Untuk Hidup Lebih Sehat, Gorenglah Makanan Dengan Minyak Sehat!

Perlu diingat mengkonsumsi banyak makanan yang digoreng berarti memungkinkan asupan kalori pada tubuh lebih banyak. Untuk itulah sebaiknya, konsumsi makanan yang digoreng secukupnya saja dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan mutu dari minyak goreng. Minyak yang baik akan baik pula untuk kesehatan anda. Dan berikut ada beberapa pilihan minyak yang baik untuk kesehatan anda.

1.    Minyak Kelapa Sawit

Siapa yang tak mengenal kelapa sawit? Buah yang identik dengan bahan sebagai pembuatan minyak goreng ini ini biasa digunakan para ibu sebagai bahan paling utama saat menggoreng. Dan saat ini para peneliti telah menemukan kandungan dalam minyak kelapa sawit ini diketahui lebih baik daripada minyak-minyak lainnya. Terdapat kandungan asam lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang dalam minyak kelapa sawit. Komposisi asam lemak inilah yang menyebabkan minyak kelapa sawit amat baik dipilih sebagai minyak yang lebih sehat untuk menggoreng, karena menyumbang asam lemak tak jenuh yang menyehatkan tubuh.

2.    Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung 92 persen asam lemak rantai medium (MCFA) yang saat dikonsumsi dan sesampainya di saluran cerna bisa terus diserap melalui dinding usus, tanpa harus melalui proses hidrolisa dan enzimatika, yang langsung di pasok masuk kedalam aliran darah yang nantinya akan langsung dibawa ke dalam organ hati untuk dimetabolisir. Di dalam hati minyak kelapa ini diproses untuk memproses energy saja dan digunakan untuk meningkatkan fungsi seluruh kelenjar endokrin, jaringan dan organ tubuh. Sebaliknya minyak goreng lain mengandung asam lemak tak  jenuh yang begitu tinggi. Bahaya dari konsumsi asam lemak jenuh dalam jumlah yang besar akan meningkatkan produksi lemak jenuh LDL dalam hati yang nantinya serta merta mampu meningkatkan resiko terjadinya penyumbatan aliran darah. Untuk itulah mengapa, minyak kelapa sawit dikatakan baik untuk kesehatan.

3.    Minyak Canola, Minyak Zaitun, Minyak Jagung, Minyak kacang Kedelai, Minyak WIjen, dan Minyak Biji Bunga Matahari

Kandungan yang sama yakni, asam lemak jenuh tunggal dan ganda. Asam lemak tak jenuh tunggal berfungsi membantu mengurangi kadar low density lipoproteins (LDL) dan meningkatkan kandungan high density lipoproteins (HDL) dalam darah. Sedangkan asam lemak tak jenuh ganda, khususnya asam linolenat (Omega 3) dan asam linoleat (omega 6) amat dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan mempertahankan struktur membran sel serta memproduksi zat kimia perantara yang bekerja mengatur fungsi tubuh seperti pengaturan tekanan darah, sistem kekebalan tubuh, dan proses pembekuan darah. Secara umum, kandungan omega 6 dalam minyak goreng membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Meski pemilihan minyak goreng yang sehat kerap dianggap remeh, namun bila dibiarkan terus menerus kandungan zat yang berbahaya didalamnya bisa menumpuk dalam tubuh dan menimbulkan penyakit. Tidak ada salahnya mulai menerapkan pola hidup sehat dengan memperhatikan setiap hal-hal kecilnya, seperti salah satunya memilih minyak goreng yang sehat untuk hidup yang lebih sehat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel