organ dalam tubuh, termasuk menurunkan daya tahan tubuh.

Ketika daya tahan tubuh seseorang terganggu atau bahkan mengalami penurunan akibat timbulnya tekanan, maka tubuh akan lebih mudah diserang oleh berbagai penyakit termasuk penyakit asma. Adapun pemicu stres tersebut diantaranya adalah beban pikiran yang terlalu berlebih, jenuh dengan rutinitas yang ada dan masih banyak lagi.

2. Stres Memicu Seseorang Melakukan Pelarian

Sudah hal yang asing ditelinga kita, jika ketika seseorang mengalami banyak tekanan dan stres, maka akan lebih cederung untuk orang tersebut melakukan pelarian yang dianggapnya bisa meredakan stres yang dialaminya.

Pelarian tersebut bisa berbagai hal, seperti beristirahat, membaca, makan dan lain sebagainya. Beberapa hal tersebut memang tidak menjadi masalah, selama “pelarian” yang dilakukan bernada positif. Akan tetapi, hal yang paling dikhawatirkan dari hal ini adalah ketika seseorang melakukan pelarian dengan merokok misalnya.

Merokok tentu bukanlah hal yang baik dan untuk para penderita asma ini menjadi petaka. Kepulan asap rokok yang terhisap oleh penderita asma akan masuk kedalam saluran pernapasan dan membuat bagian tersebut mengalami penyempitan. Pada akhirnya, masalah yang terjadi.

3. Stres Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sensitif

Bukan hanya membahayakan bagi kesehatan, rupanya stres pun dapat membuat tubuh menjadi begitu sensitif dan lebih rentan terhadap berbagai benda yang ada disekitarnya, termasuk alergen yang mengapung diudara.

Nah, penyakit asma yang banyak dijumpai pada beberapa kasus lebih banyak menunjukan asma yang dilatarbelakangi oleh alergi. Ketika tubuh dalam keadaan rentan, maka alergen yang masuk kedalam tubuh akan memicu timbulnya asma dengan lebih mudah. Adapun pemicu alergi tersebut biasanya adalah serbuk sari, cuaca dingin, bulu binatang dan lain sebagainya.

4. Stres Dapat Merusak Semua Fungsi Organ Tubuh Manusia

Selain beberapa dampak diatas, perasaan stres juga dapat berdampak buruk untuk organ tubuh manusia, termasuk pada bagian saluran pernapasan. Itulah mengapa ketika seseorang mengalami stres maka orang tersebut akan mengalami sesak napas.

Cara Mengatasi Stres yang Memicu Asma

Pada dasarnya cara mengatasi sebuah masalah adalah dengan menghindari sumber dari masalah itu sendiri. Begitupun dengan penyakit asma. Seperti yang kita ketahui, bahwa perasaan cemas dan stres adalah salah satu pemicu yang akan dapat menyebabkan asma mudah timbul.

Untuk itulah, untuk anda para penderita asma sebaiknya sedapat mungkin hindari segala hal yang akan dapat membaut anda merasa stres.

Nah, apabila stres terlanjur datang dan merasa membuat anda tertekan. Maka sebaiknya redakan perasaan ini dengan beristirahat sejenak dan jernihkan pikiran anda dengan merenung. Atau jika anda berada ditengah rutinitas yang menjenuhkan anda, maka sebaiknya ambilah rehat sebentar anda mungkin membutuhkan refreshing yang akan dapat membuat anda menjadi lebih tenang.

Selain itu, hindari atau jika memungkinkan hentikan kebiasaan merokok. Ingat kembali kepulan asap rokok adalah musuh terbesar untuk para penderita asma.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply