data-ad-format="auto"

Usir Sakit Kepala Saat Hamil Muda

Keluhan yang seringkali diamali oleh ibu di usia kehamilan muda yaitu sakit kepala yang dapat menganggu aktivitas. Bahkan beberapa diantaranya harus mendapatkan penanganan medis karena sakit kepala yang tidak tertahankan. Ibu hamil yang mengalami sakit kepala tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat karena akan menganggu tumbuh kembang janin. Oleh karena itu kenali sakit kepala saat hamil muda dan juga pengobatan harus sesuai dengan resep dokter.

Apakah kondisi yang umum mengalami sakit kepala selama kehamilan?

Sakit kepala pada usia kehamilan muda atau trimester pertama memang sangat seringkali menjadi keluhan ibu hamil. Sakit kepala karena tegang jenis yang paling umum terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil merasakan sakit kepala seperti sakit meremas atau rasa nyeri yang tidak tertahankan di kedua sisi kepala atau bagian belakang leher. Kondisi ibu hamil yang sering mengalami sakit kepala disebabkan karena tegang selama kehamilan akan berakibat buruk pada kesehatan ibu dan janin.

Penyebab utama terjadinya sakit kepala pada ibu hamil di usia muda memang belum bisa ditentukan dengan pasti akan tetapi salah satunya adalah pengaruh perubahan hormon selama kehamilan. Peningkatan volume darah dan sirkulasi juga dapat memainkan peran, khususnya pada awal kehamilan. Selain itu konsumsi kafein dapat memicu rasa pusing pada ibu hamil muda. Penyebab potensial lainnya termasuk kurang tidur atau kelelahan umum kemacetan sinus, alergi, kelelahan mata, stres, depresi, kelaparan, dan dehidrasi.

Umumnya raasa sakit kepala yang anda alami di trimester pertama  akan hilang dan berkurang dengan sendirinya. Salah satu penyebabnya karena pada trimester kedua, ibu hamil mengalami hormone yang lebih stabil dibandingkan pada trimester pertama. Bahkan tubuh sudah dapat beradaptasi dengan kehamilan yang sedang anda jalani. Inilah yang menyebabkan kehamilan di trimester kedua tidak mengalami keluhan seperti di trimester pertama atau trimester ketiga.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Bagaimana dengan ibu hamil yang sering mengalami migrain?

Migrain adalah jenis sakit kepala yang berbeda dengan pusing, biasanya ibu hamil lebih merasakan sakit pada sebagian kepala (sebelah kanan atau kiri). Para ahli memperkirakan bahwa sekitar 1 dari 5 wanita memiliki sakit kepala migrain pada suatu waktu dalam hidupnya, dan sampai 16 persen dari wanita mengalami migrain untuk pertama kalinya ketika mereka hamil bahkan paling sering pada trimester pertama.

Sakit kepala migrain menyebabkan nyeri, ibu hamil dapat mengalami nyeri dari mulai sedang hingga parah berdenyut, biasanya pada satu sisi kepala. Bahkan dapat disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, atau sensitivitas terhadap cahaya dan suara. Gejala-gejala ini dapat memulai selama satu jam sebelum migrain dan dapat berlangsung sampai satu jam.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit kepala pada ibu hamil?

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi sakit kepala pada ibu di usia kehamilan muda :

1.  Mencari tahu apa yang memicu rasa sakit kepala

Pada usia kehamilan muda seringkali ibu hamil mengeluhkan rasa sakit kepala untuk membantu mengidentifikasi pemicu secara spesifik. Anda dapat menuliskan apa saja yang dikonsumsi selama 24 jam sebelum terjadi migrain. Anda dapat mencatat apalagi bila sering mengalami rasa sakit kepala setiap hari ketika usia kehamilan muda.

2.  Menghindari makanan pemicu migran ketika rasa sakit terasa  

Anda dapat mengurangi makanan yang memicu migraine ketika rasa sakit terasa pada ibu hamil. Beberapa pemicu migrain yang umum termasuk makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG), nitrit dan nitrat (umum di daging olahan seperti hot dog,burger dll), pemanis buatan, kacang-kacangan dan kacang-kacangan tertentu, beberapa jenis keju seperti seperti buttermilk ,buah-buahan segar tertentu (pisang, pepaya, alpukat, dan jeruk), ikan asap, makanan yang difermentasi. Bahkan beberapa kondisi seperti suara keras, panas yang berlebihan atau bau yang menyengat.

3.  Gunakan kompres

Untuk mengurangi sakit kepala pada ibu hamil dapat menggunakan kompres. Anda dapat memakai kompres hangat ataupun dingin pada bagian dahi. Anda dapat memilih menggunakan air dingin apabila sakit kepala sering anda alami di usia kehamilan anda, kondisi ini dapat dengan mudah meredakan rasa sakit kepala. Bahkan dengan menggunakan aroma terapi tertentu dapat membuat anda rileks dan membantu mengurangi rasa sakit.

4.  Mandi

Untuk beberapa penderita migrain, mandi dengan menggunakan air dingin dapat membantu mengurangi rasa sakit. Apabila kondisi anda tidak memungkinkan untuk mandi maka anda dapat melakukan dengan cara percikan air dingin pada wajah Anda. Beberapa penderita sakit kepala ataupun migrain merasa membaik setelah mandi menggunakan air dingin.

5.  Hindari bepergian dalam kondisi  lapar atau haus

Untuk mencegah gula darah rendah yang dapat menjadi pemicu sakit kepala,maka anda dapat melakukan makan dengan porsi kecil atau lebih sering. Jika Anda sedang di perjalanan,anda dapat menyimpan beberapa makanan ringan (biskuit, buah, yoghurt) di dalam tas anda. Anda dpat menghindari beberapa makanan seperti permen atau makanan yang mengandung gula buatan karena akan menyebabkan gula darah anda mengalami gangguan. Selain itu jangan lupa untuk minum banyak air putih  untuk tetap terhidrasi.

6.    Menghindari kelelahan

Ibu hamil yang sering mengalami lelah seringkali mengeluhkan sakit kepala. Cobalah untuk membuat waktu tidur siang di sela aktivitas siang anda. Apabila tidak memungkinkan anda dapat sejenak beristirahat dengan menarik posisi badan rileks dan menarik napas panjang.Kondisi ruangan yang tenang dan gelap (tanpa lampu yang menyala terlalu terang) akan mengurangi rasa sakit kepala pada ibu hamil di usia muda.

7.    Aktivitas fisik selama kehamilan

Beberapa bukti menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi frekuensi dan tingkat  migrain dan juga mengurangi stres yang dapat menyebabkan sakit kepala karena tegang. Jika Anda rentan terhadap sakit kepala atau migrain, anda dapat memilih satu jenis olahraga yang ringan dan dilakukan secara teratur. Hal yang harus anda ingat jangan berolahraga ketika  migraine atau sakit kepala sedang dirasakan karena akan memperparah rasa sakit.

8.    Cobalah teknik relaksasi

Ibu hamil di usia muda yan sering mengeluhkan rasa sakit di bagian kepala ataupun migrain, maka anda dapat melakukan beberapa teknik relaksasi yang aman untuk kehamilan seperti meditasi, yoga, dan self-hypnosis dapat membantu dalam mengurangi stres dan sakit kepala pada beberapa ibu hamil yang sering mengeluhkan kondisi kehamilan di trimester pertama.

Bagaimana dengan ibu hamil yang sering mengalami sakit kepala?

Ibu hamil seringkali mengalami sakit kepala bahkan dengan kondisi yang serius, apakah akan menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang janin? Kebanyakan sakit kepala selama kehamilan tidak membuat ibu hamil nyaman akan tetapi tidak berbahaya, tapi sakit kepala dapat menjadi tanda dari masalah yang lebih serius. Jika Anda mengalami migrain atau sakit kepala berat lainnya untuk pertama kalinya, Anda akan memerlukan evaluasi medis untuk memastikan tidak ada kondisi yang memburuk.

Pada trimester kedua atau ketiga kehamilan, sakit kepala bisa menjadi tanda preeklamsia, suatu kondisi akibat kehamilan serius yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Gejala lain bisa termasuk protein dalam urin, gangguan pada hati dan juga  kelainan pada ginjal. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara yang terbaik dalam menyembuhkan keluhan sakit kepala atau migran yang sering dialami saat sedang hamil.

Loading...

Follow us