Wanita Usia 65 Tahun Hamil 4 Bayi Kembar

Wow, menakjubkan Guru Bahasa Inggris yang berusia 65 tahun ini memberanikan dirinya di usia yang dibilang tidak produktif lagi akan tetapi berani mengandung. Bahkan kehamilannya dapat dibilang langka, usianya yang sudah tidak muda sedang hamil 4 bayi kembar. Ibu dari 13 anak ini masih tetap mengusahakan kehamilan melalui donor sperma dan juga sel telur. Bahkan wanita yang bernama Annegret Raunigk ini tengah mengandung 21 minggu.

Dokter mengatakan bahwa janin yang dikandung oleh Raunigk tidaklah sendiri melainkan kembar 4. Bahkan Raunigk menolak apabila salah satu diantaranya janinnya digugurkan. Ini memang beralasan, di usianya yang kian lanjut tubuhnya masih fit untuk dapat mengurus bayi kembar 4 yang tengah di kandungnya.

Raunigk merasa kaget ketika melakukan USG ternyata mengandung 4 bayi kembar sekaligus. Wanita yang sempat membuat geger media di Jerman ini karena melahirkan putri bungsunya pada usia 55 tahun. Bahkan Raunigk mengatakan pada media setempat bahwa dirinya tidak akan pernah khawatir apabila akan memiliki seorang remaja di beberapa tahun ke depan. (Baca juga: Tanda akan melahirkan)

Bahkan apabila mengamati anak Raunigk sebanyak 13 anak, diantaranya yang paling tua berumur 44 tahun. Anak tersebut merupakan buah cinta 5 pernikahan Raunigk sebelumnya. Bahkan di usianya kini Raunigk telah mempunyai tujuh cucu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Raunigk mengatakan apapun yang dia lakukan merupakan keputusannya sendiri tanpa perlu mendengarkan terlalu banyak pendapat orang lain. Saat ini, predikat wanita tertua yang pernah melahirkan empat bayi kembar dipegang oleh wanita berusia 55 tahun yang bernama Merryl Fudel. Sedangkan untuk wanita asal India, Omkari Panwar dinyatakan sebagai wanita yang pernah melahirkan di usianya 70 tahun.

Padahal seperti kita ketahui bersama bahwa wanita yang hamil diatas usia 35 tahun memiliki risiko kesehatan yang sangat besar. Bahkan memiliki risiko melahirkan anak down's syndrome. Wanita yang hamil pada usia 30 tahun akan berpulang memiliki anak down's syndrome 1:900 sedangkan untuk wanita yang hamil di usia 35 tahun memiliki peluang down's syndrome 1:300.

Selain itu yang kita ketahui bersama wanita yang mengandung di atas usia 35 tahun juga memiliki risiko mengalami diabetes yang tinggi dan penyakit yang menyertai kehamilan diantaranya placental abruption, pre eclampsia , diabetes gestasional dan placenta previa. Bahkan beberapa komplikasi kehamilan yang akan menggangu kesehatan janin dan ibu hamil .

Bagaimanapun alasannya memang sangat tidak disarankan untuk ibu memutuskan untuk hamil di usia yang tidak muda lagi , batas kehamilan hingga wanita di bawah usia 30 tahun. Ini mengingat usia wanita yang semakin tua akan menimbulkan permasalah bagi wanita saat hamil. Kondisi kesehatan yang tidak mendukung dan mulai mengalami masalah kesehatan akan menggangu kehamilan. Bahkan pada proses persalinan yang akan berlangsung dikhawatirkan akan menimbulkan risiko yang lebih besar untuk ibu hamil di atas usia 30 tahun.

Beberapa hal lainnya yang harus dipertimbangkan adalah kehamilan kembar seringkali menimbulkan keluhan kehamilan dan memerlukan perawatan ekstra. Apalagi bila terjadi pada wanita diatas 35 tahun dikhawatirkan akan terus menimbulkan masalah yang akan menganggu keduanya, baik untuk ibu hamil ataupun untuk bayi yang sedang dikandung. Kehamilan yang dialami ibu akan lebih memberikan risiko kehamilan pada ibu dan janin ketimbang ibu yang mengandung tidak kembar.

Loading...

Follow us