data-ad-format="auto"

Tips Untuk Mendapatkan Tidur Malam Berkualitas

Sebagian dari anda untuk mendapatan tidur yang berkualitas mungkin sulit, dikarenakan beberapa faktor seperti faktor pekerjaan, beban yang terlalu tinggi, masalah kesehatan anda dan juga beberapa faktor lain sehingga anda sering terjaga di malam hari. Padahal tidur malam merupakan salah satu menjaga kesehatan tubuh, manfaat dari tidur malam adalah untuk mengurangi resiko penyakit, meningkatkan kemampuann otak dan juga mempertahankan berat badan anda.

Berikut adalah cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menjaga tidur malam yang berkualitas :

1.  Menetapkan jadwal tidur malam

Jadwalkan waktu tidur dan bangun anda setiap hari, bahkan diakhir pekan atau hari libur anda. Membuat jadwal tidur yang baik akan membantu anda dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Bila anda terbangun di sela tidur anda, usahakan untuk tetap bertahan di tempat tidur anda. Bila anda beranjak dan melakukan aktivitas maka dikhawatirkan akan kesulitan untuk tidur dan menganggu waktu tidur malam anda.

2.  Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Apabila anda tertidur dengan perut yang lapar atau terlalu kenyang maka akan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Anda dapat membatasi  minum sebelum tidur untuk menghindari terbangun ingin buang air kecil. Begitu pula dengan minuaman yang mengandung kafein yang akan menghambat kualitas tidur anda terganggu. Hindari mengkonsumsi makanan minimal 30-45 menit sebelum anda tertidur.

3.  Melakukan rutinitas sebelum tidur

Bagi anda yang kesulitan untuk tidur malam hari, maka anda dapat melakukan rutinitas sebelum tidur malam hari seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan dan sebaiknya lampu dalam keadaan redup. Kegiatan santai dapat membantu tidur yang lebih baik dengan mengurangi transisi antara sadar dan kantuk.Anda dapat mematikan TV atau laptop anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Penelitian menunjukan layar atau media yang masih terpasang ketika anda sedang tertidur akan membuat anda kesulitan mendapatkan tidur yang berkulaitas.

4.  Kenyamanan ruang tidur

Buat ruang yang ideal untuk tidur anda, pertimbangkan untuk menggunakan kamar berwarna gelap, penyumbat telinga atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kasur dan bantal juga dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik sehingga kebersihan dan kenyaman ruangan tidur sangat diperlukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

5.  Membatasi tidur siang

Tidur lama di siang hari dapat mengganggu tidur malam anda, terutama apabila anda mengalami insomnia atau kualitas tidur yang buruk di malam hari. Jika Anda memilih untuk tidur di siang hari, batasi diri sekitar 10 sampai 30 menit.

6.  Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda

Aktivitas fisik yang teratur dapat mendapatkan tidur yang lebih baik sehingga membantu Anda untuk tidur lebih cepat. Apabila anda sering berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur malam anda akan mengakibatkan kelelahan dan menggangu tidur malam anda.

7.  Mengelola stres

Bila Anda memiliki terlalu banyak yang harus dilakukan dan terlalu banyak untuk berpikir. Pertimbangkan cara sehat untuk mengelola stres. Mulailah dengan dasar-dasar seperti menjadwalkan kegiatan anda, menetapkan prioritas dan mendelegasikan tugas. Berikan diri Anda untuk istirahat ketika Anda membutuhkannya. Bagi anda yang sering terganggu tidur malam maka dapat berkonsultasi dengan dokter. Mengidentifikasi dan mengobati setiap penyebab dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Loading...

Follow us