data-ad-format="auto"

Tips Tetap Bugar Selama Bulan Puasa

Menjaga kebugaran fisik selama bulan puasa tentu menjadi hal penting untuk dapat dilakukan dengan baik. Sayangnya, kurangnya asupan makanan selama puasa seringkali membuat mereka mengalami masalah pada tubuh dan fisiknya. Salah satunya adalah rasa kantuk dan perut kosong yang membuat tubuh kerap kali merasa kurang nyaman dengan kondisi ini.

Tak sedikit diantara mereka yang tengah menjalani puasa mengalami keluhan lemas dan pusing. Akibatnya kondisi ini membuat mereka lebih memilih bermalas-malasan dan lebih banyak tidur.

Akan tetapi, faedah dari berpuasa tentu bukanlah tentang bermalas-malasan dan tidur selama menjalani ibadah yang satu ini. Justru sebaliknya, tetap menjalankan kegiatan dan rutinitas selama puasa adalah apa yang akan anda jalani selama bulan Ramadhan. Terutama untuk anda para pekerja kantoran atau pekerja lainnya. Puasa tidak menjadikan anda mendapatkan toleransi untuk bolos bekerja.

Sebaliknya, pekerjaan yang dilakukan perlu dijalani dengan semangat yang tetap menyala. Sementara itu, untuk membantu anda tetap merasa segar selama bulan puasa maka tak perlu khawatir mari kita simak beberapa informasi menariknya dibawah ini. Baca juga:  Makanan yang Dapat Mengatasi Sembelit dan Perut Kembung Saat Puasa

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Tips Tetap bugar Selama Bulan Puasa

Ada beberapa hal penting yang perlu anda lakukan agar fisik dan tubuh anda tetap merasa bugar selama puasa. Salah satu kuncinya adalah dengan menjaga stamina tubuh agar tetap sehat. Namun selain hal tersebut, ada pula beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Untuk itu, mari kita simak informasi menariknya dibawah ini.

Check Up Kesehatan

Hal penting pertama yang perlu anda perhatikan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama bulan puasa adalah mengkonsultasikan masalah kesehatan anda ke dokter. Hal ini akan penting untuk dilakukan demi mengetahui kondisi kesehatan anda dengan baik. Bila rupanya setelah dilakukan pemeriksaan anda mengalami gangguan kesehatan yang dapat menghambat puasa anda seperti maag atau penyakit lambung.

Maka dokter akan meresepkan obat tertentu untuk anda konsumsi. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut pada saat anda menjalankan ibadah puasa. Dengan demikian, puasa yang dijalani akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Merencanakan Menu Makan

Demi menjaga kebugaran tubuh selama puasa maka asupan makanan pun penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan makanan sehat akan dapat memberikan anda nutrisi dan gizi yang akan dapat menjadi sumber energi yang baik. Sehingga demikian pada saat anda menjalankan aktivitas ada tenaga dan energi untuk melakukan hal ini dengan baik. Dengan demikian, anda pun tidak akan cenderung terlalu lesu dengan kegiatan dan rutinitas harian anda.

Hindari Tempat yang Terlalu Panas

Berada di tempat  yang terlalu panas pada saat perut kosong karena puasa malah akan semakin menguras banyak energi dalam tubuh anda. Hal ini pun akan pula membuat anda mengalami banyak keluhan yang terasa kentara.

Rasa lemas dan tak berdaya akan mungkin terasa menyiksa. Jadi demikian, sebaiknya hindari tempat yang terlalu panas pada saat anda melakukan aktivitas selama bulan puasa.

Hindari Buka Puasa dengan Makanan Berlebihan

Rasa lapar yang begitu besar setelah seharian penuh berjuang dengan segala godaan akan cenderung membuat anda membalas hal ini pada saat berbuka puasa. Akan tetapi, makan berlebihan pada saat buka puasa bukanlah hal baik untuk dilakukan. Sebab hal ini malah akan membuat pencernaan anda mengalami masalah.

Bukan hanya itu, makan berlebihan pun akan dapat membuat anda merasa lemas pada saat beraktivitas siang hari. Oleh karenanya, hindari berbuka dengan menu makanan yang berlebihan. Sebaliknya, mulailah dengan makanan yang ringan dan lanjutkan dengan makanan lain secara bertahap.

Loading...

Follow us