9 Tips Persiapan Persalinan Caesar Agar Berjalan Lancar

Tips Persiapan Persalinan Caesar Agar Berjalan Lancar – Terdapat beberapa cara persalinan yang bisa anda pilih, mulai dari persalinan normal hingga persalinan dengan operasi caesar. Nah, persalinan caesar atau operasi caesar itu sendiri yaitu prosedur pembedahan dengan tujuan untuk mengeluarkan bayi dalam kandungan melalui sayatan pada perut, serta rahim.

Apabila dari awal anda telah berencana melahirkan dengan cara operasi caesar, maka sebaiknya anda mempersiapkannya. Beberapa persiapan dapat anda lakukan agar operasi caesar berjalan lancar. Apalagi jika ini menjadi pengalaman pertama anda.

Adapun beberapa tips persiapan persalinan caesar yang sebaiknya anda lakukan yaitu seperti berikut ini.

Tips Persiapan Persalinan Caesar

Tips Persiapan Persalinan Caesar Agar Berjalan Lancar

Berikut ini beberapa tips persiapan melahirkan caesar yang perlu anda siapkan agar persalinan berjalan lancar.

Menentukan Tanggal Melahirkan Caesar

Tips Persiapan Persalinan Caesar

Pada umumnya operasi caesar dilakukan pada saat dokter menilai ibu hamil berisiko melahirkan dengan metode persalinan normal. Misalkan adanya masalah pada plasenta, kehamilan tidak mengalami kemajuan, ibu hamil mengalami masalah kesehatan tertentu, sudah berusia 40 tahun  lebih, ketuban pecah dini, posisi janin abnormal dan lain sebagainya. Namun, ada juga ibu hamil melakukan operasi caesar atas keinginannya sendiri sehingga persiapan dan perencanaan bisa dilakukan lebih matang.

Sebagai tips persiapan persalinan caesar yang pertama yaitu menentukan tanggal operasi bersama dengan dokter kandungan anda. Diskusikan dengan dokter mengenai waktu kelahiran anda. Biasanya dokter akan menetapkan kerangka waktu umum untuk melahirkan.

Memilih Dokter Berpengalaman

Tips Persiapan Persalinan Caesar

Operasi caesar merupakan tindakan medis yang mempunyai banyak risiko. Akan lebih baik jika anda mencari informasi mengenai dokter yang akan menangani anda.

Anda bisa mencari referensi dokter baik dari teman ataupun keluarga atau bahkan melalui riset online di forum atau blog. Ketika anda merasa yakin ditangani tim dokter yang berpengalaman, maka akan dapat meminimalkan cemas sebelum menjalankan operasi caesar.

Memastikan Administrasi Rumah Sakit

Tips Persiapan Persalinan Caesar

Seperti yang kita ketahui, operasi caesar memerlukan biaya yang banyak. Oleh karena itu, sebagai persiapan melahirkan caesar anda harus memastikan administrasi rumah sakit.

  • Pastikan dengan jelas mengenai masalah administrasi, seperti pembayaran rumah sakit dan lain sebagainya. Hal ini dapat menjadi waktu yang pas untuk anda melakukan tur di rumah sakit.
  • Pelajari mengenai semua kebijakan rumah sakit. Pasalnya beberapa rumah sakit biasanya mempunyai aturan tersendiri untuk ruang bersalin.

Baca juga : Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Memilih Jenis Anestesi

Tips Persiapan Persalinan Caesar

Operasi caesar dilakukan dengan memberikan anestesi pada ibu hamil. Dokter kandungan akan menyarankan ibu hamil untuk berdiskusi dengan ahli anestesi. Sehingga anda akan memahami mengenai jenis anestesi yang akan digunakan, serta mengetahui kemungkinan risiko yang akan terjadi. Pada operasi caesar ada 3 jenis anestesi yang umum seperti berikut ini.

  • Anestesi Spinal. Anestesi ini dilakukan dengan memblokir rasa sakit dari bagian dada hingga ke bagian tubuh bawah. Anda tetap bisa terjaga dan bernapas dengan normal.
  • Anestesi Epidural. Anestesi epidural dilakukan pada saraf punggung bagian bawah. Melakukan anestesi ini akan membuat anda mati rasa yang dimulai dari pusar sampai ke kaki ketika persalinan.
  • Anestesi Umum. Anestesi umum disebut dengan bius total. Dimana anestesi ini dilakukan saat keadaan darurat, misalkan ketika bayi harus segera dilahirkan.

Menyiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Tips Persiapan Persalinan Caesar

Setelah anda melahirkan dengan operasi caesar, anda akan dirawat kurang lebih selama 2 sampai 4 hari sebagai proses pemulihan. Oleh karena itu, anda harus mempersiapkan perlengkapan untuk menginap. Anda bisa memasukan semua perlengkapan yang dibutuhkan dalam tas besar. Nah, berikut ini panduan mengenai barang apa saja yang harus anda siapkan.

  • Siapkan kartu identitas seperti BPJS/Asuransi, serta berkas rumah sakit lainnya yang diperlukan
  • Bawa perlengkapan mandi pribadi, pakaian nyaman secukupnya, alas kaki nyaman, bra dan celana dalam yang nyaman
  • Bawa juga perlengkapan bayi seperti selimut, baju, alas, sarung tangan, kaos kaki, popok, topi dan berbagai perlengkapan lainnya.
  • Jika membutuhkan hiburan anda bisa membawa ponsel, buku, earphone dan lain sebagainya

Mandi dengan Menggunakan Antiseptik

Tips Persiapan Persalinan Caesar

Persiapan lainnya yang tidak kalah penting sebelum menjalankan operasi caesar yaitu mandi dengan antiseptik.

  • Satu hari sebelum melakukan operasi caesar anda harus mandi memakai sabun antiseptik. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko infeksi ketika operasi.
  • Kemudian dengan alasan yang sama, ibu hamil juga biasanya dianjurkan mencukur bulu kemaluan.

Berpikir Positif dan Tetap Tenang

Tips Persiapan Persalinan Caesar

Tubuh kita dikendalikan oleh otak. Jika anda kondisinya panik dan takut, maka tubuh juga akan bereaksi yang sama.

  • Anda harus tetap tenang dan selalu berpikir positif, baik menjelang ataupun selama persalinan. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengalihkan perhatian. Anda bisa melakukan aktivitas menyenangkan ataupun melakukan hobi.
  • Anda juga bisa bernapas secara teratur agar lebih tenang dan rileks. Caranya yaitu, silakan ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Udara dibiarkan mengisi perut anda hingga mengembung. Kemudian hembuskan melalui bibir yang dibentuk mengerucut dengan perlahan. Selagi menarik napas, anda bisa menghitung 1 hingga 4 dengan lambat. Kemudian berhitung 5 hingga 8 ketika menghembuskannya.
  • Anda bisa meminta pasangan untuk memijat beberapa bagian tubuh dengan lembut dan hati-hati seperti pundak, tangan, leher atau punggung bagian bawah. Memijat tubuh menjelang persalinan akan membantu mengurangi rasa sakit, serta membantu mengurangi kegelisahan.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Tips Persiapan Persalinan Caesar

Sebelum menjalankan operasi caesar, kondisi tubuh anda harus dalam keadaan fit dan prima. Menjaga kesehatan tubuh tentu menjadi hal penting yang harus dilakukan.

  • Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan gizi.
  • Penuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan memilih menu makanan yang mengandung gizi seimbang. Dengan seperti itu proses pemulihan tubuh anda akan menjadi lebih cepat.
  • Dalam menu harian jangan lupa untuk memasukan menu buah dan sayuran tinggi serat.

Selalu Terbuka dengan Dokter Kandungan

Tips Persiapan Persalinan Caesar

Ketika bunda sudah memutuskan untuk menjalankan persalinan dengan operasi caesar, anda harus selalu menjaga komunikasi dengan dokter.

  • Sebaiknya anda selalu terbuka pada dokter kandungan anda.
  • Ungkapkan semua rasa khawatir anda, serta apa yang anda inginkan.
  • Jangan ragu bertanya mengenai segala sesuatu yang tidak anda ketahui.
  • Anda harus mengikuti semua saran yang dokter kandungan berikan. Ini dilakukan untuk keamanan, serta kelancaran dari proses persalinan.

Artikel lainnya : Tips Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil 

Melahirkan menjadi momen yang menegangkan untuk ibu hamil, baik itu melahirkan normal ataupun melahirkan dengan operasi caesar. Agar lebih tenang dan nyaman menghadapi operasi, sebaiknya anda melakukan beberapa langkah di atas. Agar anda lebih siap, anda bisa meminta saran dari dokter kandungan tentang apa saja yang dibutuhkan sesuai kondisi anda.

Leave a Reply